Waspada Risiko Berbahaya Saat Banjir Melanda

Berita

Curah hujan tidak menentu, bahkan mengakibatkan banjir di beberapa daerah Jakarta baru-baru ini. Waspadalah! Ketahui risiko berbahaya saat banjir melanda.

Mendengar kata hujan, pasti Anda tahu kalau di Jakarta kata itu pun akrab dengan kata banjir. Bencana alam satu ini memang selalu terasa dekat karena bisa terjadi di mana saja. Bahkan kota besar seperti Jakarta pun tak luput dari banjir seperti yang terjadi Januari 2013, melumpuhkan sebagian besar daerah di Jakarta. Baru-baru ini, tepatnya 27 Agustus 2016 silam, tidak ada yang menduga Kemang bisa dilanda banjir hingga menenggelamkan beberapa mobil. Selama ini jika hujan deras turun, Kemang memang tergenang, namun tidak sampai banjir. Kejadian ini tentu membuat banyak orang termasuk Anda terkejut, bukan?

Ada berbagai risiko berbahaya saat banjir melanda. Risiko ini tidak main-main dapat membuat Anda mengalami kerugian yang besar. Untuk itu ketahuilah beberapa risiko berbahaya saat banjir melanda, dengan begitu Anda bisa mempersiapkan diri agar terhindar dari risiko berbahaya ini.

risiko berbahaya saat banjir melanda

Lumpuhnya Sejumlah Ruas Jalan

Salah satu risiko berbahaya saat banjir melanda adalah lumpuhnya sejumlah ruas jalan. Banjir yang sangat parah membuat beberapa jalan terpaksa ditutup karena tidak bisa dilalui kendaraan bahkan orang. Jika memaksa ingin melaluinya, Anda cuma bisa mengandalkan gerobak atau perahu karet saja. Lumpuhnya sejumlah ruas jalan ini juga berakibat pada lumpuhnya perekonomian. Tentu saja karena karyawan dan segala kegiatan perkantoran terhenti karena karyawan tidak memiliki akses untuk bisa sampai ke kantor dan tidak bisa masuk kerja.

risiko berbahaya saat banjir melanda

Tidak Bisa Tinggal di Rumah untuk Sementara

Jika Anda tinggal di perumahan yang rawan banjir, maka bersiaplah untuk tidak bisa tinggal di rumah untuk sementara waktu. Banjir yang masuk ke rumah tentu membuat Anda tak bisa tinggal di dalamnya. Meskipun ada lantai dua, namun arus listrik harus diputus karena sangat berbahaya bagi keselamatan. Anda tak akan bisa melakukan apa-apa dan terpaksa harus mengungsi.

BACA JUGA: Jangan Lupa 3 Hal Ini Saat Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

risiko berbahaya saat banjir melanda

Rusaknya Barang-barang Berharga

Barang-barang berharga baik mobil sampai surat-surat berharga punya risiko besar untuk rusak. Mobil yang terendam otomatis akan mengalami kerusakan baik ringan hingga berat. Lalu, rumah yang terendam banjir bisa saja membuat surat-surat berharga Anda rusak karena basah. Belum lagi dengan benda elektronik yang ada di rumah.

BACA JUGA: Kenali Asuransi Kesehatan Paling Pas dengan 5 Cara Ini

risiko berbahaya saat banjir melanda

Munculnya Berbagai Penyakit

Saat banjir masih menggenang, lingkungan menjadi kotor karena sampah-sampah yang ikut terbawa arus mengandung banyak kuman dan bakteri jahat. Penyakit seperti infeksi kulit, demam berdarah, gangguan saluran pernapasan bisa saja terjadi. Terlebih saat kondisi banjir yang sudah surut, rumah Anda pasti akan penuh dengan endapan lumpur dan sampah yang tersangkut terbawa arus. Sebaiknya, segera bersihkan rumah dan bergotong-royong membersihkan lingkungan sekaligus lakukan penagasapan untuk menghindari demam berdarah.

Leave a Reply