Harus Bangga! Ini Produk Asli Indonesia yang Terkenal di Dunia

Berita

Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga karena ada beberapa produk asli Indonesia yang namanya sukses mendunia. Kira-kira produk apa saja itu?

Jangan hanya menganggap bahwa Indonesia tidak memiliki prestasi yang dibisa dibanggakan. Jika Anda terus mengikuti perkembangan dunia, ada banyak sekali prestasi yang diraih Indonesia hingga saat ini. Mulai dari kanca pemerintahan, para atlet yang suskes mengharumkan bangsa Indonesia, hingga berbagai produk asli Indonesia yang sukses mendunia.

Di zaman modernisasi ini, pengaruh budaya luar semakin menjamur. Mulai dari gaya hidup hingga tanpa sadar Anda sudah tersihir dengan produk-produk impor yang mungkin setiap hari Anda pilih. Sementara orang Indonesia sibuk dan asyik menikmati produk-produk asing, di negara lain justru sebaliknya. Mereka bangga dan mencintai produk-produk yang asli dari Indonesia. Selain sukses di negara sendiri, berikut ini beberapa produk Indonesia yang namanya sangat terkenal di negara lain.

Baca juga: Mobil Buatan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Produk Asli Indonesia yang Namanya Mendunia

Indomie

Jargon “Indomie Seleraku” pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia. Produk yang diproduksi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini sukses bersaing dengan produk mie instan lainnya dan terbukti selama puluhan tahun, masyarakat tidak pindah ke lain hati.

Sejak 1972, perusahaan ini diketahui telah aktif menyuplai Indomie bahkan sampai menguasai semua pasar makanan instan dengan berbagai varian rasa. Untuk meningkat kepuasan konsumen, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk terus berinvasi dalam mencari varian-varian baru yang tentunya akan disukai oleh seluruh kalangan.

Tolak Angin

Lain Indomie, lain juga Tolak Angin. Salah satu obat herbal untuk masuk angin ini diproduksi oleh PT Sido Muncul. Meskipun awalnya orang asing tidak mempercayai istilah dari masuk angin, tetapi obat herbal ini menjadi salah satu yang mereka favoritkan. Jamu cair pertama di Indonesia ini sudah ada sejak 1951. Mulai dari produksi pertama hingga saat ini resep yang dibuatnya tidak pernah berubah dan itu menjadi salah satu alasan masyarakat mencintai dan terus dipilih.

Kini, Tolak Angin semakin apik bersaing di kancah internasional dan sudah beredar negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat.

Kara

Selain Indomie, rupanya ada produk asli Indonesia juga yang telah dikenal dunia, nih. Sebut saja Kara yang masih menjadi merek top of mind di benak konsumen Indonesia sebagai produk santan instan. Kara yang merupakan singkatan dari Kelapa Rakyat, sukses mengekspor produk-produknya ke lebih dari 80 negara, lho.

Baca juga: Tradisi Pernikahan Unik di Indonesia, Ada Daerah Anda?

Eksistensi merek Kara selain produk santan siap pakai, sebenarnya telah lebih dulu masif di pasar global. Sebut saja produk Kara Coco 100% Coconut Water, Kara Coco Coconut Milk Drink, Kara UHT Coconut Cream, Kara Classic UHT Coconut Milk, Kara Coconut Milk/Cream, Kara coconut Cream Powder, hingga Kara Virgin Coconut Oil.

Kacang Dua Kelinci

Sejak 2011, kacang Dua Kelinci sudah menorehkan sejumlah prestasi. Mulai dari sponsor resmi klub sepak bola, hingga menjadi salah satu produsen makanan terintegrasi di Indonesia.

Produk yang dihasilkan pun tak sebatas kacang kulit saja, namun juga pilus, mixed nuts, sampai koro. Dari namanya yang semakin terdengar di berbagai negara ini, membuat kacang Dua Kelinci pun sukses menjadi kacang favorit masyarakat dari belahan dunia lain seperti Australia, China, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

Kopiko

Kopi berbentuk permen ini juga tak kalah populer di luar negeri. Kopiko terbuat dari biji kopi terbaik yang membuat rasanya begitu nikmat dan menjadi permen kopi yang masih dan terus disukai oleh masyarakat Indonesia.

Perlahan namun pasti, ketenaran Kopiko semakin tak bisa dipandang sebelah mata. Lewat permen kopinya itu, ada lebih dari 50 negara yang sudah berhasil ditembus Mayora Group.

Dari Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Meksiko, Arab Saudi, Polandia, sampai Afrika Selatan, permen yang memberi rasa dan efek sama dengan minum kopi itu kian diminati.

Nutrisari

Produk minuman jeruk ini pastinya sudah akrab di hampir semua lidah orang Indonesia. Tinggal seduh, siapa pun bisa menyicipi orange juice ala kafe dengan harga yang terjangkau.

Selain jeruk, berbagai macam buah lain pun sudah Nutrisari jadikan variannya. Jika Anda melancong ke luar negeri, Nutrisari mungkin tidak akan Anda temukan.

Bukan karena produknya yang tidak go international seperti produk asli Indonesia lainnya, tetapi Nutrisari yang diekspor ke luar negeri itu hanya diganti nama saja menjadi Nutri C.

Baca juga: Crazy Rich Indonesia: Total Kekayaannya Fantastik

J.Co Donuts & Coffee

J.CO Donuts merupakan waralaba asli Indonesia yang didirikan oleh Johny Andrean Group. Sosok yang lebih dikenal sebagai pemilik salon itu mendirikan J.Co pada 2005.

Banyak yang rancu dengan merek dagang ini, lantaran secara kualitas J.Co boleh dibilang melampaui saingannya terdahulu, seperti Dunkin Donuts dan Krispy Kreme.

Bahkan J.Co sempat hampir ‘dibajak’ oleh Malaysia, karena rasa donat produksinya yang begitu nikmat hingga menyedot banyak penggemar baru. Tidak hanya merajai negara sendiri, J.Co diketahui sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara lain, antara lain Singapura, Malaysia, bahkan China. Ada 11 cabang di Malaysia, 18 di Filipina, empat di Singapura, dan dua di China.

Itulah beberapa produk asli Indonesia yang namanya mampu bersaing dengan merek negara lain dan bahkan disukai oleh masyarakat dunia. Jadi, sebagai bangsa Indonesia alangkah baiknya bangga dan terus menggunakan produk Indonesia agar produksi-produksi produk tersebut punah.

Bisa jadi, ke depannya akan banyak merek baru yang bermunculan dan mengulang sukses merek-merek yang kami sebutkan di atas. Sebab, inovasi bisnis terus berjalan, dan sebagai generasi penerus kita harus terus mengembangkan produk-produk asli Indonesia di kancah internasional.

 

Comments are closed.