Sejarah dan Tip Belanja Pintar Saat Harbolnas

Berita

Memastikan untuk mendapatkan barang incaran tanpa perlu khawatir dengan penipuan, berikut ini tip belanja pintar saat Harbolnas yang harus Anda lakukan.

Saat ini banyak orang sudah tak asing dengan istilah harbolnas. Hari dimana orang akan sibuk mengincar barang dengan potongan besar-besaran secara online maupun offline. Lalu, tahukah event tahunan ini pertama kali dilaksanakan di Indonesia?

Sejarah Harbolnas

Sejarah Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional atau biasa dikenal dengan singkatannya Harbolnas merupakan event dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang betapa mudahnya berbelanja online tetap dengan kondisi yang aman, nyaman, dan dapat dilakukan kapan saja serta di mana saja. Hari belanja online nasional ini juga diselenggarakan dalam upaya kemajuan industri e-commerce di Indonesia. Event ini dirayakan pertama kalinya di Indonesia pada 12 Desember 2012 dengan jargon 12.12.12 yang merupakan tanggal cantik saat itu.

Ada banyak retail online yang turut merayakan pagelaran nasional perdana ini seperti Lazada, Traveloka, Zalora, BerryBenka, Bilna, Luxola, PinkEmma, Persebaya Store, serta masih banyak lagi. Dimulai pada tahun 2015 bahkan diikuti 140 retail online. Dilansir dari laman tradegecko.com, retail dengan nama Lazada merupakan salah satu perintis perayaan hari nasional ini dengan kampanye mengenalkan belanja online kepada masyarakat luas. Alih-alih bersaing, semua retail e-commerce bergabung pada perayaan tersebut. Bahkan bank pun turut merayakannya dengan memberikan cashback dan promo dengan jumlah yang tak sedikit. 

Baca Juga: Mau Produk Berkualitas dan Murah? Coba eBay Indonesia!

Jika di Indonesia dikenal dengan nama Harbolnas, lain lagi dengan negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, serta Jepang yang menyebutnya Cyber Monday. Nama tersebut terinspirasi dari kegiatan serupa versi offline yakni Black Friday yang digelar pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day atau juga musim belanja menjelang natal dengan potongan harga yang cukup besar. Konsep ini kemudian menjadi inspirasi dan menyebar ke berbagai negara dengan istilah yang berbeda-beda, seperti El Buen Fin di Meksiko atau White Friday di Arab Saudi. Mengingat potensi pasar yang berkembang, Indonesia turut ikut menyelenggarakan konsep ini mengiringi penggunaan internet dan e-commerce yang tumbuh dengan pesat hingga mencapai 63 juta pengguna. Secara praktik akuntansi dan keuangan, konsep seperti ini berdampak positif dalam pembuatan annual report.

Inisiatif spontan mengenai kampanye 12.12.12 memberikan dampak yang baik yang dilakukan para industri retail online di Indonesia. Dalam satu hari, pelanggan akan mendapatkan penawaran diskon besar-besaran sepanjang tahun dengan tawaran produk-produk menarik. Responnya pun disambut baik oleh masyarakat dengan antusiasme yang cukup besar, bahkan Harbolnas pada tahun 2013 memecahkan rekor penjualan online di Indonesia. Perkembangan ini kemudian tumbuh dari tahun ke tahun.

Tip Mendapatkan Incaran Barang

Tip Belanja barang di Harbolnas

Mengetahui Situs Belanja Online

Mengetahui tujuan dan apa yang paling dibutuhkan menjadi sangat penting saat memanfaatkan momen tersebut. Banyak situs belanja online yang berpartisipasi yang menawarkan beragam hal mulai dari perkakas, pakaian, sepatu, kosmetik, bahan dasar, tiket pesawat dan kereta api, hingga layanan pesan antar. Ada baiknya sebelum menentukan pilihan, ketahui lebih dulu mengenai situs belanja yang akan dituju. Banyaknya ragam diskon yang menggiurkan akan mudah merayu pelanggan untuk membeli barangnya, akan tetapi pastikan situs tersebut memiliki reputasi baik dengan produk berkualitas tanpa gangguan saat pengiriman.

