Sapporo Snow Festival, Tradisi Jepang yang Fantastis!

Berita

Berlibur ke Jepang saat musim dingin, Sapporo Snow Festival menjadi tempat wajib untuk didatangi, apa saja daya tariknya?

Menginjak tahun baru di 2020 ini, segala perencanaan selama setahun mendatang pasti telah Anda siapkan. Salah satu yang tak boleh ketinggalan untuk direncanakan yaitu berlibur. Mengapa demikian? Sebab kurang seimbang rasanya jika resolusi di tahun baru hanya berkutat seputar pekerjaan atau percintaan saja. Salah satu cara meningkatkan kualitas diri juga bisa direalisasikan dengan cara berlibur demi merileksasi fisik dan juga pikiran.

keindahan sapporo snow festival

Jika Anda sudah merencanakan liburan, pastikan memiliki asuransi perjalanan dan apabila ternyata Anda memutuskan untuk pergi ke Jepang di musim dingin tahun ini, mungkin Anda harus mampir ke Sapporo Snow Festival. Bila ditelusuri, festival yang sudah hampir menginjak usia ke 70 tahun nya ini sebenarnya bermula dari sebuah kejadian yang tidak terduga. Ingin tahu fakta menarik apa saja tentang Sapporo ini? Sebelum tiba saatnya pergi berlibur kesana ada baiknya simak dulu ulasannya di bawah ini ya.

Baca juga: Ini Cara Liburan Hemat untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Fakta Menarik Sapporo Snow Festival

Sebelum menginjakkan kaki di Jepang tepatnya di perayaan Sapporo Snow Festival, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal menarik tentang festival ini. Adapun berikut beberapa diantara keunikannya yaitu:

Tradisi Yang Berasal Dari Ketidaksengajaan

Dahulu kala, festival salju yang diadakan di jepang tidaklah sebanyak sekarang. Bahkan untuk Sapporo Snow Festival sendiri, dulunya bermula dari sekumpulan siswa SMP dan SMA di Sapporo yang tidak sengaja meninggalkan 6 buah patung salju begitu saja di tengah odori park.

Seiring dengan waktu, pada tahun 1935 di sebuah SD di kota Otaru didakanlah festival salju. Sejak saat itu, banyak orang yang meniru keisengan tersebut hingga dimulailah pameran patung-patung yang dibuat dari salju, yang juga diselingi oleh karnaval serta permainan perang bola salju.

Namun sayang, festival ini sempat terhenti karena perang dunia ke 2, dan baru kembali berjalan di tahun 1950. Meskipun sudah lama terhenti pelaksanaannya, festival pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Sapporo bersama Hokkai Times ini terbilang sukses loh! Bahkan, karena kesuksesannya, festival ini selalu diselenggarakan hingga sekarang dan tetap diminati oleh para wisatawan.

Festival Unik Dengan Beberapa Macam Spot Perayaan

Festival salju Sapporo sendiri terbilang unik. Sebab, di dunia ini, tak banyak negara yang mampu menghadirkan festival pameran patung salju yang dikombinasikan dengan karnaval berbalut kebudayaan lokal.

Terlebih lagi, sejak tahun 2006 silam, lokasi perayaan Festival yang satu ini sudah tersebar di 3 lokasi yang berbeda. Kesemuanya memang menampilkan beragam patung salju karena banyak peserta yang cukup antusias menyambut festival ini! Bahkan, terdapat 5 patung salju dan 2 patung es setinggi 15 meter yang dipamerkan diantara 200an patung salju yang ada di pameran ini.

Odori Park

mengunjungi sapporo snow festival

Ingin melihat berbagai karya seni patung yang terbuat dari salju? Dari semua spot yang menyelenggarakan festival salju Sapporo, Odori Park adalah tempat yang paling wajib untuk Anda kunjungi!

Betapa tidak? Di odori park terdapat banyak sekali patung salju yang dipamerkan loh! Saking banyaknya, lokasi ini dibagi menjadi 12 chrome agar penataan patung menjadi semakin terlihat menarik. Selain yang ada di ilustrasi, masih banyak lagi kok patung yang tidak kalah keren untuk Anda jadikan background berfoto!

Untuk itu, persiapkan kamera Anda dengan baik ya! Masa sudah jauh-jauh berlibur ke luar negeri tidak Anda abadikan dengan kamera kesayangan? Hanya menyiapkan 1 kamera untuk dipakai ramai-ramai pun sebenarnya tidak masalah. Yang penting, hasilnya memuaskan dan potret yang penuh kenangan menjadi terabadikan.

