Nissan Evalia, Mobil MPV Paket Lengkap

BeritaMobil

Nissan Evalia tidak hanya menawarkan ruang kabin luas, tapi juga kenyamanan dan keamanan tinggi serta mesin yang gahar di kelasnya.

Keberadaan mobil MPV semakin hari semakin banyak. Hal ini tak lepas dari banyaknya produsen mobil yang merilis mobil bertipe MPV di pasar otomotif tanah air. Selain mengutamakan kuantitas penumpang, keamanan dan kenyamanan pun menjadi penilaian yang tak bisa dilepaskan dari para pengguna mobil.

Tak hanya itu, untuk dapat bepergian dengan cepat, dibutuhkan pula mesin yang memadai untuk mengangkut jumlah penumpang yang cukup banyak. Inilah yang membuat persaingan di segmen MPV sangatlah menarik.

Baca juga: Nissan GT-R, Mobil Sport Berbalut Kemewahan

Dari sekian banyak merk, salah satu MPV terbaik yang ada saat ini adalah Nissan Evalia. Mobil buatan Jepang ini bisa dibilang sebagai paket lengkap yang menawarkan ruang kabin luas, kenyamanan dan keamanan tinggi, serta dapur pacu yang memadai.

Penasaran seberapa hebatnya Nissan Evalia? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap Nissan Evalia

Nissan Evalia, Medium MPV dengan Desain Eksterior Eksklusif

Tampilan luar atau eksterior sebuah mobil merupakan salah satu faktor yang menentukan seseorang akan membeli mobil tersebut atau tidak. Jadi, tak salah jika kita membahas mobil ini dari sisi eksteriornya terlebih dulu.

Jika diamati dari luar, tampilan desain body Evalia ini memang memiliki kesan eksklusif khas MPV kelas atas. Mulai dari bentuk headlamp yang berbentuk heksagonal yang dirancang dinamis mengikuti arus garis body ke belakang, lalu dipadukan dengan desain front grill berbentuk ‘V shape’ melengkung ke bawah. Fascia depan mobil satu ini memang memiliki konsep sederhana, namun tetap stylish dan elegan. Hal itu bisa dilihat dari penempatan lampu kabut di ujung bawah kanan dan kiri yang diberi cover berwarna gelap.

mesin nissan evalia

Bergerak ke samping, konsep desain body samping MPV buatan Nissan ini mengusung tampilan yang cukup stylish dengan lekukan body yang halus, berpadu dengan desain kaca samping flat. Apalagi, mobil berkapasitas 7 penumpang ini mengusung desain pintu sliding yang membuatnya memiliki aura eksklusif khas MPV kelas atas. Selain itu, penggunaan sliding door ini juga bertujuan untuk mempermudah akses penumpangnya, serta tak akan memakan banyak ruang saat mobil berada di area parkir.

Beralih ke body bagian belakang, mobil ini dibuat dengan bentuk yang lebih boxy tanpa ada lekukan yang berarti. Hal ini mengindikasikan jika Evalia bakal memiliki bagasi yang lega. Jika tampilan standar mobil ini dirasa kurang menarik, Nissan menyediakan aksesoris tambahan yang dijual secara secara terpisah berupa aerokit set, foglamp set, door visor, lower grill chrome ornament, door edge protector, roof spoiler, mud guard, dan back door finisher yang siap mempercantik tampilan layaknya MPV premium.

Jadi, bagian eksterior mobil satu ini benar-benar memancarkan aura eksklusif berpadu dengan tingkat fungsional kendaraan yang sangat baik.

Kabin Lapang Didukung Interior Kelas Atas

Setelah mengupas tuntas seputar eksteriornya, kini kita beralih ke bagian interiornya. Meski secara level mobil ini ditempatkan di bawah Nissan Serena, namun ternyata Evalia dibekali dengan konsep penataan interior yang cukup mewah.

Ruang kabin mobil MPV ini menghadirkan kenyamanan maksimal bagi setiap anggota keluarga dan barang bawaaan. Fitur pada mobil ini juga sangat memperhatikan kebutuhan keluarga anda di perjalanan, mulai hiburan, kesejukan udara, kenyamanan kursi hingga kompartmen setiap sudut.

Pada kabin kemudi, panel dashboard mobil ini tertata begitu rapi di mana cluster utama di depan lingkar setir diisi oleh indikator speedometer. Sementara itu, tuas persneling ditempatkan pada bagian tengah dashboard yang membuat pengemudinya bisa mengemudikan kendaraan secara mudah.

