7 Pesawat Jet Pribadi Termahal, Intip Siapa Pemiliknya

Berita

Dari Boeing 757 – Trump Force One hingga Superjumbo Jet –  Prince Alwaleed bin Talal al-Saud yang dibandrol 7 triliun. Inilah 7 pesawat jet pribadi paling mahal beserta pemiliknya.

Pesawat jet pribadi, di Indonesia belum banyak tokoh atau pengusaha memilikinya. Harga mahal dan minimnya bandara yang dapat memfasilitasi jet pribadi jadi alasannya. Padahal banyak orang Indonesa sanggup memilikinya. Waktu penerbangan yang fleksibel, kenyamanan di dalam kabin pesawat dan eksklusifitas jadi alasan mengapa para miliarder membeli pesawat mahal.

Jet pribadi berukuran besar menawarkan sejumlah fasilitas seperti tempat tidur, dapur lengkap, kamar mandi dengan pancuran, ruang konferensi, akses internet, dan komunikasi satelit. Anda juga dapat mendesain ulang kabin pesawat sesuai keinginan. Sultan Brunei misalnya memasang wastafel emas padat di kamar mandi jet pribadinya.

Lalu ada berapa siapa saja tokoh dunia yang memiliki jet privat? Berikut adalah daftar jet pribadi termahal didunia beserta pemiliknya:

Baca juga: Sebelum Terbang, Pilih Kursi Terbaik di Pesawat Favorit Anda!

8 Pesawat Jet Pribadi Termahal Di Dunia

Boeing 757 – Trump Force One – 1,4 Triliun

pesawat jet pribadi

Merupakan jet pribadi milik presiden AS saat ini Donald Trump. Salah satu yang menarik dari Boeing 757 adalah kokpit kaca dengan layar komputer besar yang menampilkan info penerbangan. Ini memiliki fitur pengecekan diri sendiri yang memberi tahu pilot tentang masalah pesawat.

Boeing 757 juga disinyalir jadi salah satu yang tercepat didunia, dengan kecepatan maksimal lebih dari 500 mil per jam ditenagai oleh dua mesin turbofan Rolls-Royce RB211 yang dapat membuatnya bertahan selama 16 jam. Boeing 757 reguler dapat menampung hingga 200 orang, tetapi Trump telah merenovasi pesawatnya untuk menampung hanya 23 penumpang.

Selain dari dua kamar tidur, pesawat pribadi ini  memiliki ruang tamu pribadi, ruang makan, dan ruang video dengan sistem bioskop, untuk sekali Trump menghabiskan USD 10.800 atau sekitar Rp 156juta untuk kebutuhan bakar bakar dan penyediaan fasilitas tambahan.

Gulfstream III – Tyler Perry – Rp 1,7 Trilun

Ruang tiga puluh delapan meter kubik pesawat ini telah dikonversi menjadi rumah bagi beberapa ruang tontonan layar lebar serta ruang makan formal dan dapur khusus yang lengkap. Gulfstream III didorong oleh dua mesin Rolls Royce Spey Turbofan yang memungkinkan jet melesat dengan daya jelajah maksimum 903 km / jam. Gulfstream III khusus milik Tn. Perry juga menawarkan jangkauan terbang 7.402,98 kilometer.

Dilengkapi dengan kamar tidur dan kamar mandi VIP pribadi. Selain sebagai salah satu jet pribadi paling mahal di dunia, Gulfstream III dari Tyler Perry juga memiliki tempat yang unik namun menyedihkan dalam sejarah musik, karena digunakan untuk mengangkut tubuh superstar Whitney Houston setelah kematiannya yang tragis.

Boeing 747-81 VIP- Joseph Lau – Rp 2,2triliun

Adalah Joseph Lau Taipan Properti asal Hongkong yang memiliki jet pribadi ini, ia membeli pada 2007 lalu. Katanya The 747-8 adalah salah satu model Boeing yang paling sukses. Ada kamar mandi lengkap, ruang tamu pribadi, kamar utama dengan pemandangan yang menakjubkan, kabin tamu dengan kamar mandi pribadi, dan kantor pribadi.

Fasilitas lainnya termasuk TV layar lebar, meja rendah, dua ruang tamu dengan sofa, ruang makan untuk 14 tamu, dan ruang rapat besar. Pesawat yang luar biasa ini dapat mencapai kecepatan sekitar 645 mil per jam pada penerbangan 9.200 mil.

