Nissan Murano, SUV Premium yang Siap Bersaing di Pasaran

Berita

Nissan Murano mungkin bukan yang terbaik di segmen SUV premium tanah air. Tapi, setidaknya spesifikasi yang dimiliki mobil ini sudah cukup untuk bersaing.

Bicara soal mobil SUV, rasanya tidak akan ada habisnya. Hal ini tak lepas dari banyaknya jenis SUV yang dirilis dari beragam pabrikan mobil yang ada di Indonesia. Tak heran jika persaingan ketat merupakan pemandangan yang lazim di segmen satu ini.

Siapa yang dapat merilis SUV sesuai dengan kebutuhan pasar, maka mobil itulah yang menang. Itulah yang sedang diupayakan oleh Nissan untuk bersaing di segmen SUV dengan merilis mobil SUV premium bernama Nissan Murano. Seberapa hebat mobil untuk dapat bersaing di tengah lautan segmen SUV di tanah air? Berikut spesifikasi lengkapnya untuk Anda.

Baca juga: Cara Hitung Premi Asuransi All Risk dan TLO

Tampilan Luar Nissan Murano yang Elegan

Salah satu perubahan paling signifikan terletak pada desain eksteriornya. Ya, terlihat lebih fresh dan dibekali penambahan fitur menarik. V-Motion Grille yang sering ditemui pada model-model Nissan terbaru, ditampilkan pada wajah depannya. Ciri khas modern Nissan benar-benar terasa serta dipadu dengan fitur yang mengesankan, sebut saja lampu kabut dan lampu utama yang sudah didukung LED berpadu serasi menghiasi fascia depan SUV buatan Nissan ini.

mesin nissan murano

Sayangnya, kaca depannya tidak memenuhi kebutuhan visibilitas. Apalagi Bonnet depannya yang dikemas agak tinggi serta sedikit panjang, bisa membuat pengendara tidak bisa mengambil ancang-ancang parkir khususnya dari sisi depan. Diperlukan adaptasi yang cukup lama dengan mobil ini, sehingga bisa lebih memahami dan merasakan titik aman dari sisi depan.

Beralih ke bagian samping. Demi menghiasi bodi sampingnya, Nissan menerapkan tema Floating Roof yang dipertegas dengan Roof Rail beraksen krom. Desain tersebut langsung berdampak pada lekuk bodinya yang artistik dan sekaligus radikal. Tampilan tersebut sangatlah menarik, jauh dari kesan monoton. Tak lupa, terdapat juga dua pilihan ukuran pelek yang bisa dipilih yakni 18 inci atau 20 inci, sesuai selera dari peminatnya.

Merambah ke bodi belakangnya, LED Tail Lights berbentuk Boomerang juga diaplikasikan sehingga terlihat serasi dengan lampu depannya. Adapun bumper belakangnya yang berwarna hitam dibekali Dual Exhaust beraksen krom membuat aura kemewahan benar-benar terpancar. Dari segi eksterior, bisa dibilang mobil satu ini punya tampilan luar yang sangat elegan dan sangat mudah untuk membuat orang kepincut.

Sebelum menyimak lebih jauh mengenai mobil terbaru besutan Nissan ini, jangan lupa cari tahu mengenai asuransi kendaraan roda empat dari Futuready, ya!

Interior yang Tak Begitu Luas tapi Nyaman

Secara kualitas, kabin interior SUV premium buatan Nissan ini dikemas dengan sangat teliti dan memperhitungkan unsur kemewahan. Trim pada pintu serta kursi juga dirancang dengan bahan berkualitas, diklaim nyaman saat disentuh.

Baca juga: Nissan Evalia, Mobil MPV Paket Lengkap

Bahan kulit berkualitas yang membalut dashboard-nya menggunakan bahan serupa pada mobil besutan Infiniti. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Infiniti merupakan divisi langsung dari Nissan yang lebih menonjolkan produk mobil mewahnya. Sehingga, SUV premium seperti Murano ini mengaplikasikan bahan kulit yang sudah terkenal akan kualitasnya, belajar dari pengalaman Infiniti.