Pada bagian tengah dashboard ditempati oleh monitor LCD, tombol audio serta tombol pengatur AC. Kabin penumpang depan mobil satu ini pun memiliki penataan yang menghadirkan tingkat kenyamanan tinggi lewat jok yang empuk dengan balutan kulit fabric berkualitas.

interior nissan evalia

Bergeser ke kabin penumpang bagian belakang, mobil ini memiliki konsep mobil keluarga yang benar-benar menghadirkan kenyamanan berkendara kelas atas. Pada jok penumpang pertama yang terdiri dari tiga kursi sudah dilengkapi dengan arm rest yang bisa dilipat. Lalu untuk jok paling belakangny juga sudah diatur sedemikian rupa agar penumpang di baris paling belakang tetap mendapatkan kenyamanan.

Baca juga: Nissan Tera, SUV Premium dengan Kinerja Maksimum

Secara umum, bagian interior dari Evalia memang memiliki kualitas di atas rata-rata low MPV masa kini. Jadi, perjalanan Anda bersama keluarga dipastikan akan semakin menyenangkan.

Dimensi Besar Didukung Suspensi Mumpuni Berikan Kenyamanan Ekstra

Salah satu kelebihan yang dibawa oleh Evalia ini adalah kabinnya yang sangat luas. Berbekal kabin yang luas ala MPV premium, jelas bila mobil ini sangat cocok bagi Anda yang mendambakan kendaraan keluarga dengan daya tampung ekstra lega.

Secara fisik, mobil satu ini memiliki dimensi berukuran 4400 x 1695 x 1850 mm. Ukuran mobil ini memang termasuk besar, sesuai dengan fungsi dan daya tampungnya. Namun jangan salah, meski memiliki dimensi body yang lumayan gambot, manuver MPV ini tetap terasa mantap karena didukung oleh ground clearance yang pas, yakni 175 mm. Nissan sendiri mengaplikasikan konstruksi body monocoque yang akan memberikan kenyamanan meski melewati jalanan bergelombang.

Kemudian untuk mendukung stabilitas berkendara, Evalia sudah dibekali dengan sistem suspensi berkualitas McPherson Strut dengan tambahan stabilizer untuk suspensi depan serta Smart Comfort Suspension System untuk suspensi bagian belakang. Keberadaan suspensi kelas satu tersebut akan memberikan peredaman yang cukup halus sehingga kenyamanan penumpang dan pengemudi tetap terjaga.

Lalu untuk sektor pengereman, mobil ini dibekali dengan rem disk brake pada bagian depan dan juga drum brake untuk rem bagian belakang. Untuk Evalia tipe SV dan XV sudah disempurnakan dengan teknologi penegereman ABS dan EBD plus EBA.

Terakhir di bagian kaki-kaki, mobil ini mengusung ban dan velg berukuran 165/R14 yang mantap untuk melibas jalanan perkotaan maupun berkendara jarak jauh ke luar kota.

Mesin 1.5L DOHC Dual CVTC Jaminan Performa Handal dan Bertenaga

Inilah bagian yang terpenting yang tak boleh dilewatkan saat ingin membeli mobil. Untuk ruang dapur pacu, Nissan mengusung basis mesin yang sama dengan Nissan Juke lewat mesin berkode HR15DE berkapasitas 1.498 cc. Mesin yang tertanam pada MPV buatan Nissan ini merupakan mesin jenis DOHC 4 silinder segaris 16 katup, Dual CVTC yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 PS pada putaran 5.600 rpm serta torsi maksimum 143 Nm pada putaran 4.00 rpm.

Selain itu, mesin mobil ini juga sudah dirancang oleh pabrikan dengan penempatan mesin yang didesain secara Front-mounted Engine yang terbukti mampu memaksimalkan kinerja mesin dan memudahkan perawatan berkala.

desain nissan evalia

Selain itu, teknologi tinggi pada mesin yang disemakan di mobil ini mampu memberikan performa yang halus dan kenyamanan maksimal kepada pengguna. Untuk segmen medium MPV, tenaga yang dihasilkan oleh mesin racikan Nissan ini merupakan salah satu mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Selain itu, pada mobil ini juga sudah didukung dengan Electronic Power Steering untuk memberikan kenyamanan berkendara.

Baca juga: Kenalan Lebih Dalam dengan Nissan Juke Keluaran Terbaru

Lalu untuk transmisi penggeraknya sendiri, Evalia dibagi menjadi dua transmisi penggerak yaitu manual empat percepatan dan otomatis empat percepatan yang semuanya berpenggerak roda depan. Jika melihat karakter mesin yang disematkan pada mobil ini, Evalia memang sangat cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan medan jalan medium, namun juga tak memungkiri bahwa mobil ini sangat cocok juga untuk penggunaan di kota besar dengan jarak tempuh pendek.

Bagaimana menurut Anda spesifikasi seri Evalia, sudah sesuai dengan harapan Anda sebagai mobil keluarga?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.