Prosedur Pembatalan Tiket Pesawat, Begini Caranya!

Berita

Pembatalan tiket pesawat dapat lakukan beberapa prosedur yang ditetapkan oleh maskapai, jika masih memungkinkan kemungkinan refund atau reschedule juga bisa dilakukan.

Merencanakan sebuah perjalanan memang biasanya sudah direncanakan dengan matang, apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan untuk liburan. Namun, kondisi tertentu yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi secara mendadak hingga rencana penerbangan harus dibatalkan. Dalam kondisi seperti ini, alasan kecewa berat yang biasanya banyak dialami adalah karena tiket pesawat yang sudah ditangan.

Kekecewaan ini semakin terasa ketika Anda ternyata memanfaatkan promo bulanan maskapai yang biasanya tiket pesawat harus didapat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk menghindari kerugian tentu Anda harus melakukan pembatalan tiket dengan cara refund. Bagi Anda yang belum berpengalaman untuk hal ini, berikut simak penjelasan mengenai prosedur pembatalan tiket pesawat sekaligus cara refund-nya.

Baca juga: Cara Jitu Mendapatkan Promo Tiket Pesawat

Alasan Pembatalan Tiket Pesawat

Selain beberapa alasan pribadi, pembatalan penerbangan juga bisa dikarenakan faktor dari pihak maskapai. Anda seringkali dengar pihak maskapai membatalkan penerbangan untuk alasan tertentu, seperti perubahan operasional maskapai, masalah teknis, juga masalah cuaca.

prosedur pembatalan tiket pesawat

Untuk alasan pribadi, pembatalan dapat dianggap hangus atau pengembalian uangnya terpotong sebagian sesuai dengan ketentuan pihak maskapai. Dalam istilah penerbangan ini disebut sebagai pembatalan tiket pesawat. Namun bila faktor tidak jadi terbang tersebut karena pihak maskapai yang memberitahukannya kepada calon penumpang, misal melalui sms ke telepon selular atau email, maka pihak maskapai umumnya akan memberikan solusi dari proses pembatalan ini.

Maskapai akan memberikan beberapa alternatif solusi, apakah uang tiketnya ingin dikembalikan atau mau dialihkan ke jadwal penerbangan lainnya. Umumnya dalam istilah penerbangan, pembatalan tiket jenis ini disebut refund dan reschedule. Refund berarti tiket dibatalkan, dan reschedule seperti artinya dalam bahasa Indonesia, yaitu penjadwalan ulang dari jadwal penerbangan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Tiket Pesawat

Cara Membatalkan Tiket Pesawat

Jika Anda membeli tiket pesawat melalui website maskapai maka pembatalan atau refund/reschedule dapat dilakukan langsung di kantor maskapai di masing-masing kota.

Anda harus tahu bahwa pembatalan tiket pesawat atau refund/reschedule tidak dapat dilakukan di bandara. Dulu calon penumpang dapat mengurus ini di kantor penjualan tiket di bandara, namun karena sekarang ini konter penjualan tiket di bandara tidak diperbolehkan maka Anda hanya dapat melakukan pembatalan atau refund/reschedule tiket pesawat di kantor maskapai. Atau bila Anda tak memiliki banyak waktu, Anda dapat melakukan pembatalan atau ganti jadwal penerbangan dengan menghubungi Call Center maskapai yang biasanya berada di kota Jakarta. Dan hal ini umumnya banyak disarankan oleh pihak maskapai.

Apabila Anda membeli tiket pesawat melalui agen maka Anda hanya akan berurusan dengan si agen tiket. Pihak agen tiket pesawat ini yang nantinya akan berurusan ke pihak maskapai. Jangan lupa, dalam melakukan pembatalan atau refund/reschedule ini sebaiknya Anda menunjukkan print out itinerary tiket beserta tanda pengenal yang digunakan saat membeli tiket pesawat.

Ketentuan Pembatalan Tiket

Pembatalan yang dikarenakan oleh pihak maskapai akan diberikan refund tiket secara penuh, dalam artian pengembalian uang tiket 100% sesuai mata uang rupiah/dolar yang telah Anda bayarkan. Akan tetapi, proses refund ini memakan waktu kurang lebih selama 1 hingga 2 bulan dari tanggal pembatalan. Lain halnya jika Anda melakukan pembatalan tiket Anda sendiri. Untuk pembatalan tiket berdasarkan keinginan penumpang sendiri, biasanya maskapai hanya akan mengganti 50% dari total harga tiket yang Anda bayarkan, bergantung pada berapa jam sebelum hari keberangkatan. Waktu paling aman dalam pembatalan tiket supaya tiket Anda tak dianggap hangus adalah 48 jam sebelum keberangkatan.

prosedur pembatalan tiket pesawat

Apabila Anda hanya ingin reschedule, umumnya Anda akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Biaya administrasi ini didasarkan pada suasana low atau peak season. Calon penumpang yang reschedule saat suasana low season, umumnya akan menambah biaya yang tak banyak. Namun apabila suasana penerbangan saat peak season, maka Anda harus menambah biaya yang lebih besar bahkan terkadang bisa setara dengan membeli tiket baru.