Dashboard mobil ini sudah dilengkapi beragam fitur, mulai dari audio berukuran 8 inci, AC Automatic Climate Control dan fitur lainnya. Meski terkesan mewah, tapi tak banyak fitur wadah pada kabinnya. Meski ada hanya beberapa, itupun berukuran kecil yang hanya mampu menampung handphone, kartu, dan benda kecil lainnya.

mobil nissan murano

Urusan setir sendiri sudah teratasi dengan baik. Beberapa tombol penunjang seperti tombol pengaturan audio hingga koneksi telepon sudah disematkan. Tentu hal ini bisa menambah aspek kemudahan dari segi pengendara. Tak lupa juga, panel Multi Information Display (MID) sudah didukung konfigurasi digital.

Sekilas melihat sosoknya dari luar, kabin mobil ini terasa sangat luas, tak demikian pada kenyataannya. Hal ini bisa dibuktikan pada ruang kaki pada bangku deret depan yang terkesan cukup sempit, tak memberi perasaan leluasa bagi pengendara.

Kekurangan tersebut setidaknya terobati apabila sudah menduduki kursinya. Dalam hal ini, Murano menggunakan bahan kulit Semi-Aniline yang dihias apik dengan corak desain mirip berlian. Nuansa mewah serta elegan menjadi sajian utama ketika memasuki kabinnya.

Dilengkapi dengan Cukup Banyak Fitur Keselamatan dan Hiburan

Di Amerika, Murano dijual dalam beberapa varian yakni tipe S, SV, SL dan Platinum. Namun perlu diketahui bahwa fitur paling lengkap didapati pada Murano tipe Platinum saja. Dua fitur standar yang ditemui adalah Rear Door Alert dan Intelligent Driver Alertness. Kedua fitur ini mampu membaca pola berkendara dari penggunanya, jika potensi kantuk tiba maka notifikasi audio akan aktif seketika. Cukup canggih untuk sebuah SUV bertaraf Premium.

Fitur keselamatan pada SUV premium ini tampil sangat lengkap sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan dan parahnya kondisi penumpang ketika kecelakan. Jika sistem mendeteksi Anda mengantuk atau kelelahan, akan terdapat notifikasi pada layar MID di balik kemudi setirnya

Mobil satu ini pun sudah menghadirkan segudang fitur keselamatan yang mengesankan, sebut saja Blind Spot Warning (BSW), Intelligent Forward Collision Warning (I-FCW), Automatic Emergency Braking dengan Pedestrian Detection (PAEB) hingga Intelligent Cruise Control (ICC). Setiap fitur tersebut mampu memberi perasaan lebih aman saat berkendara.

Beralih ke fitur hiburannya. Cara melihat apakah fitur hiburan suatu mobil tergolong praktis atau tidak, umumnya dinilai berdasarkan kemampuan audionya. Murano menghadirkan layar berukuran 8 inci Touchscreen yang sudah didukung format Apple CarPlay dan Android Auto. Menariknya, kedua format audio paling modern tersebut sudah tersedia di semua variannya.

Fitur pembeda paling signifikan terletak pada Power Panoramic Moonroof yang hanya didapati pada Murano Platinum, varian tertingginya. Hal ini tak didapati pada tipe Murano lainnya. Selain mampu memperkuat nuansa mewah pada kabinnya, fitur tersebut mampu memberikan keleluasaan bagi penumpang untuk menikmati pemandangan alam dari atapnya.

Dapur Pacu yang Cukup Gahar

desain nissan murano

Mesin mobil ini masih bergantung pada kapasitas 3.5 Liter 24 katup DOHC V6. Daya yang dihasilkan mesinnya mampu mencapai 260 HP pada putaran 6.000 Rpm dipadu torsi puncak sebesar 240 Lb.ft setara 4.400 Rpm.

Jika bicara soal kenyamanan, mobil SUV ini sudah cukup mumpuni, mengingat transmisinya menggunakan XTRONIC CVT. Pergantian giginya diklaim sangat mulus serta responsif sehingga sungguh sangat nyaman dikendarai di area perkotaan.

Itulah rangkuman dari spesifikasi seri Murano. Apakah mobil satu ini membuat Anda tertarik untuk memilikinya atau justru sebaliknya?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Tidak Resmi?

Comments are closed.