Ketahui Cakupan Asuransi Properti yang Anda Butuhkan

Asuransi properti memiliki tiga kategori yaitu asuransi properti pribadi, properti bisnis, dan properti industri. Sebelum Anda membeli asuransi properti yang Anda butuhkan, lakukan dan bandingkan asuransi terbaik lainnya untuk mendapatkan asuransi yang cocok untuk Anda.

Berita

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia, menandakan bahwa masyarakat telah sadar akan manfaat dari asuransi. Asuransi merupakan salah satu pondasi dari keuangan pribadi yang patut Anda pertimbangkan, sebab dengan memiliki asuransi setidaknya Anda telah merencanakan masa depan Anda untuk jauh lebih baik.Ê
Ê
Asuransi kini telah memiliki jenis dan macamnya, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi properti, asuransi kebakaran dan sejumlah asuransi lainnya yang bisa Anda ikuti. Mungkin, saat ini asuransi yang telah booming dan menjadi andalan adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.
Ê
Dari beberapa asuransi yang telah disebutkan tersebut, mungkin banyak dari sebagian orang yang sulit untuk membedakan antara asuransi properti dengan asuransi kebakaran. Mengapa? Sebab, coverage kedua asuransi tersebut jauh memiliki perbedaan dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Biasanya jika Anda menggunakan asuransi properti maka asuransi kebakaran, masuk dalam cakupan dari asuransi properti tersebut.
Ê
Tetapi jika disebutkan bahwa Anda memilih asuransi kebakaran, maka yang akan dilindungi hanya ketika Anda mengalami musibah kebakaran saja. Kedua jenis asuransi ini, sama halnya ketika Anda memilih paket asuransi atau asuransi murni. Untuk bandingkan asuransi terbaik, ada kalanya Anda harus menentukan kebutuhan dari asuransi yang Anda butuhkan.Ê
Ê
Ê

Kategori Asuransi Properti

Berdasarkan kategorinya asuransi properti memiliki 3 kategori, yaitu perlindungan terhadap properti pribadi, bisnis dan industri. Agar bisa tahu lebih jelas mengenai asuransi ini, berikut penjelasannya:Ê
  • Home Insurance (Asuransi Properti Pribadi)
Kategori pertama adalah home insurance, asuransi jenis ini memiliki perlindungan terhadap bangunan. Baik berupa rumah atau pun hunian yang Anda tempati, mengenai asuransi ini perlindungan yang diberikan mencakup seluruh furniture yang ada di dalam rumah tersebut.Ê
Ê
Bentuk lain yang ditanggung oleh home insurance adanya jaminan dari segala jenis risiko, baik berupa kebakaran, bencana alam, pencurian, dan akibat kasus lainnya yang mengakibatkan kekacauan. Namun, hal ini harus dibicarakan terlebih dahulu dalam klausal perjanjian.Ê
  • Property Insurance (Properti Bisnis dan Properti Industri)
Property insurance ini merupakan segala hal yang berkaitan dengan tempat industri baik dalam skala kecil, menengah, maupun industri besar. Berkaitan mengenai ini seluruh aset dan peralatan yang terdapat dalam gudang, pabrik, maupun tempat usaha akan ditanggung oleh asuransi. Dalam hal ini semua risiko yang ditanggung oleh asuransi, harus berdasarkan kesepakatan/perjanjian pada saat pengajuan asuransi. Agar dapat terhindar dari klaim asuransi yang tida sesuai, dengan perjanjian awal.
Ê
Adapun beberapa risiko yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi, yang disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:
  • Arus pendek listrik yang menyebabkan kebakaran.
  • Terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan massa mengamuk dan mengakibatkan kebakaran.
  • Terdapat barang yang memiliki sifat mudah terbakar, sehingga dapat mengakibatkan kebakaran.
  • Seluruh kendaraan yang berada di tempat usaha tidak mendapatkan asuransi, karena itu sudah di luar cakupan pihak asuransi properti sendiri.
  • Terjadinya pencemaran radioaktif ataupun penggunaan bahan-bahan nuklir yang tentu saja membuat tempat usaha sangat rawan kebakaran.
  • Terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kesengajaan seseorang.Ê
  • Bencana alam yang sangat mendadak dan tidak dapat diperkirakan datangnya. Seperti gempa bumi, maka pihak asuransi tidak bisa melakukan pencairan atas klaim. Akan tetapi tentu saja ini tergantung kesepakatan awal saat perjanjian pengajuan polis.
Ketika Anda hendak membeli asuransi properti, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cakupan dari asuransi properti untuk kebutuhan Anda. Dengan mengetahui manfaat dari asuransi properti, Anda akan dengan mudah memilih asuransi yang Anda inginkan. Bandingkan asuransi terbaik lainnya, sebelum Anda membeli di satu perusahaan asuransi tersebut. Banyaknya perusahaan asuransi yang Ada di Indonesia, memudahkan Anda dalam melakukan perbandingan asuransi terbaik.
Ê

Leave a Reply