Pilihan Olahraga Terbaik untuk Para Lansia

Berita

Olahraga untuk lansia tidak boleh sembarangan. Harus dipilih sesuai dengan kemampuan individu si lansia agar tidak menimbulkan masalah.

Lansia merupakan suatu istilah yang khusus digunakan untuk wanita dan pria yang memiliki usia diatas 65 tahun, dikenal pula dengan istilah sepuh, atau manula. Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa lansia sebenarnya tidak dibatasi oleh umur. Namun, dimana terjadi kepada seseorang yaitu pria dan wanita yang sudah tidak mampu menjaga keseimbangan serta kestabilan tubuh terutama kesehatannya.

Memiliki usia lanjut merupakan hal yang harus diperhatikan bagi para lajut usia, baik segala aktivitas fisik atau pun kesehatannya. Berikut ini merupakan cara menjaga kesehatan dan olahraga yang cocok untuk mereka.

Baca juga: Persiapan Kesehatan dan Keuangan Masa Tua

Tip Menjaga Kesehatan Lansia

menjaga kesehatan Lansia

Harus tetap produktif

Meskipun telah menginjak usia 65 ke atas, para manula harus tetap produktif dalam hidupnya. Artinya tidak menggantungkan hidupnya di atas tempat tidur saja. Meski dalam usia lanjut, mereka harus memiliki kegiatan rutin yang menyebabkan tubuh mereka tetap bergerak. Hal tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan cara berolah raga secara rutin. Karena denga berolah raga secara rutin, tubuh akan menjadi stabil dan memiliki keseimbangan terhadap fungsi kesehatan manula.

Makanan yang sehat

Makanan yang sehat sangat diperlukan untuk manula. Bagi manula yang sangat pemilih untuk urusan makanan, bisa menggunakan makanan yang biasa disukai atau dimakan oleh manula, namun harus tetap diberi makanan yang sehat.

Pada umumnya, manula menyukai makanan yang memiliki kandungan rempah-0rempah yang tinggi. Selain kandungan rempah-rempah yang tinggi, juga makanan yang memiliki tekstur yang mudah untuk dimakan artinya tidak alot atau sulit ketika dikunyah.

Konsumsi lemak yang sehat

makanan untuk lansia

Manula juga diperbolehkan mengonsumsi makanan yang memgandung lemak, namun tetap berada pada batas-batas yang ditentukan, jadi tidak mengkonsumsi lemak secara berlebihan. Sehingga akan berdampak buru pada kesehatan manula yang sering mengalami masalah pada kesehatan atau rentan terkena masalah kesehatan.

Untuk menjauhi atau menghindari hal tersebut, manula bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tapi bukan lemak jahat, melainkan lemak yang sehat. Lemak sehat alami terkandung pada buah-buahan, sepeti buah alpukan, kacang kedelai, minyak zaitun. Dan harus menjauhi sejauh mungkin minyak goreng untuk tubuh yang sudah memasuki usia lanjut.

Istirahat Cukup

Meskipun manula dituntut harus produktif, namun tingkat keproduktivitasnya harus memiliki batas-batas tertentu yaitu tetap harus memiliki istirahat yang cukup. Karena orang yang telahh memiliki usia lanjut akan memiliki kerentanan terhadap berbagai masalah kesehatan, tanpa adanya istirahat yang cukup akan menyebabkan tubuh para manula malah kehilangan kestabilan dan keseimbangan untuk menajaga kebugaran tubuhnya.

Seperti tulang yang telah tua, harus sesekali diistirahatkan, jangan digunakan untuk melakukan aktivitas yang secara berlebihan, agar tidak sering terkena seperti pegel linu dan lain sebagainya. Istirahat yang cukup bagi manula merupakan sarana untuk mengembalikan kestabilan tubuh dan untuk mengembalikan ketenangan pikiran.

Rutin Cek Kesehatan

Tidak di pungkiri, bagi manula masalah kesehatan adalah masalah utama yang harus di perhatikan, para manula akan mudah sekali terganggu masalah kesehatannya, dikarenakan tubuhnya yang tak lagi sama seperti saat muda dan juga konsumsi makanan yang telah berubah.

