Di Balik Anggunnya Najwa Shihab, Ada Keberanian dan Kerja Keras

Berita

Membicarakan Najwa Shihab tentu tidak akan ada habisnya. Speak terjang wanita ini selalu menjadi decak kagum dan membuat iri. Yuk, kita kenali lebih jauh lagi!

Siapa yang tak kenal Najwa Shihab? Putri dari tokoh agama besar negeri ini, Quraish Shihab, yang selalu tampil sederhana, anggun namun tetap elegan. Wanita yang akrab dipanggil Nana ini, laiknya wanita pada umumnya. Membina rumah tangga, dengan seorang putra yang sedang beranjak dewasa. Lalu, apa yang membuatnya istimewa?

Nana, begitu ia biasa disapa, melewati masa kecilnya sebagai gadis pemalu. Sang ibu, kala itu harus berusaha keras mengasah keberaniannya. Ia mulai terbiasa ikut berbagai lomba, baik secara mandiri maupun sebagai utusan dari sekolah. Satu tujuan Sang Ibu kala itu, untuk memperkuat kepercayaan dirinya.

Nyatanya, usaha Sang Ibu pun tak sia-sia. Perlahan tapi pasti, putri keduanya ini mampu menjadi juara. Lebih dari itu, kini ia telah sukses menjadi salah satu wanita yang menginspirasi seluruh masyarakat di negeri ini.

Baca juga: Mengenal James Riady, Sosok Sukses di Balik Lippo Group

Perjalanan Karier Najwa Shihab yang ‘Tanpa Titik’

Najwa Shihab lahir di Makassar, sekitar 42 tahun lalu. Tepatnya pada tanggal 16 september 1977. Terlahir dalam keluarga yang kental dengan nilai-nilai agama, tak lantas membuatnya menjadi pribadi yang tertutup. Sebaliknya, ia tumbuh menjadi wanita yang berani.

profil najwa shihab

Terbukti, saat SMA ia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat. Nana, yang kala itu masih remaja, berani mengambil risiko untuk menempuh pendidikan dan harus jauh dari orangtua. Meskipun ada banyak pertentangan di keluarga besarnya. Namun, Sang Ayah yang kala itu memberikan kepercayaan secara penuh, membuatnya ‘pergi’ selama satu tahun. Dan terpisah dengan keluarga.

Fatmawati Assegaf, adalah wanita hebat yang ada di balik punggung Najwa Shihab. Ia adalah ibu yang selama ini mendorongnya untuk terus berani mencoba. Sejak kecil, Nana telah dibiasakan dengan berbagai les dan kompetisi. Ibarat pisau yang terus diasah, Nana pun tumbuh menjadi perempuan yang tak pernah takut tantangan.

Sempat mengenyam pendidikan dari fakultas Hukum Universitas Indonesia, tak lantas membuat Najwa jumawa. Ia terus haus akan ilmu. Rasa penasarannya yang tinggi terus menggiringnya pada dunia jurnalistik. Bidang ini nyatanya benar-benar membuatnya nyaman. Memulai karier sebagai pembawa berita di RCTI. Namun, tak lama kemudian ia memilih Metro TV sebagai payung kariernya. Bukan dalam waktu yang singkat. Belasan tahun ia habiskan menjadi pembawa acara berita sekaligus jurnalis di stasiun TV swasta ini. Hingga pada 2017, ia merasa ‘cukup’ dan memilih untuk berhenti sejenak.

Baca juga: Mengenal BJ Habibie: dari Prestasi Hingga Mobil Mewahnya

Ternyata, dunia jurnalistik masih tetap menggelitik. Satu tahun kemudian, Najwa dipinang oleh Trans 7 untuk menakhodai acara yang sama. Sebuah talk show, yang membahas isu-isu penting di negeri ini. Tak pernah tumpul, Nana selalu melontarkan pertanyaan yang seolah membuat lawannya ‘kalang kabut’. Terkesan sederhana, namun sering kali menembak tepat sasaran.

Dan kini, Najwa terus berkembang. Bersama dengan timnya, ia membuat sebuah konten kreatif bertajuk Narasi TV. Ada banyak konten yang dibuat, dengan berkolaborasi bersama beberapa tokoh tersohor negeri ini.

Selalu Berani Keluar Zona Nyaman

Saat ini, Najwa mengemban tugas sebagai Duta Baca Indonesia untuk periode 2016-2020.  Tugas ini sebagai wujud nyata kepeduliannya akan minat baca warga negara Indonesia, khususnya untuk anak-anak dan remaja. Tak hanya itu, ia juga berperan sebagai Duta Pustaka Bergerak. Tugasnya adalah untuk menarik minat baca masyarakat, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih mencintai buku. Untuk itu, ia telah berkeliling ke seluruh penjuru negeri. Bahkan, beberapa kali Nana mengajak serta sang anak presiden, Gibran Rakabuming, untuk lebih menarik para kawula muda.

profil najwa shihab

Terkenal memiliki citra yang positif, membuat wanita yang akrab dipaggil Nana ini banyak dikagumi penggemarnya. Namun, hal ini tak lantas membuatnya terlena. Ia terus mencari celah potensi yang dapat digali dalam dirinya. Bahkan, ia tak takut untuk keluar dari zona nyaman.

Berhenti dari acara talk show yang telah ia rintis selama belasan tahun, bukan hal yang mudah, namun tetap ia lakukan. Pun, ketika ia memutuskan untuk merambah ke dunia media digital. Najwa tak segan untuk bekerja sama dengan para youtuber muda, yang mungkin memiliki perbedaan karakter dengannya. Seperti Chef Arnold, Raditya Dika, Boy William, Tompi, bahkan beauty vlogger Rachel Goddard.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Inisiatif, Inovatif, dan Kerja Keras

Najwa terlahir sebagai anak kedua dari empat bersaudara yang semuanya adalah perempuan. Meskipun menggeluti bidang yang berbeda-beda, namun Nana tetap mengagumi sang kakak, Najeela Shihab, yang berhasil sukses berkarier sekaligus tetap menjadi ibu yang baik untuk putra putrinya.

Dalam satu wawancara, Najwa pernah berujar, “Perempuan harus berani memiliki inisiatif. Jangan mengecilkan kemampuan diri sendiri, padahal belum pernah mencobanya. Karena inisiatif menjadi salah satu faktor penentu dalam berkarier.”

profil najwa shihab

Pesan ini seolah tergambar nyata dalam kehidupan karier yang ia jalani. Lihat saja, sampai saat ini, ia terus mengepakkan sayap, dengan membuat berbagai terobosan baru. Pada channel YouTube yang ia kreasikan, Narasi TV, sudah ada belasan konten yang ia buat, dengan basis dan tema yang berbeda satu sama lain. Mulai dari religi, musik, kuliner, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Besar Motivator Indonesia yang Terkenal

Najwa hadir sebagai role model positif bagi wanita, khususnya di Indonesia. Tak sedikit penghargaan yang telah ia genggam, sebagai buah dari hasil perjuangannya selama ini. Tentu bukan hal yang mudah. Dukungan keluarga, seperti orangtua, suami, dan putra semata wayangnya seolah menjadi ‘booster’ untuknya, agar terus menciptakan karya-karya baru. Karyanya yang tak hanya menarik dan apik, namun juga menebarkan manfaat bagi bangsa.

(Sumber Foto: Instagram @najwashihab)

Comments are closed.