7 Trik Berdamai dengan Mental Block

Berita

Mental Block adalah kondisi seseorang yang berusaha memendam trauma masa lalu dengan menekan potensinya. Mental block menghambat seseorang berprestasi.

Pernah Anda merasa tidak mampu melakukan sesuatu sebelum mencobanya? Atau pernahkah Anda tak ingin mencoba sesuatu karena takut gagal? Itu adalah salah satu Anda mengalami mental block. Yakni sebuah kondisi  ketidakmampuan manusia dalam berkonsentrasi, berpikir atau bernalar dengan jelas, mengakibatkan kurangnya dorongan untuk melakukan tindakan.

Apa itu Mental Block?

Mental block adalah istilah awam yang mencakup berbagai pengalaman yang berkaitan dengan perasaan terhambat dalam pemikiran seseorang, akibat suatu kondisi yang disebabkan oleh aktivitas kognitif yang berkepanjangan.

Baca juga: Sering Mengalami Stres Kerja? Atasi dengan Cepat!

Menurut Forbes mental block yang sudah terlalu lama bahkan bias menurunkan kemampuan fisik manusia. Gelaja yang muncul dari pikiran manusia ini jamak dialami mereka yang punya trauma masa lalu atau kegagalan dimasa lalu yang terus ditekan dan disembunyikan.

Individu yang mengalami mental block cenderung tidak belajar cara mengatasi hambatan mental sehingga berdampak pada penurunan produktivitas. Penderita mental block sering merasa tidak puas dengan kehidupannya. Penderitanya seringkali iri dengan kesuksesan orang lain dan menganggap dirinya tidak berharga.

mengobati mental block

Namun ketika diberi kesempatan untuk merubah diri, mereka cenderung malas dan percaya bahwa dirinya tidak sanggup menyelesaikan semua tantangan. Rasa rendah diri yang amat besar adalah salah satu tanda adanya kondisi tidak menyenangkan ini dalam diri Anda.

Lalu bagaimana menyiasati kondisi ini agar tak menurunkan produktifitas bahkan fisik Anda?

7 Trik Mengatasi

Mulailah dengan Langkah Kecil

Jika Anda merasa kewalahan dan kecewa dengan kemajuan atau potensi diri saat ini, istirahatlah sejak. Lihat list atau goals Anda yang begitu besar dan banyak, coba perkecil goals tersebut dan biarkan tujuan-tujuan sederhana Anda yang mengambil alih. Ingat, satu langkah kecilpun dapat mengantarkan Anda ke tujuan yang besar.

Ketika langkah kecil itu sukses Anda hadapi, maka rasa percaya diri akan menyeruak. Andapun siap menapai langkah-langkah yang lebih besar.  Mengambil langkah mundur juga dapat membantu Anda mencari akar masalah yang menyebabkan rasa rendah diri itu muncul.

Carilah Lingkungan Baru yang Lebih Positif

Lingkungan memberikan pengaruh besar terhadap kinerja dan suasana hati. Memiliki meja yang rapi dan teratur akan meningkatkan produktivitas dan fokus Anda. Di sisi lain, ruang yang berantakan dapat meningkatkan kreativitas dan membantu Anda mendapatkan wawasan baru. Bermain-mainlah dengan lingkungan rumah atau kantor Anda dan temukan apa yang paling cocok untuk Anda.

Kemudian carilah lingkungan pertemanan yang membuat Anda bahagia, tidak terbebani untuk terus menyamakan potensi diri dengan orang lain. Lingkungan baru yang berisi orang-orang yang mendukung Anda, akan memunculkan rasa percaya diri yang dapat mendorong Anda untuk lebih berani mengambil tindakan.

Belajar Sesuatu yang Baru

definisi mental block

Kondisi ini tidak hanya mendera mereka yang merasa “tidak punya apa-apa” namun juga individu yang merasa “telah memiliki segalanya”, yang akhirnya membuat mereka bingung tentang goals selanjutnya yang harus dicapai. Bosan dan muak adalah perasaan yang hadir ketika Anda ada dalam situasi seperti ini. Akibatnya, produktivitas pun menurun.