Cek kesehatan secara rutin berguna untuk manula agar manula dapat memiliki informasi sejauh mana tubuh mereka dapat bekerja dan sejauh mana kesehatan yang ada pada tubuh mereka. Terutama, yang harus dilakukan oleh manula adalah melakukan cek darah.

Cek darah selain berfungsi untuk mengetahui tingkat asam urat manula, juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kolesterol dan kesehatan yang lainnya. Oleh karena itu, bagi manula harus memiliki jadwal rutin untuk melakukan pengecekan kesehatan.

Baca juga: 4 Persiapan Dana Perawatan Orangtua Saat Lanjut Usia

Memelihara Kebersihan

Bagi manula yang masih memiliki keseimbangan dalam mengontrol tubuh, ia akan selalu memperhatikan kebersihan dirinya ataupun kebersihan lingkungan disekitarnya, berbeda dengan manula yang tidak memiliki keseimbangan dalam melakukan kontrol tubuh.

Mereka akan cenderung kesulitan dalam melakukan aktivitasnya dan akan selalu memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitasnya. Bukannya tidak menjaga kebersihan, namun manula akan memiliki kesulitan dalam menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan diri contohnya, mereka akan kesulitan makan dalam kondisi yang bersih, selalu belepotan dan laiun sebagainya. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak bisa menjaga keseimbangan dlaam kontrol diri mereka. Dan hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi pada manula.

Melakukan Kegiatan Mengasah Otak

Kegiatan mengasah otak merupakan kegiatan yang baik yang dapat digunakan oleh para manula untuk mengembalikan tingkat produktivitas otaknya sehingga manula akan tetap memiliki daya pikir dan daya ingat yang bagus.

Berbeda apabila manula hanya melakukan kegiatan makan dan tidur tanpa melakukan pengasahan keterampilan otak, maka ia akan lebih cepat pelupa dan kesulitan dalam memikirkan suatu hal.

Sehingga kegiatan ini bisa menjadi alternatif bagi manula agar otak mereka tetap stabil.

Rekomendasi Olahraga

olahraga untuk lansia

Olahraga yang baik untuk manula adalah olahraga yang ringan namun memberikan dampak yang baik bagi kesehatan manula. Olahrga untuk manula, berbeda dengan olahraga untuk orang yang masih muda pada umumnya. Manula hanya diperbolehkan melakukan olahraga ringan yang dilakukan secara rutin.

Baca juga: Olahraga yang Cocok dan Baik untuk Orang Lanjut Usia

Penggunaan waktu olahraga bagi orang lanjut usia, berkisar antara 30 sampai 45 menit saja, mengingat kondisi stamina sudah banyak berkurang. Sehingga cukup sedikit waktu tetapi memiliki rutinitas sehingga olahraga tersebut memberikan dampak yang baik bagi kesehatan lansia. Olahraga tersebut adalah sebagai berikut…

Jalan Kaki

Dengan jalan kaki secara rutin akan membuat tulang manula terlatih untuk stabil sehingga selain mendapatkan kesehatan, manula akan memiliki kondisi tulang yang stabil. Olahrga jalan kaki ini cukup dilakukan secara rutin sehari dua kalis etiap pagi dan sore hari dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Jogging

Jogging untuk manula bisa dilakukan diiringi dengan jalan kaki, jadi pada waktu tertentu manula bisa melakukan olahraga jalan kaki, kemudia pada waktu tertentu juga bisa melakukan olahraga jogging dan dalam durasi waktu yang cukup saja, artinya jangan terlalu lama.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang bisa direkomendasikan untuk manula. Manula yang memiliki kebiasaan bersepeda, akan memiliki tulang yang kuat pada bagian kaki sehingga manula akan tetap bisa berjalan dengan normal dan tidak akan memiliki anggota tubuh yang bergetar dan sebagainya.

Itulah sedikit ulasan mengenai orang lanjut usia. Tidak semua lansia memiliki kondisi fisik yang menua. Terkadang ada beberapa manula yang tetap memiliki kondisi fisik dan performa yang bagus diakrenakan mereka rutin melakukan kegiatan yang produktif untuk diri mereka dan selalu menjaga kesehatan diri mereka, sehingga mereka tetap bisa beraktivitas seperti layaknya wanita atau pria dewasa lainnya. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.