New Normal di Indonesia: Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

BeritaHealth

Memasuki era new normal, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan persiapkan. Kira-kira apa saja ya? Berikut ini ulasannya.

New normal adalah salah satu cara untuk kembali hidup normal di tengah pandemi COVID-19. Skenario ini dilakukan untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam bidang Kesehatan, ekonomi, dan juga sosial.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, tidak ada cara cepat yang bisa dilakukan untuk melawan COVID-19. Perlu adanya penyesuaian yang dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, dilansir dari tirto.id, WHO mengingatkan untuk setiap negara yang hendak melakukan transisi, pelonggaran pembatasan, dan skenario aturan tersebut harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

new normal di Indonesia

  1. Bukti yang menunjukkan bahwa transmisi COVID-19 dapat dikendalikan.
  2. Kapasitas sistem kesehatan dan kesehatan masyarakat termasuk rumah sakit tersedia untuk mengidentifikasi, mengisolasi, menguji, melacak kontak, dan mengkarantina.
  3. Risiko virus corona diminimalkan dalam pengaturan kerentanan tinggi, terutama di panti jompo, fasilitas kesehatan mental, dan orang-orang yang tinggal di tempat-tempat ramai.
  4. Langkah-langkah pencegahan di tempat kerja ditetapkan, seperti jarak fisik, fasilitas mencuci tangan, dan kebersihan pernapasan.
  5. Risiko kasus impor dapat dikelola.
  6. Masyarakat memiliki suara dan dilibatkan dalam kehidupan.

Baca juga: Sudah Terapkan Cara untuk Cegah Virus Corona?

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa daerah yang telah menyiapkan peraturan baru terkait penerapan new normal. Presiden Joko Widodo pun sudah meminta kepada seluruh jajarannya untuk mempersiapkan dan mengsosialisasikan protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini kepada seluruh masyarakat secara masif. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa membiasakan diri untuk hidup normal kembali di tengah pandemi COVID-19.

New Normal Starter Kit

Memasuki masa new normal, sudah ada beberapa perusahaan yang menerapkan untuk bekerja di kantor. Nah, agar Kesehatan Anda terjaga, pastikan barang-barang ini selalu dibawa ya.

1. Pakai Masker Kain

Pemerintah sudah menghimbau untuk semua masyarakat Indonesia menggunakan masker kain jika melakukan aktivitas di luar rumah. Himbauan ini merupakan salah satu anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Fungsi dari penggunaan masker ini untuk menghindari Anda dari terpapar virus, khususnya COVID-19.

2. Pakai Sarung Tangan

Selain menggunakan masker, masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan sarung tangan. Apalagi jika berpergian menggunakan transportasi umum. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencengahan penularan COVID-19.

3. Hand Sanitizer

membawa Hand Sanitizer

Jangan lupa juga selalu sediakan hand sanitizer di dalam tas Anda. Fungsi dari hand sanitizer ini untuk membersihkan telapak tangan jika Anda berada di aera yang sulit terjangkau air bersih dan sabun.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Untuk menghindari terjadinya penularan COVID-19, sangat dianjurkan selalu membawa peralatan makan sendiri, seperti sendok, garpu, tempat makan, hingga tempat minum. Sehingga peralatan yang Anda gunakan tidak tercampur oleh orang lain.

5. Membawa Mukena dan Sajadah

Penyebaran COVID-19 bisa melalui berbagai media, salah satunya adalah mukena dan sajadah. Jika Anda berpergian dan mengharuskan beribadah di rumah ibadah atau di mana pun, sangat disarankan untuk membawa mukena dan sajadah sendiri, ya.

Baca juga: Apakah Ruangan Ber AC Membuat Virus Corona Menyebar?

6. Tisu Basah dan Kering

Selain hand sanitizer, pastikan tisu basah dan kering juga selalu ada di dalam tas Anda, ya. Sebab, kedua benda ini sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan cuci tangan. Tisu basah yang mengandung antiseptik bisa digunakan jika Anda kesulitan mencari tempat cuci tangan, sedangkan tisu kering bisa digunakan jika wastafel atau tempat cuci tangan tersebut tidak menyediakan pengering.

7. Bawa Helm Sendiri

Benda ini wajib sekali dibawa jika Anda berpergian menggunakan ojek online. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan COVID-19.

Perilaku yang Harus Dipatuhi:

perilaku selama new normal

  1. Selalu jaga jarak dengan orang di sekitar.
  2. Tidak berjabat tangan.
  3. Mandi dan ganti baju setelah berpergian.

Baca juga: Tips Atur Uang Pekerja Harian Lepas di Tengah Virus Corona

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui dan persiapkan dalam menyambut kebiasaan baru untuk mencegah mewabahnya Coronavirus di Indonesia. Namun, kurang lengkap rasanya jika usaha Anda tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bisa menjamin finansial Anda jika sewaktu-waktu harus berobat atau rawat inap akibat suatu penyakit. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Adanya asuransi kesehatan, tentu membantu meringankan biaya tak terduga yang harus Anda keluarkan.

Comments are closed.