Halo Rekening Ponsel, Selamat Tinggal ATM!

Berita

Sudah lancar menggunakan rekening ponsel? Apa saja sih yang bisa Anda lakukan dengan teknologi perbankan satu ini?

Dulu, ATM dianggap sebagai alat transksi perbankan yang paling praktik. Sepertinya, predikat tersebut sekarang sudah digeser oleh rekening ponsel. Ini memang teknologi baru. Akan tetapi, diprediksi tidak akan lama lagi banyak orang yang bakal menggunakan teknologi perbankan yang satu ini. Dan Anda akan mulai mengatakan selamat tinggal pada ATM.

Sebenarnya rekening ponsel ini tidak hanya berfungsi sebagai ATM. Banyak sekali jenis transaksi yang bisa Anda lakukan. Hanya saja, untuk mempermudah orang agar tahu apa teknologi yang satu ini, Anda bisa jawab bahwa ini sama seperti ATM. Dan ini diprediksi bakal menjadi pengganti ATM.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Seputar Rekening Bersama

Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan?

Apa yang Anda bisa lakukan dengan rekening ponsel? Banyak sekali. Setidaknya, lima hal ini yang menjadi hal yang ditawarkan dari teknologi perbankan yang satu ini.

  1.      Transaksi di Mesin ATM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara yang paling mudah untuk menjelaskan apa itu rekening ponsel adalah dengan menjelaskan apa itu fungsi ATM. Kartu ATM itu bisa digunakan untuk menarik, menabung, dan transfer uang.

Dengan rekening ponsel, Anda tidak perlu lagi ke ATM dengan membawa kartu ATM. Lebih mudah dan praktis, tentunya.

  1.      Membayar Tagihan

Kartu rekening ini juga bisa Anda gunakan untuk membayar berbagai macam tagihan. Hampir semua tagihan bisa Anda bayar mulai dari tagihan kartu kredit, premi asuransi, angsuran bulanan, tagihan PDAM, tagihan internet, dan lain sebagainya.

Menariknya, Anda tidak perlu datang ke ATM untuk membayar tagihan tersebut. Cukup buka ponsel Anda. Lebih menghembat waktu dan tenaga, bukan?

  1.      Berbelanja dengen Rekening Ponsel

Memang tidak semua merchant sudah bekerja sama dengan rekening ponsel. Akan tetapi, sampai sekarang, merchant terkenal menerima pembayaran dengan rekening ini.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu berbelanja barang seperti biasa. Lalu, setelah selesai, Anda datang ke kasir. Sebutkan saja nomor ponsel Anda. Maka kasir akan memasukkan nomor ponsel Anda tersebut. Lalu, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Apa yang harus Anda lakukan? Balas SMS tersebut dengan menyebutkan PIN/m-bangking. Secara otomatis, belanjaan Anda sudah terbayar. Anda tidak perlu repot mengeluarkan kartu ATM atau bahkan mengeluarkan uang tunai dari dompet Anda.

  1.      Tidak Menyisakan Saldo

Anda pasti tahu jika Anda ingin menutup sebuah kartu ATM, Anda harus menyisakan saldo. Masing-masing bank memiliki peraturan sendiri. Ada yang harus menyisakan Rp20.000,00. Ada juga yang harus menyisakan hingga Rp100.000,00. Tergantung jenis kartu yang Anda pilih juga.

Hal ini tidak perlu Anda lakukan jika memiliki rekening ponsel. Anda tidak perlu menyisakan saldo. Anda bisa gunakan rekening ini hingga saldo minimal.

  1.      Sistem Keamaan Rekening Ponsel Lebih Bagus

Mungkin Anda bertanya mengenai sistem keamanannya. Anda pasti khawatir bagaimana jika ponsel Anda hilang. Bagaimana dengan uang yang ada di rekening ponsel Anda.

Tidak perlu takut. Uang Anda akan tetap aman dan tidak bisa diambil selama penemu ponsel Anda tidak tahu PIN dan passcode. Untuk itu, sebaiknya jangan simpan PIN dan passcode di hp.

Dengan mengetahui keunggulannya tersebut, apakah Anda semakin tertarik untuk memiliki rekening ponsel ini?

Baca juga: Apa Arti dan Manfaat VPN Tarumanegara?

Cara Mengambil Uang dari Rekening Ponsel di Mesin ATM

Salah satu keuntungannya, Anda juga tetap bisa melakukan penarikan uang tunai dari ATM dengan menggunakan rekening ini. Caranya sangat mudah. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Masuk ke ATM.
  2. Masukkan nomor ponsel Anda.
  3. Anda mendapatkan passcode di nomor ponsel Anda.
  4. Masukkan passcode tersebut.
  5. Tarik uang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Mudah, bukan? Menariknya lagi, dengan adanya rekening ponsel, Anda tidak perlu takut adanya modus scanning PIN ATM. Ini merupakan modus yang sering dilakukan oleh pembobol mesin ATM. Anda bisa terhindar dari hal tersebut karena Anda melakukan penarikan uang tidak dengan menggunakan ATM.

Sering lupa mengambil ATM saat di mesin ATM? Hal ini juga tidak akan terjadi lagi.

Baca juga: Segala Hal Seputar SMS Banking BRI yang Perlu Anda Ketahui

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ingin Punya Rekening Ponsel?

Setelah tahu fitur apa saja yang bisa Anda dapatkan, mungkin Anda ingin sekali segera memiliki rekening tabungan ini. Caranya mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi GoMobil. Lalu, lakukan registrasi.

Jika Anda nasabah CIMB, Anda langsung mengaktifkan rekening ini. Akan tetapi, jika Anda bukan nasabah CIMB, silakan datang ke kantor cabang CIMB terdekat untuk melakukan pendaftaran. Anda hanya perlu membawa KTP asli, fotokopi KTP, serta tuliskan nomor ponsel Anda. Pastikan ponsel Anda ada pulsa yang mencukupi untuk pendaftaran.

Untuk saat ini, hanya ponsel dengan operating system Android dan iOS saja yang bisa. Untuk Windows, aplikasi GoMobile ini belum tersedia.

Lalu, bagaimana cara mengisi atau top up? Anda bisa pilih beberapa opsi. Anda bisa menyetorkan sejumlah uang ke teller. Atau Anda bisa meminta transfer dari pemilik rekening ponsel lainnya. Transfer antar bank pun bisa. Jadi, Anda bisa mengisi dengan menggunakan bank lain.

Ada saldo maksimal yang diperbolehkan, yaitu Rp5.000.000 saja. Namun, bukan tidak mungkin jumlah maksimal ini akan naik ketika semakin banyak orang yang membutuhkan rekening ponsel.

Bagaimana dengan Anda? Untuk kenyamanan dan kecepatan bertransaksi, Anda sangat memerlukan rekening ponsel. Anda bisa pensiunkan kartu ATM Anda. Setiap kali ingin menarik uang atau melakukan transaksi, Anda tidak perlu menggunakan ATM. Semuanya ada di genggaman Anda, yaitu di ponsel atau smartphone Anda.

Comments are closed.