Mulai Jenuh dengan Aktivitas Kantor? Simak Tips Membangkitkan Semangat Kerja Saat Jenuh Di Kantor!

Banyak orang mengeluhkan berbagai hal dan tantangan yang ada di kantor. Tips membangkitkan semangat kerja ini ampuh mengatasi kejenuhan aktivitas kantor. Simak ulasannya!

Berita

Seringkali karena terlalu banyaknya aktivitas padat atau adanya berbagai masalah yang dialami membuat seseorang jenuh dengan kantor. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak tips membangkitkan semangat kerja ketika mulai jenuh dengan aktivitas kantor berikut ini!
Ê
Ê

Tantangan yang Sering Terjadi di Kantor

1. Peraturan Tempat Kerja

Salah satu tantangan yang sering dihadapi di kantor adalah peraturan tempat kerja. Tips membangkitkan semangat kerja diharapkan mengatasi kejenuhan akibat peraturan tempat kerja.Ê
Ê
Baca kontrak kerja baik-baik dan dengarkan informasi dari departemen HRD di hari pertama masuk. Jika Anda harus mengikuti sesi orientasi karyawan baru, perhatikan baik-baik agar Anda tahu apa yang boleh dan tak boleh dilakukan di perusahaan tempat Anda bekerja. Lupakan kebiasan-kebiasan di tempat kerja lama dan mulailah belajar menyesuaikan diri sesuai peraturan tempat baru. Penting juga untuk tidak membawa kebiasaan lama ke tempat kerja baru.
Ê

2. Menghadapi Atasan Baru

Menghadapi atasan baru yang belum tentu memiliki sikap yang menurut Anda menyenangkan. Mungkin saja terasa mulai jenuh dan membutuhkan tips membangkitkan semangat kerja.
Sebaiknya Anda mengambil prinsip see and learn alias lihat dan pelajari tingkah laku dan kinerja atasan, serta bagaimana rekan kerja yang lain berinteraksi dengannya. Anda juga bisa bertanya kepada kolega jika ada tips soal menghadapi bos.
Ê

3. Beban Pekerjaan

Bahkan jika Anda pindah ke perusahaan lain namun untuk bidang dan jabatan yang sama, beban kerja Anda belum tentu sama dengan di kantor lama. Ini berhubungan dengan industri apa yang dijalani perusahaan tersebut, dan bagaimana sistem pembagian kerja di sana. Anda bisa saja tiba-tiba mendapatkan setumpuk pekerjaan sejak hari pertama, namun bukan tak mungkin juga Anda merasa makan gaji buta meski sudah sekian minggu bekerja di sana.
Ê

Tips Membangkitkan Semangat Kerja

1. Membagi Beban Pekerjaan Menjadi Bagian Kecil

Anda bisa membagi pekerjaan itu dalam beberapa tahapan. Dengan melakukan cara ini diharapkan akan membuat pekerjaan terlihat lebih sederhana dan ringan. Berikutnya adalah membuat skala prioritas pekerjaan yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Tentu Anda bisa memilih, pekerjaan mana yang mendesak dan tidak. Ini berpengaruh terhadap mood dan emosi Anda sehingga mengurangi rasa jenuh.
Ê

2. Pikirkan Hal Menyenangkan dari Pekerjaan yang Anda Tekuni

Cobalah untuk mengingat dan memikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang Anda peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja, tips membangkitkan semangat kerja yang satu ini memang efektif.
Ê

3. Mencontoh Teman yang Mencintai Pekerjaannya

Mencontoh teman yang mencintai pekerjaan dan tetap semangat, bisa membuat Anda juga bersemangat. Selama hal tersebut positif seperti mencontoh perilaku rekan kerja Anda maka cobalah untuk meakukannya. Perhatikan atau lihat caranya mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagi Anda untuk menambah motivasi bekerja.
Ê

4. Rencanakan Masa Depan dan Jangka Panjang

Saat Anda megalami fase jenuh, cobalah melihat dan menata kembali rencana masa depan Anda. Rencana masa depan yang jelas dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja. Ini juga salah satu tips membangkitkan semangat kerja.
Ê

5. Beri Waktu Bagi Diri Anda Sendiri untuk Relaks

Jika Anda merasa benar-benar jenuh dan tidak semangat bekerja, maka cobalah untuk memberi waktu bagi diri Anda sendiri untuk relaks. Ini akan mengembalikan rasa semangat Anda. Anda juga bisa mengajak teman dekat yang bisa dipercaya untuk berbagi cerita, mungkin darinya Anda bisa mendapat masukan yang baik dan semangat kembali.
Ê

6. Berolahraga Setelah Pulang dari Kantor

Berolahraga tidak hanya membuat tubuh Anda sehat tetapi juga menstabilkan emosi Anda. Olahraga mampu mengusir stres dan penat. Mungkin Anda merasa lelah setelah seharian berkutat dengan pekerjaan kantor. Tentu kadang membuat jenuh bukan? Dengan melakukan olahraga yang santai dan menyenangkan seperti berenang, aerobik, atau bersepada Anda bisa mendapatkan badan kembali segar, hilang rasa tekanan pada rutinitas kerja Anda.
Ê

7. Bersyukur dengan Hasil Jerih Payah Anda

Bersyukur dengan apa yang Anda miliki dan hasil jerih payah Anda akan membuat semangat kembali. Dengan bersyukur Anda juga akan lebih menghargai pekerjaan Anda dan terpacu untuk lebih semangat menjalani pekerjaan Anda.
Ê
Setelah mengetahui tips membangkitkan semangat kerja, Anda tentu bisa menggunakan tips tersebut untuk menghilangkan kejenuhan Anda. Bersemangatlah dan sukseskan kareir Anda!
Ê

Leave a Reply