Nama Jalan dengan Nama Pahlawan di Luar Negeri

Berita

Tidak hanya di Indonesia saja mengabadikan nama jalan dengan nama pahlawan nasional untuk mengenang jasanya. Ternyata di luar negeri juga ada lho nama jalan dengan nama pahlawan Indonesia.

Beberapa hari lagi Bangsa Indonesia akan menyambut Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November. Kalau kita rekam jejak pertempuran para pahlawan yang tercatat ada 6.000-16.000 pejuang yang bersatu dalam aksi 10 November 1945 di kota Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Ini merupakan perang terbuka dalam skala besar di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Hingga ada sebuah kutipan dari sebuah pidato kenegaraan dari Bung Karno untuk menghormati Hari Pahlawan, 10 November 1961. Yakni “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”

Di Indonesia untuk mengingat jasa-jasa para tokoh atau pahlawan Indonesia, banyak namanya diabadikan menjadi sebuah tempat atau gedung, hingga nama jalan. Di Jakarta sendiri ada Bandara Soekarno – Hatta, Gelora Bung Karno Senayan, Jalan Sudirman, Balai Kartini dan masih banyak lagi yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Ini bertujuan agar nama-nama beliau kekal sampai generasi ke depan bahwa merekalah para tokoh dan pahlawan Indonesia yang banyak berjasa untuk kemerdekaan bangsa ini.

Baca juga: Paspor Online Memudahkan Masyarakat Memiliki Paspor

Tapi, tahukah Anda ternyata di luar negeri ada beberapa nama jalan dengan nama pahlawan Indonesia. Wah, ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita bangsa Indonesia ada nama pahlawan Indonesia yang berada di luar negeri. Pastinya Anda semakin penasaran kan, daftar nama jalan dengan nama pahlawan Indonesia apa saja yang ada di luar negeri.

Berikut 5 Nama Pahlawan Nasional dengan Nama Jalan di Luar Negeri

Jalan Soekarno di Maroko, Mesir dan Pakistan

nama jalan dengan nama pahlawan

Source Photo : Kompas

Tidak hanya di Maroko saja, Mesir juga mengambil bagian dalam mengabadikan sang proklamator kemerdekaan Indonesia sebagai nama jalan. Yaitu Ahmed Soekarno ST, jalan ini menuju pusat kota dan pusat kebudayaan di Tahrir Square. Soekarno sangat terkenal di negara Asia dan Afrika, ini karena andil besarnya dalam menyelenggarkan Konferensi Asia Afrika pertama.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Di negara Pakistan pun ada juga nama jalan yaang dinamai nama pahlawan Indonesia, yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar dan Soekarno Bazar di Lahore. Unsur penamaan Soekarno ini juga tak lepas dari hubungan kedua negara ini, negara Pakistan sangat hormat kepada sosok Soekarno. Hal ini terjadi mengingat jasa Soekarno yang mengirim TNI AL berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik panas antara Pakistan dan India pada 1965.

Jalan R.A Kartini di Amsterdam, Belanda.

nama jalan dengan nama pahlawan

Source Photo: Tribun

Raden Ajeng Kartini merupakan sosok wanita yang terus memperjuangkan harkat dan martabat wanita Indonesia. Atas semua jasanya ini, pemerintah Belanda memberikan apresiasi kepada Kartini dengan memberikan salah satu nama jalan di Amsterdam, Belanda. Di sini ada nama jalan bertulsikan R.A Kartinistraat, jalan ini terletak di kawasan Amsterdam Zuidoost dengan sebutan nama Bijlmer. (Baca juga: Sebelum Tarik Tunai Via ATM di Luar Negeri, Perhatikan Tip Ini!)

Jalan Moh. Hatta di Harlem, Belanda

nama jalan dengan nama pahlawan

Source Photo: IDN

Selain Soekarno tentu kita sebagai bangsa Indonesia pasti ingat dengan wakil presiden pertama yaitu Mohammad Hatta yang juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Hatta juga tokoh dan pahlawan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia bersama Soekarno. Dari semua jasa dan popularitasnnya itu pemerintah Belanda juga memberikan sebuah penghargaan kepada beliau, dengan mengabaikan namanya di kota Harlem. Jika Anda berkunjung ke kota Harlem, Belanda, di satu distrik ada sebuah papan nama jalan yang bertuliskan Muhammed HattaStraat.

Jalan Soetan Sjahrir di Leiden, Belanda.

nama jalan dengan nama pahlawan

Source Photo: IDN

Berikutnya adalah Sutan Syahrir yang dalam ejaan lama bernama Soetan Sjahrir yang merupakan salah satu tokoh perintis, intelektual dan revolusioner kemerdekaan Indonesia. Soetan Sjahrir juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia, beliau sempat menimba kuliah hukum di Universitas Amsterdam kemudian pindah ke Leiden School of Indology.

Pemerintah Belanda mengabadikan nama beliau sebagai nama jalan yang bisa Anda temukan di tiga tempat berbeda di Belanda yaitu Sjahrirstraat di kota Leiden, Sjahrirsingel di Kota Gouda, dan ada di Harlem dengan nama Sutan Sjahrirstraat (lokasinya tak jauh dari Kartinistraat dan Hattastraat)

Munirpad di Den Haag, Belanda.

nama jalan dengan nama pahlawan

Source Photo: Intisari

Terakhir adalah tokoh yang diberikan kehormatan oleh pemerintah Belanda yaitu sang pejuang Hak Asasi Manusia, Munir Said Thalid. Beliau merupakan tokoh utama yang mengusut kasus orang-orang hilang di Indonesia. Munir menghembuskan nyawa terakhirnya saat menuju Amsterdam pada tanggal 7 September 2004.

Pada saat itu beliau menjabat sebagai direktur eksekutif Lembaga Hak Asasi Manusia Indonesia. Penyebab ia meninggal adalah ditemukan racun pada makanannya. Pemerintah Belanda yang juga sangat proaktif terhadap kasus hak asasi manusia, memberikan penghargaann kepadanya dengan mengambil nama Munir untuk dijadikan jalan di Den Haag dengan nama Munirpad. Munirpad sendiri baru diresmikan pada tanggal 15 April 2015 silam.

Nama-nama jalan di atas merupakan nama tokoh dan pahlawan Indonesia yang ada di luar negeri. Tentunya kita patut bangga terhadap hal ini, negara-negara tersebut memberikan penghormatan lebih atas tokoh-tokoh dan pahlawan Indonesia. Anda yang lagi merencanakan traveling ke Belanda dalam waktu dekat, beberapa jalan di atas bisa dijadikan referensi sebagai destinasi Anda. Oh iya, jangan lengkapi rencana perjalanan Anda ke Belanda menggunakan asuransi perjalanan. Sekarang beli asuransi perjalanan sangat mudah, tinggal buka aja situs www.futuready.com kemudian Anda bisa mencari, memilih, dan membeli asuransi perjalanan dengan proses cepat tanpa ribet. Keuntungannya banyak dan yang pasti aman, karena telah memiliki legalitas dari Otoritas Jasa Keunagan. Jadi, tidak perlu takdak perlu taku lagi untuk beli asuransi secara online.

 

Comments are closed.