Agar bisa berdamai dengan kondisi tersebut, belajarlah sesuatu yang baru. Misalnya ambil kelas memasak, belajar Bahasa baru atau mengikuti komunitas olahraga. Susun pengalaman baru untuk mengarahkan otak Anda pada jalur untuk berpikir dengan cara-cara baru. Biarkan pikiran Anda berkembang secara lateral, meningkatkan kreativitas Anda dan kemampuan memecahkan masalah.

Renungkan Kembali Pengalaman di Masa Lalu

Ingatlah saat ketika Anda merasa lebih bahagia, lebih kreatif atau lebih bersemangat. Lihatlah foto-foto lama atau dengarkan musik yang mengingatkan Anda akan hari-hari yang lebih baik dan bayangkan diri Anda kembali di lingkungan itu. Dengan kembali ke masa dan tempat di mana Anda merasa bahagia  Anda dapat memanfaatkan energi positif yang Anda miliki saat itu untuk mendorong diri Anda maju dan mencapai lebih banyak lagi dimasa kini.

Baca juga: Tidak Dikelola dengan Baik, Inilah Dampak Stres pada Psikis dan Fisik!

Ambil istirahat sejenak dari rutinitas Anda saat ini, datangilah berbagai tempat yang membuat Anda bersemangat dimasa lalu. Renungkan apa yang saat ini membuat Anda tidak bahagia. Maka Anda akan menemukan bahwa tidak ada alasan untuk kita tidak bahagia dan mensyukuri apa yang sudah dipunya.

Cari Teman Bicara

Ketika merasa berada dititik terendah dan tak mampu melangkah, tidak ada salahnya mencari teman bicara yang bersedia mendengar tanpa menghakimi. Ia bisa sahabat atau pasangan yang jelas mengerti diri dan potensi Anda. Biasanya ketika bercerita atau mengeluarkan keluh kelas, seketika itu juga Anda tiba-tiba menemukan sebuah cara tau keinginan baru yang asik untuk direalisasikan.

Atau jika tidak ada teman yang baik untuk diajak berdiskusi, Anda bisa mendatangi psikolog untuk sekedar melakukan konsultasi. Selain menjadi pendengar yang baik mereka juga akan memberikan saran-saran yang bisa menaikkan kembali rasa percaya diri Anda.

Segera Beraksi

Mayoritas mereka yang mengalami kondisi ini adalah individu yang terlalu banyak berpikir namun tak pernah sekalipun beraksi. Terlalu banyak melakukan riset dan berencana namun malas melakukan sebuah tindakan. Jika Anda adalah tipe orang yang gemar merencanakan sesuatu hingga detail, cobalah kurangi kebiasaan tersebut.

Lupakan list-list yang begitu tinggi dengan terus berpikir bagaimana menghadapinya. Karena berpikir hanya akan membelenggu langkah Anda. “Segera beraksi dengan langkah yang real. Jangan menganggap setiap langkah sebagai suatu pekerjaan namun permainan yang mengasikan. Ketika gagal terimalah dan cari apa factor yang membuat langkah Anda keliru. Karena sebuah hal gagal bisa jadi menghasilkan ide-ide dan penemuan baru.

Bersyukur

mengatasi mental block

Sebenarnya cara termudah untuk menyingkirkannya adalah dengan banyak bersyukur. Jangan selalu melihat kesuksesan orang lain, tapi lihat juga bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung Anda baik dalam hal finansial, kesehatan maupun kehidupan pribadi. Ketika bersyukur artinya Anda sedang melakukan penerimaan diri dan tetap bersemangat dengan apa yang dipunya saat ini. Bersyukur juga membuat Anda tidak mudah menyerah dan merasa bahwa diri ini kaya raya sehingga tidak ada sesuatu apapun yang layak untuk dikeluhkan.

Itulah trik berdamai dengan kondisi ini yang bisa Anda praktikan ketika meras tidak bisa lagi melakukan apa-apa atau merasa diri tidak berharga. Ingatlah bahwa masih banyak orang memercayai dan mencintai Anda.

Baca juga: Penyakit Depresi: Tahukah Anda Apa Saja Penyebabnya?

Comments are closed.