Mobil Mercedes Benz Indonesia yang Melegenda, Apa Saja?

Berita

Mercedes Benz Indonesia punya cukup banyak varian legendaris yang masih digunakan oleh sebagian orang saat ini. Apa sajakah itu?

Indonesia merupakan salah satu target market terbesar Mercedes-Benz. Hal ini tak lepas dari banyaknya produk pabrikan asal Jerman ini yang digunakan di tanah air. Tak hanya keluaran terbarunya, tak sedikit penggemar otomotif di Indonesia masih menggunakan mobil buatan Mercedes-Benz keluaran lama, bahkan sangat lama.

Hal ini membuat cukup banyak Mercedes Benz Indonesia yang dianggap sebagai mobil legendaris. Mobil Mercedes Benz Indonesia apa sajakah yang dimaksud? Mari kita lihat beberapa jenisnya di bawah ini!

Mobil Mercedes Benz di Indonesia yang Legendaris

Mercedes Benz Pullman 600

Mercedes-Benz 600 Series Pullman merupakan sedan yang memiliki sejuta kemewahan yang tak terlupakan untuk sebuah mobil pada era tahun 1963. Dan Mercedes-Benz telah membuat mobil ini kurang dari 3.000 unit yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

mobil mercedes benz indonesia

Yang harus diingat adalah Mercedes-Benz 600 Series Pullman ini merupakan cikal bakal sedan termewah di dunia yang dimiliki Mercedes yaitu Maybach. Bayangkan saja pada tahun 1963, 600 Pullman sudah menjadi mobil limousine yang memberikan fitur power window, pintu bagasi dan moon roof yang dapat dioperasikan secara hidaulis bahkan pengaturan kursi penumpang secara elektrik.

Baca juga: Beragam Tipe Mercedes AMG dan Harganya di Indonesia

Mercedes Benz C111

Mungkin dari varian Mercedes-Benz C111 ini Anda mengira ini adalah model pertama dari Mercedes-Benz C-Class. Namun fakta berkata lain dan bukan, sebab ini adalah sebagai mobil experimental dari pabrikan mobil Mercedes-Benz pada tahun 1960-an.

Walau sebagai mobil uji coba, Mercedes-Benz C111 memiliki rekor dan kenangan yang tidak bisa dilupakan dalam sejarah otomotif. Sebab Mercedes-Benz C111 dengan body yang terbuat dari fibrtglass ini sanggup menjadi mobil tercepat di dunia di era tahun ’70-an.

Mercedes-Benz C111 beberapa kali tercatat sebagai mobil tercepat hingga mencapai 321 km/h. Namun pada model buatan selanjutnya yang sanggup hasilkan tenaga 500 hp catat rekor kecepatan baru.

Dengan mencapai kecepatan 403,9 km/h berhasil dicatat saat itu. Bayangkan sebuah kecepatan mobil pada tahun ’70-an yang serupa dengan supercar saat ini bahkan mampu melebihi kecepatan Lambo Aventador.

Mercedes Benz 540 K

Mercedes-Benz 540 K ini merupakan sebuah karya legendaris pada tahun 1937. Tidak hanya sebuah maha karya super langka (hanya ada 3 unit di dunia), mobil ini merupakan kendaraan jenis roadster dengan mesin supercharger. Huruf K pada model ini merupakan kepanjangan dari Kompressor.

Yang menjadikan Mercedes-Benz 540 K ini tak akan dilupakan sepanjang masa adalah ia merupakan mobil paling bertenaga pada pertengahan abad pertama di abad ke-20. Pada saat itu mobil paling bertenaga hanya sanggup capai tenaga 100 hp, sedangkan Mercedes-Benz 540 K dapat mencapai 180 hp pada tahun 1983.

Mercedes Benz 190E Cosworth

Mercedes-Benz 190E Cosworth pertama kali dibuat pada tahun 1983 untuk mengikuti kejuaraan balap off-road rally. Dan pada saat itu yang menjadi kenangan manis dan tak terlupakan adalah penggunaan teknologi penggerak empat roda Quattro milik Audi.

mercedes benz indonesia legendaris

Tidak hanya itu Mercedes-Benz 190E Cosworth sanggup berhasil menjabat gelar world speed records tiga kali selama 3 tahun berturut-turut. Dan akhirnya kejayaan harus tumbang berkat perlawanan BMW M3 yang mulai hadir dengan performa tangguh. Tapi Mercedes-Benz 190E Cosworth bisa jadi sedan AMG pertama.

