Porsche Taycan, Sedan Listrik Paling Cantik di 2020

Berita

Porsche Taycan adalah generasi pertama Porsche dalam industry mobil listrik. Punya kecepatan diatas rata-rata namun didukung dengan pengisian daya begitu cepat, membuatnya cocok dijadikan tunggangan didaerah perkotaan.

Maraknya trend elektrifikasi didunia otomotif mendorong salah satu produsen mobil premium dunia Porsche melahirkan sedan listrik andalannya Porsche Taycan. Ini adalah garapan baru Porsche untuk menjawab tantangan para fansnya mengenai mobil sport listrik yang kini terus populer.

Awalnya Taycan ini hanyalah mobil konsep yang diperkenalkan ke public dalam ajang Frankfurt International Motor Show 2015. Nyatanya Porsche terus melakukan riset dan pembaharuan hingga akhirnya menelurkan Porsche Taycan di akhir tahun 2019. Lantas seperti apa spesfikasi dari mobil sport listrik premium ini?

Spesifikasi Porche Taycan

desain porsche taycan

Porsche Taycan 2020 (diucapkan tie-kahn) menghadirkan akselerasi luar biasa, penanganan presisi, dan gaya agresif. Ada tiga varian untuk seri Taycan ini yakni 4S yang menghasilkan 522 tenaga kuda atau 563 tenaga kuda, Turbo menghasilkan 670 tenaga kuda, dan ratchet Turbo S dengan 750 tenaga kuda.

Baca juga: Mobil Polisi Tercepat di Dunia, Pernah Lihat Langsung?

Setiap model menawarkan penggerak semua roda menggunakan motor listrik depan dan belakang. 4S memiliki baterai 79,2-kWh dan menawarkan baterai 93,4-kWh sebagai pilihan, sedangkan model Turbo dilengkapi baterai yang lebih besar.  Taycan adalah kendaraan listrik produksi pertama yang menggunakan transmisi dua kecepatan dan sistem listrik 800 volt, yang memungkinkan akselerasi yang lebih cepat dan waktu pengisian daya yang lebih pendek.

Bisa dibilang Taycan adalah penantang pertama untuk Tesla Model S. Namun Porsche dibuat lebih sempurna karena bukan hanya mengedepankan kecepatan namun juga interior yang nyaman dan terbarukan. Seri Taycan 2020 akan dilengkapi dengan turbo yang menjadikannya paling mahal, paling kuat, dan berkinerja terbaik.

Desain Interior Taycan

Mengingat garis atap Taycan yang rendah dan ramping, bagian interiornya secara mengejutkan menampilkan kesanluas. Porsche tidak terasa seperti Tesla Model S yang terkesan sempit. Taycan ini punya luas interior sampai 6 kaki sehingga kursi bagian depan dan belakang tetap nyaman.

Sementara pada bagian kursinya, desain jok pada Taycan ini sudah menggunakan material leather-free. Ada dua jenis jok yang digunakan yakni 14-way adjustable seat dan 18-way adjustable seat with narrow headrest. Tambahan teknologi motor elektrik yang ringkas, membuat bagian bagasi Taycan ini luas dengan kapasitas 81 liter dan 366 liter untuk bagasi belakang.

Jangan kaget ketika melihat bagaimana keseluruhan mobil ini sangat digital. Porsche sejak awal memang ingin menjadikan Taycan sebagai produk mobil futuristik unggulannya.

interior porsche taycan

Hal tersebut Nampak dari display yang terdapat pada bagian interior. Ada tiga display touchscreen (10.9 inci Central Display & Front Passenger Display, 8.4 inci Centre Console Panel w/ Direct Touch Control),  yang bisa dipakai oleh pengemudi dan penumpang depan untuk mengatur berbagai fitur yang ada didalam kabim. Semua fitur ditampilkan secara digital, dan di sisi-sisi layar terdapat control panel touchscreen untuk fitur lightning dan chassis control.

Bisa dibilang Porsche ini lebih unggul dari sisi desain disbanding pesaingnya. Mobil listrik yang identic dengan kompartemen berat dan besar tak Nampak pada Taycan. Sebaliknya, ia justru Nampak seperti mobil sport pada umumnya yang ramping. Namun jangan salah, meski terlihat langsing nyatanya Taycan punya berat mencapai 1.200 pound lebih.