Distrik Susukino, Distrik Yang Memamerkan Pahatan Es Besar

Puas melihat patung salju di Odori Park, bukan berarti membuat petualanganmu di Snow Festival menjadi berakhir. Sebab, masih ada distrik Susukino yang memamerkan patung yang tak kalah unik yang berbahan dasar es balok.

Ukuran patungnya pun terhitung besar, meskipun mayoritas masih jauh dari kategori patung berukuran raksasa, ukuran patungnya tergolong lebih besar dari objek aslinya. Proses pembuatan tiap patung memang rumit. Memerlukan keahlian tersendiri, passion, serta jam terbang yang mumpuni. Meskipun begitu, terdapat lebih dari 60 patung pahatan es di tahun lalu.

Baca juga: Jangan Terlewatkan! Ini Daftar Bunga Sakura Mekar di Jepang 2020

Ingin merasakan serunya sensasi menaiki kendaraan yang terbuat dari pahatan es balok? Coba saja ke Fureai Hiroba. Bila kesana, jangan lupa juga untuk berfoto di Illumination Street ya.

Di pameran patung distrik susukino pun sebenarnya juga tak kalah keren untuk Anda jadikan objek berfoto. Tak perlu malu di keramaian, asalkan Anda tetap menjaga norma kesopanan, Anda pasti tetap akan diizinkan berfoto di spot yang Anda inginkan.

Tsudome, Area Permainan Khas Musim Salju

Secara garis besar, area festival Sapporo memang didominasi oleh pameran patung yang diselingi dengan karnaval. Namun di lokasi yang bernama Tsudome ini, terdapat spot untuk memainkan beberapa permainan khas musim salju. Tidak percaya? Mampir saja sendiri!.

Tapi, persiapkan terlebih dahulu diri Anda untuk menikmati serunya Tube Slider yang panjangnya mencapai 100 meter ya! Masih kurang tertantang? Ada Snow Raft, bumper ball, dan masih banyak lagi.

Namun sebagai catatan, area Tsudome ini baru dibuka dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Pasti puas bila Anda mengunjungi lokasi ini bersama teman-teman.

Perjuangan Naik Sapporo TV Tower

Gelaran Snow Festival biasanya dipusatkan di Odori Park, sebuah taman dengan panjang mencapai satu setengah kilometer. Di sini Anda bisa melihat dengan jelas megahnya Sapporo TV Tower.  Naik ke Sapporo TV Tower tidak mudah. Antreannya mengular panjang sekali sehingga Anda harus sabar menunggu di luar gedung. Setelah selesai antre membeli karcis, Anda harus antre lagi untuk naik ke atas tower menggunakan lift. Di sini kapasitasnya juga sangat terbatas, jadi Anda lagi-lagi harus sabar menunggu.

Kerlap-kerlip Helsinki Cathedral

wisata sapporo snow festival

Jika berkunjung di siang hari, deretan patung di area festival hanya akan terlihat seperti tumpukan salju putih. Namun begitu hari gelap, patung-patung tersebut akan nampak lebih menarik berkat sorotan lampu warna-warni. Terdapat salju yang dibentuk menyerupai Helsinki Cathedral di Finlandia. Di siang hari bangunan ini terlihat biasa saja, namun malam hari tampak sangat cantik dengan permainan tata cahaya lampu.

Video Mapping yang Keren

Festival ini juga menampilkan atraksi ‘lukisan’ salju disertai pertunjukan video mapping yang menakjubkan. Salah satu adalah video tentang pacuan kuda, Ketika rekaman dimainkan, deretan kuda tampak benar-benar berlari di depan mata. Selain gambarnya bergerak dengan realistis, suara yang muncul pun turut mendukung suasana. Anda yang melihat akan merasa sedang berada di pacuan kuda yang sebenarnya.

Baca juga: Liburan Tanpa Travel Agent? Begini Caranya!

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Menarik sekali bukan jika dapat mengunjungi festival salju ini, sebab banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati disana. Kegiatan yang dilakukan pun cukup beragam dan dijamin Anda tidak akan bosan. Jika sudah tahu tentang hal menarik festival ini, ketika di sana jangan sampai ada yang terlewat Anda nikmati ya!

Comments are closed.