Baca  juga: Jetstar Airlines, Maskapai Murah Berkualitas

Boeing 767- 33A – Roman Abramovich- Rp 2,3 Triliun

Siapa tak kenal dengan Abramovich? Pemilik klub besar Liga Inggris Chelsea ini adalah pria terkaya di Rusia dan Israel. Tak heran ia memiliki jet pribadi yang ia berinama The Bandit. Harganya bisa untuk membeli ratusan rumah subsidi di Indonesia. Sebenarnya dari penampakan luar atau body Boeing 767- 33A kesannya biasa-biasa saja.

Namun Anda akan terkejut dengan bagian dalamnya yang sangat mewah. Interiornya dilapisi kayu chestnut dan emas. Daya tampungnya mencapai 300 orang dengan ruang makan yang dilengkapi dengan 30 tempat duduk.

Boeing 747-430 – Sultan Hassanal Bolkiah – Rp 3,7triliun

pesawat jet pribadi

Pemimpin Brunei Darussalam yang dikenal kaya raya, membuktikan bahwa kekayaannya bukan hanya isapan jempol dengan membeli pesawat jet pribadi Boeing 747-400 dengan harga USD 223 juta alias Rp 3,17 triliun. Pesawat ini dilengkapi dengan furnitur berlapis emas dan diyakini sebagai salah satu pesawat paling mewah di dunia. Dilansir dari Daily Mail kabarnya pesawat ini juga menampung enam pesawat kecil dan dua helikopter.

Sebagai salah satu raja terlama di dunia yang menduduki takhta pada tahun 1967, Sultan memiliki kekayaan pribadi sebesar USD 40 miliar (Rs 218.200 crore). Dia dilaporkan memiliki sekitar 6.000 mobil. Konon istananya memiliki 1.788 kamar dan ia juga membangun masjid dengan sentuhan emas dan berlian. Baginya, harga pesawat ini terbilang biasa saja.

strong Airbus A340-300 – Alisher Usmanov – Rp 3-7triliun

Miliarder Alisher Usmanov, salah satu pengusaha terkaya di Rusia. Dalam konfigurasi komersialnya, Airbus A340-300 dapat menampung lebih dari 300 penumpang dan memiliki kecepatan tertinggi 567 mil per jam dan jangkauan 8.512 mil. Jet pribadi Usmanov, dinamai Bourkhan, memiliki empat mesin dan jangkauan ultra-panjang yang mampu menerbangkan setiap rute udara di planet ini.

Sementara informasi tentang interior tidak tersedia, pesawat diketahui telah mengalami retrofit yang luas dengan penambahan VIP yang bahkan melampaui Ilyushin II-96 Presiden Vladimir Putin. Versi originalnya dijual dalam rentang harga Rp 3 trilun, namun untuk versi premiumnya banderolnya bisa dua kali lipat yakni dimulai Rp 7triliun.

Airbus A380 Superjumbo Jet –  Prince Alwaleed bin Talal al-Saud– Rp 7,2 triliun

Airbus A380 adalah pesawat double-deck, berbadan lebar dengan empat mesin. Pesawat pangeran Saudi mencakup ruang shalat yang berputar sehingga selalu menghadap Mekah, kandang kuda dan unta, dan garasi untuk mobil. Berkapasitas total 525 orang dalam konfigurasi tiga kelas dan 850 dalam konfigurasi satu kelas. Pesawat ini mengalami kecelakaan pada 4 November 2010 dalam penerbangan dari Shanghai ke Sydney ketika salah satu mesinnya mengalami masalah yang memaksa pilot untuk mendarat di Singapura. Untungnya, tidak ada cedera pada kru atau penumpang.

 

Itulah 7 pesawat jet pribadi termahal beserta pemiliknya. Tentu bagi para taipan dan konglongmerat kehadiran pesawat mahal bukan hanya menunjang aktifitas namun juga sebagai identitas diri. Bila Anda berminat memiliki salah satunya, perlu diingat yang harus disiapkan bukan hanya modal pembelian namun juga biaya perawatan dan bahan bakar yang tak murah.

Baca juga: 5 Daftar Kapal Pesiar Mewah di Dunia yang Sangat Menakjubkanpesawat jet pribadi

 

Comments are closed.