Baca juga: Spesifikasi Mercedes Benz GLC: Mobil Cagih 2020

Mercedes Benz 300 SL Gullwing

Mercedes-Benz 300 SL Gullwing menjadi sosok mobil yang sangat berpengaruh pada era tahun 1954. Sebagai mobil sport mewah langka yang hanya dibuat sebanyak 1.400 unit di dunia. Mercedes-Benz 300 SL juga menjadi trademark tersendiri dengan model pintu gullwing-nya.

Yang menjadi sebuah kenangan manis pada Mercedes-Benz 300 SL Gullwing tidak hanya model pintunya saja. Tapi 300 SL yang hadir sebagai mobil sport juga merupakan mobil pertama dengan mesin bensin menggunakan teknologi injeksi langsung.

Mercedes Benz G-Wagon

Gelandewagen atau dikenal dengan G-Wagon (Mercedes-Benz G-Class) pada tahun 1979 dibuat untuk kendaraan tentara Jerman. Dengan kata lain Mercedes-Benz G-Class dibuat dengan ketangguhan untuk bisa melibas berbagai medan yang akan dilalui para tentara.

mobil dari mercedes benz indonesia

Bahkan hingga kini, model khas Mercedes-Benz G-Class seakan selalu dipertahankan. Meskipun dibanding model pertama ada perubahan, namun yang namanya versi G-Class tidak pernah terlupakan sepanjang masa. Bahkan dikalangan artis Holywood seperti Angelia dan Brad Pitt memiliki sepasang G-Wagons yang perunitnya dibanderol lebih dari US$100.000.

Mercedes Benz 300 SLR Racer

Berselang satu tahun setelah kelahiran 300 SL Gullwing, Mercedes-Benz hadirkan varian 300 SLR Racer. Mercedes-Benz 300 SLR Racer ini sendiri mengambil konsep dari saudaranya 300 SL Gullwing. Hanya saja model penampilan hadir dengan kesan lebih sporty.

Mercedes-Benz 300 SLR Racer sendiri merupakan mobil balap pertama yang menggunakan rem angin pertama dan dipilih oleh pembalap legendaris Stirling Moss untuk berlaga di Mille Miglia tahun 1955.

Mercedes Benz W123 atau Mercy Tiger

Mercy Tiger adalah jenis mercy 4 pintu . Di Indonesia sendiri  yang beredar Cuma 4 tipe yaitu 200, 230, 280 dan 280E. Sebenarnya ada satu lagi yaitu tipe 240D yang bermesin diesel. Tapi tipe ini sangat jarang dan hanya dimiliki oleh para kolektor karena keunikannya yaitu bermesin diesel. Perbedaan 4 tipe diluar yang diesel ini ada pada kapasitas mesin dan fitur-fiturnya.

Untuk pemaikaian bahan bakar, tergantung jenis dan  rute yang dilaluinya. Mercy Tiger tipe 200 menjadi paling irit untuk pemakaian dalam kota. Rata – rata konsumsinya adalah 1:8. Untuk tipe 230 dan 280 termasuk lebih boros yaitu 1 : 6 sampai 1 :  4. Untuk tipe yang berakhiran E yaitu yang memakai injeksi cenderung lebih irit. Menurut ketentuannya penggunaan bahan bakar yang sesuai adalah yang memiliki oktan 90 setara dengan pertalite.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kelebihan lain dari Mercy tiger ini adalah modelnya yang timeless  dengan prestise yang evelasting. Produk Mercedes Benz ini memang punya taste tersendiri. Mobil mewah dengan perawatan yang tergolong mudah. Ditunjang dengan orderdilnya yang banyak dan murah. Cuma memang ada kelemahannya yaitu AC yang sering tercium aroma dari luar kabin dan rem tangan yang agak berat ketika diputar . Tapi overall, ini layak dimiliki.

Itulah beberapa mobil Mercedes-Benz Indonesia yang legendaris dan masih digunakan oleh orang-orang di tanag air. Mungkin mobil Anda salah satunya?

Baca juga: Mercedes Benz V Class yang Kian Memukau

Comments are closed.