Kabar Baik, Imigrasi Terbitkan Layanan Paspor 1 Hari Jadi!

Berita

Imigasi telah menerbitkan layanan paspor 1 hari jadi sebagai salah satu wujud pengembangan dan perbaikan pelayanan untuk masyarakat Indonesia.

Imigrasi selaku salah satu badan yang menangani pembuatan paspor, selalu berinovasi dan terus memperbaiki pelayanannya menjadi lebih baik lagi. Salah satu pelayanan yang baru-baru ini menjadi buah bibir adalah layanan paspor 1 hari jadi.

Layanan terbaru ini mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari masyarakat. Menurut Direktur Jendral Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI, Bambang Irawan, mengatakan sebagai lanjutan dalam percepatan perbaikan pelayanan publik pihaknya telah menetapkan kebijakan untuk mengembangkan sistem perbaikan paspor RI. Bagi para pemohon paspor RI Imigrasi telah mengeluarkan kebijakan pengembangan sistem penerbitan paspor yang selesai dalam satu hari kerja, sebagai mana yang dikutip langsung dari laman imigrasi.co.id.

Untuk layanan ini belum diterapkan di seluruh Kantor Imigrasi. Sistem ini sedang melakukan uji coba yang baru dilakukan di dua tempat, yaitu Kantor Imigrasi Kelas I khusus Jakarta Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat. Nantinya, sistem ini memiliki proses penyelesaian yang berbeda antara permohonan baru dan penggantian. Bagi penggantian paspor lama dengan data yang sudah ada di database Imigrasi, maka akan selesai pada hari yang sama sedangkan untuk permohonan paspor baru penyelesaiannya adalah sehari setelah pengajuan permohonan.

Layanan Paspor 1 Hari Jadi

Bagi Anda yang memiliki paspor sudah hampir habis masa berlakunya ataupun baru ingin membuatnya, tentu layanan baru ini akan memudahkan dan mempercepat Anda untuk memiliki paspor. Lalu, apakah ada syarat khusus yang harus dilakukan untuk menggunakan layanan ini?

Nah, agar lebih jelasnya lagi, berikut ini syarat-syarat yang harus Anda lengkapi untuk pembuatan paspor. Namun, sebelum masuk ke syarat-syarat pembuatan paspor, Dirgen Keimigrasian telah membuat layanan pembuatan paspor terbaru sesuai dengan durasi dan juga biaya yang ditanggung oleh pemohon yang dilasir dari www.ini.id.

Untuk layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp1 juta. Hal ini mungkin dilakukan untuk meningkatkan penerimaan negara, karena permintaan pembuatan paspor sehari jadi cukup banyak. Jika banyak masyarakat memilih bikin paspor secara kilat tentu pemerintah mampu meningkatkan pendapatan. Di sisi lain masyarakat pun akan senang, karena birokrasi bisa lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Apa Itu Visa Schengen dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara Mudah Membuat Paspor Online

Dikarenakan berbasis online, tentu membuat paspor dengan cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Berikut ini langkah-langkah membuat paspor online.

Syarat Dokumen untuk Membuat Paspor Online

Sebenarnya syarat dokumen yang diperlukan sama saja jika Anda melakukan pembuatan paspor dengan cara biasa. Berikut ini, lima syarat dokumen yang perlu disiapkan, yaitu:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku).
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Dokumen Surat akta kelahiran/ akta pernikahan/ buku nikah/ ijazah.
  4. Surat Kewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan.
  5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat setempat bagi yang telah mengganti nama.
  6. Materai 6000.

Mengisi Data Paspor

Jika syarat dokumen sudah lengkap dan sudah Anda fotokopi sebesar A4 untuk satu dokumen, maka langkah selanjutnya Anda masuk ke website www.imigrasi.go.id, kemudian memilih layanan publik -> layanan online -> layanan paspor online. Selanjutnya, Anda bisa menemukan halaman layanan paspor online lalu pilih menu pra permohonan personal.

Pada menu ini, Anda harus mengisi informasi data pemohon pembuatan paspor mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor identitas, dan lain seterusnya. Kemudian, Anda dianjurkan memilih jenis paspor biasa atau e-paspor yang disesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Senang Liburan? Ini Cara Mengurus Visa di VFS Global

Lakukan pembayaran

Setelah semua proses pengisian data selesai, akan ada e-mail berupa infomasi mengenai pembayaran yang berisi nama pemohon, nomor permohonan, jenis permohonan, jenis paspor, dan biaya paspor. Biaya ini sudah termasuk biaya jasa TI biometrik dan administrasi. Tentu biaya ini tidak permanen akan ada perubahan sewaktu-waktu.

Ada beberapa bank yang bekerja sama dengan imigrasi untuk proses pembayaran, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank HSBC, dan lain sebagainya. Pastikan Anda menyimpan bukti pembayaran dan fotokopi terlebih dahulu, lalu lakukan validasi lewat link website imigrasi yang diberikan pada e-mail sebelumnya.

Tentukan Tanggal Wawancara

Langkah selanjutnya, Anda pilih tanggal dan kantor imigrasi yang dekat dengan wilayah Anda. Jika sudah memilih Anda akan menerima tanda terima pra-permohonan pembuatan paspor lewat e-mail. Anda harus mencetaknya dan membawa lembaran ini saat ke kantor imigrasi bersama dengan kelengkapan dokumen-dokumen beserta fotokopinya yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Baca juga: Jenis-jenis Visa Berserta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Datang ke Kantor Imigrasi

Meskipun Anda daftar melalui paspor online, tetapi Anda juga harus datang ke kantor imigrasi untuk proses wawancara, foto, dan pengambilan sidik jari. Jadi, Anda harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan, tapi jangan mengenakan atasan berwarna putih agar tidak sama dengan warna background foto untuk paspor. Perlu diingat jika ada masa tenggang kedatangan selama tujuh hari setelah Anda menerima tanda pra permohonan paspor lewat e-mail.

Pengambilan Paspor

Setelah semua rangkaian permohonan paspor online selesai, Anda akan diberikan lembar pengambilan paspor setelah jeda 3-4 hari kerja untuk memilih layanan paspor biasa. Jika Anda memilih layanan paspor 1 hari jadi, untuk perpanjang paspor, biasanya akan jadi pada hari itu juga, tapi jika Anda membuat permohonan baru akan diterbitkan keesokan harinya.

Mudah bukan mengurus paspor dengan peningkatan layanan paspor 1 hari jadi? Anda akan semakin dimudahkan dengan layanan tersebut dan tak perlu lagi repot-repot mengurus berbagai keperluannya.

Comments are closed.