Wajib Coba Keseruan di Ngong Ping

Berita

Apa Anda dalam waktu dekat berencana ke Hong Kong? Maka Anda wajib mencoba keseruan Ngong Ping. Banyak hal menarik yang akan Anda temukan di sini dan tidak akan ditemukan di tempat lain. 

Merupakan salah satu Traveler? Sudah mencoba berkeliling dunia termasuk Hong Kong? Jika belum, maka wajib catat pada list traveling Anda untuk pergi ke Hong Kong dan mengunjungi tempat luar biasa di sana bernama Ngong Ping. Salah satu tempat wisata di Hong Kong yang terkenal dan ikonnya adalah patung Buddha raksasa di puncak bukit ini berlokasi tepat di Pulau Lantau.

Lantas, apa sih menariknya jika kita berkunjung ke lokasi wisara satu ini?

Baca juga: 4 Destinasi Aman untuk Anda Jalan-Jalan ke Hong Kong Sendiri

Hal Menarik yang Wajib Anda Ketahui

Hal Menarik di Ngong Ping

Bagaimana tidak menarik, wisata desa ini akan mengajak setiap turis mengelilingi Pulau Lantau menggunakan cable car dan menikmati indahnya langit, rindangnya perbukitan hijau, birunya laut China Selatan, serta luasnya lembah yang mengampar. Dengan lintasannya sangat panjang, 5,7 km, cable car ini menghubungkan Tung Chung ke Desa Ngong Ping di puncak bukit, yang dapat ditempuh kurang lebih selama 25 menit. Cable carnya pun sangat bersih dan nyaman ketika sedang digunakan dan tersedia tersedia dalam dua jenis, yakni standard cabin dan crystal cabin.

Bagi yang hendak merasakan sensasi lebih seru dan mengesankan, pilihlah crystal cabin. Karena lantai kabin terbuat dari kaca transparan sehingga kita seakan-akan terbang di atas awan yang semakin membuat ketegangan luar biasa namun membuat ketagihan pula.

Di samping pemandangan, desa ini juga memiliki hal menarik lainnya karena terasa kental budaya tradisional Chinanya, tetapi juga diseimbangkan dengan modernitas masa kini. Sehingga, orang-orang yang datang pun memiliki tujuan yang bervariasi. Ada yang untuk berwisata, melaksanakan upacara keagamaan, dan juga ada yang ingin merasakan sensasi naik cable car yang mengasikkan.

Bahkan, yang semakin mengikat adalah bahwa bangunan-bangunan di desa ini terlihat sangat kokoh dan memiliki karakteristik tersendiri sebagai identitas atau ciri khasnya. Atapnya yang unik dengan ukiran-ukiran serta patung yang menyerupai naga membuat bangunan tersebut semakin terlihat unik.

Ada Apa Saja?

destinasi di Ngong Ping

Setelah Anda menginjakkan kaki di desa ini, maka akan menjumpai sebuah museum Walking with Buddha yang isinya mempertunjukkan kehidupan Siddhartha Gautama hingga menjadi Buddha dengan hanya menempuh perjalanan sebentar saja. Bukan hanya itu, bahkan terdapat juga teater Monkey Tale yang menceritakan perjalanan seekor kera yang dikemas dalam bentuk animasi yang unik dan menarik. Sayangnya, kedua pertunjukan ini tidak termasuk dalam tiket masuk ke lokasi wisata. Jadi jika hendak menikmatinya, maka Anda juga harus membayar lagi.

Nantinya, perjalanan yang Anda lanjutkan di sisi kiri dan kanan akan menjumpai banyak sekali toko suvenir. Menariknya lagi, terdapat pohon tiruan serupa pohon Bodhi sebagai tempat Siddhartha Gautama bermeditasi hingga menjadi Buddha pada sejarahnya. Dan untuk bagian bawahnya, terdapat papan Bodhi Wishing Tree yang digantungkan berbagai macam kartu berbentuk segienam yang berisi harapan para pengunjung akan setiap keinginan yang diumpatnya. Konon katanya, bila sudah ditulis dan digantungkan pada tempat tersebut maka segala harapan dan keinginan si penulis harapan dapat terkabul.

Objek Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

New Pai Lau

New Pai Lau Ngong Ping

Objek lain yang tidak kalah menarik adalah Piazza yang merupakan serangkaian dari 4 wilayah dengan wilayah pertama bernama New Pai Lau yaitu sebagai suatu daerah gapura hias itu sendiri yang ternayata dibangun dengan gaya arsitektur Dinasti Qing tepatnya pada 1644-1911. Gapura ini terdiri dari 3 gerbang dengan aksara China di gerbang tengahnya. Pada bagian atap dari gapura berwarna putih ini terdapat ukiran khas China berwarna abu-abu. Di gapura inilah banyak pengunjung berfoto-foto karena kecantikan dan juga keunikannya.