Yang menjadi catatan paling penting untuk kedua proses pengembalian tiket ini adalah proses refund/reschedule tiket umumnya dapat dipengaruhi oleh kelas tiket. Apabila penumpang memesan kelas bisnis misalnya, maka semakin mudah urusannya. Berbeda sekali dengan kelas tiket di bawahnya. Bahkan tiket jenis promo umumnya pada maskapai tertentu tidak bisa dibatalkan dan diubah jadwal. Artinya jika tidak jadi berangkat maka tiket hangus.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Panduan Cara Naik Pesawat yang Benar

Prosedur Pembatalan Tiket

Umumnya, seluruh tiket yang telah dibayar oleh calon penumpang bisa dilakukan proses pembatalan dan refund/ reschedule. Namun dalam proses tersebut tentu saja bersyarat, seperti syarat atau prosedur berikut ini:

  • Tiket yang ingin dibatalkan dan refund/reschedule bukanlah tiket promo ataupun tiket yang bersifat fixed date. Namun sekarang ini, beberapa airlines telah memberlakukan ketentuan yang berlawanan dengan ketentuan ini, yakni tiket promo dapat di re-booklagi sesuai dengan validitas tiket promo tersebut. Misalnya saja maskapai Lion Air dimana tiket promo dapat di-refund dan tidak hangus.
  • Perubahan jadwal pada tiket tersebut masih dalam waktu validitas tiket.
  • Jika terjadi selisih harga lama dengan harga baru, maka penumpang harus membayar selisih harga tersebut.
  • Membayar biaya administrasi (besaran biaya administrasi ini bergantung pada maskapai masing-masing).
  • Syarat syarat lain tergantung masapai masing masing.

Regulasi Pembatalan Tiket

Pembatalan dan refund tiket pesawat di Indonesia telah dipayungi beberapa peraturan seperti Undang-undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara, dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 77 tahun 2011 ini telah diarahkan bagaimana tanggung jawab para maskapai penerbangan bila ada pembatalan penerbangan, berikut aturan lengkapnya:

Pasal 12 ayat [1] dan ayat [2]

Saat terjadi pembatalan penerbangan, maskapai memiliki kewajiban untuk memberitahukan kepada penumpang paling lambat 7 (tujuh) hari kalender sebelum pelaksanaan penerbangan. Dan calon penumpang berhak untuk mendapatkan uang tiket yang telah dibayarkan.

Pasal 12 ayat [3] dan Pasal 10 huruf b dan huruf c

prosedur pembatalan tiket pesawat

Apabila pemberitahuan mengenai pembatalan penerbangan dilakukan kurang dari 7 hari, maka penumpang berhak mendapatkan ganti kerugian sebagai berikut:

  • Diberikan ganti kerugian sebesar 50% dari Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) apabila pihak maskapai menawarkan tempat tujuan lain yang terdekat dengan tujuan penerbangan akhir penumpang (rerouting). Dan pihak maskapai wajib menyediakan tiket penerbangan lanjutan atau menyediakan transportasi lain sampai ke tempat tujuan jika tak ada moda transportasi selain angkutan udara.
  • Apabila dialihkan ke penerbangan berikutnya atau penerbangan milik Badan Usaha Niaga Berjadwal lain, penumpang akan dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (up grading class). Namun bila terjadi penurunan kelas atau sub kelas pelayanan, maka penumpang wajib diberikan sisa uang kelebihan dari tiket yang dibeli.

Pasal 23

Pasal 23 berbunyi “Besaran ganti kerugian yang diatur dalam peraturan ini tidak menutup kesempatan kepada penumpang, ahli waris, penerima kargo, atau pihak ketiga untuk menuntut pengangkut ke pengadilan negeri di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau melalui arbitrase atau alternative penyelesaian sengketa lain sesuai ketentuan peraturan perundangundangan”. Ini berarti penumpang yang merasa dirugikan dengan keterlambatan penerbangan dapat mengajukan gugatan ganti kerugian terhadap pihak maskapai ke pengadilan negeri setempat.

Jadi, apabila Anda berada pada kondisi darurat dan harus melakukan pembatalan tiket penerbangan, Anda tak perlu lagi khawatir merugi terlalu banyak. Upaya refund atau reschedule bisa Anda lakukan selagi kondisinya masih memungkinkan.

Comments are closed.