Daftar Kuburan Termewah di Dunia

Berita

Meskipun sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi orang yang telah meninggal, tetapi tidak sedikit pemakanan atau kuburan dibuat sangat besar dan mewah bahkan menjadi salah satu tempat wisata. Di mana saja kuburan termewah itu?

Berbicara kematian pasti tidak akan pernah lepas dari pemakaman. Pemakaman atau yang disebut juga kuburan ini merupakan satu-satunya tempat peristirahatan terakhir seluruh manusia yang ada di dunia ini. Semua hal yang hidup pasti satu persatu akan meninggal dunia dan itulah tempat yang menjadi rumah yang terakhir.

Pada dasarnya, ukuran makam hanyalah 1×2 meter. Namun, sebagai penghargaan terakhir terhadap orang yang telah meninggal, tidak sedikit orang-orang membangun makam lebih besar agar terlihat megah dan nyaman. Kuburan atau makam biasanya lekat dengan kesan mistis dan seram, karena di sana bersemayam orang yang sudah meninggal dunia. Tapi, ada beberapa daftar kuburan di dunia ini yang malah didatangi banyak orang, karena keindahan dan kemewahannya. Apa saja itu?

Baca juga: 7 Keajaiban Dunia dan di Indonesia

Daftar Kuburan Termewah di Dunia

Royal Mausoleum, Frogmore

Tempat ini adalah pemakaman untuk Keluarga Kerajaan Britania Raya yang terletak di Frogmore, Windsor, Berkshire, Inggris. Di sinilah Ratu Victoria dan Pangeran Albert dimakamkan. Pada dasarnya makam ini memiliki luas 33 hektar taman pribadi dengan mausoleum dan kuburan mewah. Royal Mausoleum dibangun pada 1861 dengan biaya pembangunan mencapai kurang USD20 Juta.

Biara Westminster

Westminster Abbey awalnya adalah sebuah gereja dengan arsitektur gothic di Westminster, London, Inggris. Selain itu, tempat ini juga pernah digunakan sebagai tempat menobatkan raja dan ratu Inggris. Kemudian sejak Zaman Mediteran, dialihfungsikan menjadi pemakaman bagi orang-orang yang berhubungan dengan biara tersebut, seperti pendeta dan bangsawan. Namun, hingga kini tempat itu menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi warga Inggris terpilih dan dihormati. Westminster Abbey juga terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1987, bersama dengan Istana Westminster dan Gereja Saint Margaret’s Raja Henry III saja menghabiskan sekitar GBP46.000 pada 1246 atau setara dengan USD18,5 juta untuk biaya pemakamannya.

Kuburan Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16 yang meninggal dunia pada 1865 dalam sebuah tragedi penembakan saat menghadiri pertunjukan teater. Kuburan Abraham Lincoln terletak di Oak Ridge Cemetery di Springfield, Illinois. Kuburan ini dibangun pertama kali pada 1915 terletak di pusat 12,5 hektar tanah. Di depan pintu masuk ada patung kepala Lincoln. Diyakini jika seseorang menggosokan tangannya ke patung tersebut akan mendapat keberuntungan. Situs Bersejarah Illinois State ini menghabiskan USD2,9 juta pada saat itu atau sekitar USD70 juta saat ini, yang setara dengan Rp958 miliar.

Kuburan Humayun

Humayun adalah Kaisar yang berasal dari Mughal, Delhi, India. Kaisar ini meninggal pada 1556 dan kuburan ini dibangun pada 1569, tepat 13 tahun setelah Humayun meninggal dunia. Bangunan ini dirancang oleh Mirak Mirza Ghiyas, seorang arsitek Persia yang terpilih untuk merancangnya. Kuburan tiga hektar ini dibangun dari batu dan batu pasir merah. Kuburan Humayun memiliki kubah dengan tinggi mencapai 47 meter dan diperkirakan menghabiskan biaya hingga USD50 juta. Kuburan ini juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1993.

Kuburan Mumtaz Mahal

Kuburan Mumtaz Mahal atau lebih dikenal dengan Taj Mahal, adalah kuburan yang dibangun sebagai bukti cinta. Dibangun pada 1631 di atas lahan seluas 42 hektar, pembangunan Taj Mahal memakan biaya sekitar INR32 juta pada saat itu. Perkiraan biaya untuk membangun kuburannya saja menghabiskan USD75 juta atau setara dengan Rp1,02 triliun.

Kuburan Nintoku

Kuburan Nitoku merupakan salah satu kuburan terbesar di dunia. Penduduk Jepang menyebutnya dengan nama kehormatan seperti “Goryo-san” atau “Nintoku-san”. Kuburan ini memiliki panjang sekitar 486 meter, lebar bagian depan sekitar 307 meter dan tinggi sekitar 35,8 meter dan dikelilingi oleh tiga buah parit. Waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan kuburan ini sekitar 16 tahun dengan perkiraan 2.000 pekerja per hari. Kalau dilihat dari atas, pemandangan pemakaman ini sangat hijau dan membentuk lubang kunci pada pintu di bagian tengahnya. Perkiraan biaya yang dihabiskan untuk membangun kuburan mencapai USD300 juta atau sekitar Rp4,10 triliun.

Pantheon, Perancis

Pantheon merupakan kuburan bagi para bangsawan Perancis yang terhormat. Pembangunan Pantheon dimulai pada 1757 dengan memepercayakan kepada arsitek Jacques-Germain Soufflot dan Guillaume Rondelet di bawah perintah King Louis XV. Butuh waktu lebih dari 30 tahun untuk menyelesaikan bangunan besar ini, karena masalah keuangan negara. Pantheon memiliki lebar 85 meter, pajang 110 meter, dan tinggi 83 meter. Diperkirakan bangunan ini menghabiskan biaya sekitar USD100 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Baca juga: Lokasi Api Abadi di Dunia, Ada Pula di Indonesia Lho!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Lembah Para Raja

Lembah Para raja atau yang dikenal pula sebagai Gerbang Para Raja adalah lembah tempat orang yang memiliki kekayaan dan kekuasaan pada saat itu. Tempat ini terletak di sepanjang tepi Sungai Nil, tepat di seberang Luxor, Mesir. Hal yang membuat Lembah Para Raja terkenal adalah saat ditemukannya makam Raja Tutankhamun atau Raja Tut yang diperkirakan meninggal pada 1323 Sebelum Masehi. Tidak hanya makam Raja Tut, ada banyak artefak yang ditemukan di dalam Lembah Para Raja ini. Salah satunya adalah artefak paling religius di dunia yaitu Death Mask of Tutankhamun. Secara konstruksi, bangunan ini diperkirakan memakan biaya pembangunan sebesar USD750 juta atau setara dengan Rp10,2 trilliun. Tidak heran kalau kuburan ini pernah dirampok sebanyak dua kali.

San Diego Hills

San Diego Hills adalah salah satu kuburan modern yang berada di Indonesia yang memiliki harga yang fantastis! San Diego Hills terletak di Margamulya, Telukjambe Barat, Karawang Barat, Jawa Barat. Tidak hanya menjadi tempat pemakaman, konsep dari San Diego Hills ini juga sebagai tempat wisata. Harga yang diberikan pada 2017 adalah Rp27 juta hingga Rp6 miliar untuk satu petak kuburan.

Comments are closed.