Baca juga: Selain Asuransi Perjalanan ke Hong Kong, Berikut Ini Barang yang Wajib Anda Bawa!

Bodhi Path

Selanjutnya, wilayah kedua bernama Bodhi Path yang merupakan jalur tengah dengan sekelilingnya terdapat 12 patung jenderal serta 40 teratai berbentuk mahkota yang cukup menarik. 12 jenderal ini diartikan sebagai pelindung dalam ajaran Buddha dan juga mewakili 12 zodiak yang sudah marak dipercaya pada masyarakat umum.

Di Tan

Dan untuk wilayah ketiga bernama Di Tan atau Earth Temple. Yang merupakan sebuah ruang terbuka menghadap Biara Po Lin dan Big Buddha sebagai tempat upacara keagamaan yang nantinya dilaksanakan pada saat-saat tertentu. Wilayah yang satu ini juga dikelilingi pagar-pagar beton putih dengan bagian depannya terdapat banyak tanaman indah sehingga sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dari kejenuhan kegiatan.

Chinese Landscaped Garden

Terakhir pada wilayah selanjutnya bernama Chinese Landscaped Garden. Sebuah taman dengan arsitektur yang sangat khas pada masanya. Menjadi simbol ketenangan Big Buddha pula. Tempat ini menyerupai pendopo dengan kolom besar berbentuk lingkaran yang memiliki warna merah. Atapnya mengusung desain yang cukup unik dan terdiri dari kombinasi warna merah serta hitam. Pada bagian sekelilingnya terdapat pepohonan rimbun yang juga tidak kalah menarik dari ikon-ikon lainnya. Sehingga, para pengunjung biasanya duduk-duduk di tempat yang satu ini sambil menikmati semilir angin dan keindahan yang disuguhkan pada tempat yang luar biasa ini.

Tian Tan Buddha (Big Buddha)

Sedangkan dari sisi depan di Tan tersebut, Anda dapat melihat Tian Tan Buddha atau dikenal juga dengan Big Buddha, yang merupakan ikon Desa Ngong Ping. Tian Tan Buddha merupakan patung Buddha raksasa setinggi 34 m dengan berat 280 ton. Patung tersebut merupakan jenis patung yang menggambarkan Buddha dalam keadaan duduk di atas bunga teratai dikelilingi The Offering of The Six Devas sebagai 6 patung dewa yang masing-masing mempersembahkan berbagai macam elemen. Jika hendak naik menuju patung tersebut, maka Anda harus melewati 268 anak tangga. Area ini hanya dibuka pukul 10.00 sampai 17.45 saja. Dari atas tempat ini, kebanyakan pengunjung pasti akan langsung mengambil kamera sambil menikmati seluruh pesona yang disuguhkan. Lebih-lebih dapat melihat keindahan Ngong Ping 360 derajat. Di tambah dengan pemandangan yang mengarah ke perbukitan hijau penuh kesejukan serta view ke Laut China Selatan yang umumnya menjadi favorit pengunjung hingga saat ini.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Tempat Ini?

Jika Anda merupakan salah satu orang yang bertanya demikian, maka jawabannya adalah bulan September-November. Di mana pada bulan-bulan tersebut merupakan bulan dengan cuacanya yang terkenal sejuk. Yaitu mencapai suhu udara hingga 19-28 derajat Celcius saja. Selain itu banyak sinar matahari disertai angin yang menyenangkan dan tentunya sangat mengasyikkan.

 

Bagaimana Rute dan Transportasi Menuju Lokasi?

Anda juga memiliki pertanyaan yang sama? Maka caranya adalah terbang ke Hong Kong. Tentunya banyak sekali maskapai yang melayani penerbangan ke Hong Kong International Airport (HKIA) dengan harga ekonomis sebagai buronan utamanya. Nantinya, dari HKIA akan lebih murah dan cepat jika Anda naik MTR atau Mass Transit Railway dengan jalur Airport Express Line. Setelah itu, cukup turun di Tsing Yi, dilanjutkan pindah ke jalur Tung Chung Line ke arah Tung Chung. Untuk waktu yang diperlukan hingga turun di Tung Chung MTR Station hanya mencapai 34 menit saja. Dan perlu Anda ketahui bahwa MTR berangkat setiap 10 menit antara pukul 05.54 sampai 00.38 ya…

Selanjutnya, di Tung Chung MTR Station yang merupakan stasiun terakhir maka cobalah Anda keluar di Exit B. Dengan memulai langkah dari tempat tersebut maka jalanlah dengan arah lurus kurang lebih selama 5 menit. Sehingga, nantinya Anda akan menemukan Tung Chung Cable Car Terminal yang diakhiri dengan naik cable car ke desa ini.

Bagaimana, cukup mengesankan bukann? Semoga menjadi inspirasi bagi liburan Anda berikutnya. Salam Traveling.

Baca juga: 5 Objek Wisata di Hong Kong yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Comments are closed.