Infotainment dan Konektivitas

Taycan hadir standar dengan radio satelit SiriusXM, konektivitas Bluetooth, dan kompatibilitas Apple CarPlay. Taycan juga mobil pertama yang menawarkan dukungan Apple Music asli, yang memungkinkan pelanggan Apple Music untuk menghubungkan musik langsung dari sistem infotainment mobil tanpa memasangkan telepon.

Baca juga: Daftar Mobil Jerman Terbaik, Ada Milik Anda?

Sayangnya, Porsche tidak mendukung integrasi Android Auto. Kokpit tiga layar standar mencakup panel instrumen kaca melengkung, layar sentuh infotainmen utama, dan layar sentuh sekunder yang mengontrol fungsi iklim dan berfungsi ganda sebagai touchpad seperti laptop juga jadi kejutan lain. Jika itu tidak cukup layar untuk Anda, Anda bisa menambahkan layar tambahan yang bisa ditambahkan pada panel kaca keempat di dasbor di sisi kanan mobil.

Fitur Keselamatan dan Bantuan Driver

Seri Taycan dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudi seperti pengereman darurat otomatis, peringatan tabrakan ke depan, dan bantuan pemeliharaan jalur sebagai standar. Opsi a la carte Porsche termasuk fitur kenyamanan dan keselamatan tambahan seperti kontrol pelayaran adaptif (dikenakan biaya tambahan), sensor parkir depan dan belakang (dikenakan biaya tambahan), dan pemantauan blind spot (dikenakan biaya tambahan).

Beberapa fitur tambahan lain adalah fitur Porsche InnoDrive incl. Adaptive cruise control (ACC), Active Lane Keeping, Traffic Jam Assist, Lane Change Assist, Night Vision Assist, Surround View, dan Park Assist. Juga Anda bisa menambahkan fitur Porsche InnoDrive dengan biaya tambahan, sebagai bentuk lanjutan dari cruise control adaptif. Fitur keamanan utama meliputi:

  • Peringatan tabrakan maju standar dan pengereman darurat otomatis
  • Bantuan pemeliharaan jalur standar
  • Tersedia pemantauan blind-spot

Jaminan dan Cakupan Perawatan

Cakupan garansi Porsche setara dengan mobi-mobil kelas mewah dan di antara kendaraan listrik lainnya . Baterai opsional 93,4-kWh Taycan dijamin untuk mempertahankan setidaknya 70 persen dari kapasitasnya selama delapan tahun atau saat mencapai jarak 100.000 mil. Sementara beberapa pembuat mobil menawarkan jaminan yang sama, tidak ada yang menawarkan garansi baterai tegangan tinggi yang lebih baik dari Porsche.

Jika disimpulkan berikut ini adalah jaminana garansi yang bisa Anda dapatkan

  • Garansi terbatas mencakup 4 tahun atau 50.000 mil
  • Garansi baterai bertegangan tinggi mencakup 8 tahun atau 100.000 mil

Harga Porsche Seri Taycan

spesifikasi porsche taycan

Membicarakan harga Porsche sebagai mobil mewah, sudah pasti harganya tidak jauh beda dengan mobil-mobil listrik pada umumnya. Sudah disebutkan diatas bahkan seri Taycan tersedia dalam tiga varian yakni 4S, Turbo dan Turbo S. Berikut adalah rincian harganya:

4S: $ 105.150 atau dijual sekitar Rp 1,4 M

Turbo: $ 152.250 atau sekitar Rp 2M

Turbo S: $ 186.350 atau sekitar  Rp 2,5 M

Baca juga: Mobil Balap Tercepat di Dunia Saat Ini, Mana Favorit Anda?

Harga tersebut belum termasuk pajak dan lain-lain, sehingga ketika sampai di Indonesia mungkin harganya bisa jauh lebih tinggi. Sebagai masukan seri 4S adalah produk yang paling jadi incaran, bukan karena harganya paling murah melainkan karena banyak yang mengakui bahwa seri 4S jauh lebih cepat dan cenderung memberikan jangkauan lebih dengan sekali pengisian daripada model Turbo pricier.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.