Jangan Tergoda dengan Rayuan Potongan Harga

Saat hari tersebut, hampir semua situs toko online akan berlomba mengenai penawaran potongan paling menarik perhatian pelanggan. Potongan tersebut bahkan mencapai 95%. Siapa yang tak tergiur dengan potongan besar seperti itu? Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh pelanggan sebelum menentukan barang apa yang akan dipesan, seorang pelanggan harus pintar menganalisis mengenai potongan dengan barang yang ditawarkan. Analisa ini perlu dilakukan untuk meyakinkan apakah masuk akal atau hanya tipuan saja. Tentunya pelanggan juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Promo

Memperhatikan kedua hal ini sangat penting, syarat dan ketentuan. Agar tidak salah dan merasa tertipu dengan tawaran platform e-commerce saat Harbolnas, ada baiknya jika memeriksa apa yang menjadi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo tersebut. Pastikan bahwa barang-barang yang diinginkan termasuk ke dalam barang yang sedang dipromosikan. Agar tidak salah pemesanan, ketahui info dengan detail.

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik Besarnya Alibaba Group

Memeriksa Harga Pasar

Sebelum melakukan pengorderan di salah satu tempat yang diinginkan, taka ada salahnya jika melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga-harga barang di tempat lain. Hal ini akan menjadi acuan untuk menghindari manipulasi harga yang sebenarnya. 

Memantau Flash Sale

Saat sedang Harbolnas, banyak orang akan berpacu dengan waktu. Ketepatan waktu menjadi salah satu kunci mendapatkan tawaran potongan harga ini. Biasanya marketplace akan merilis jadwal tepat sebelum dimulai waktu flash sale. 

Internet Lancar

Trafik kunjungan akan meningkat pada hampir semua situs belanja online saat hari belanja nasional diadakan. Biasanya market place yang menyeleggarakan flash sale dengan menggunakan lalpot, namun saat ini juga ditawarkan pula melalui aplikasi yang diunduh pada ponsel pintar atau versi mobile.

Negosiasi

Ada beberapa situs belanja online yang menyediakan fitur nego bagi pelanggan yang mendapatkan potongan nego lebih besar. Ini akan menjadi trick yang menguntungkan bagi orang yang menginginkan harga miring dengan kualitas yang baik.

Belanja di Toko Resmi

Tip Belanja di Harbolnas

Masih banyak orang yang tidak terlalu percaya dengan kualitas yang ditawarkan, pasalnya mereka menaruh keraguan akan keaslian produk. Jika terjadi hal seperti itu, tak perlu khawatir, karena beberapa situs belanja online bekerja sama dengan toko resminya yang mendapatkan verifikasi dan platform e-commerce, serta memiliki rating toko dan testimoni barang yang bagus.

Berlangganan Newsletter

Untuk menjadi pengingat dan agar tak ketinggalan informasi mengenai promo dari beberapa ecommerce, akan lebih baik jika berlangganan newsletter dari kurator promo. Usahakan tetap bijak mencari tambahan promo atau cashback. 

Baca Juga: Siapkan Rp14 Triliun, Amazon Indonesia Resmi Dibuka

Cara Bayar Belanja Online

Cara pembayaran situs belanja online kini sudah memiliki berbagai macam pilihan seperti transfer, kartu kredit, dan pembayaran melalui e-wallet atau dompet elektronik. Mencermati promosi apa yang sedang ditawarkan masing-masing cara.

Pengiriman

Membludaknya orderan yang bersamaan akan berpengaruh pula pada pengiriman barang. Pengiriman kepada konsumen cukup sulit mengelola dengan logistiknya, apalagi jika membeli dengan contohnya ukuran atau jenis yang berbeda. Pastikan memilih layanan pengiriman yang sesuai dan terjamin aman, serta tak memakan waktu lama.

Jadi, siapkan hal-hal tersebut sebelum nanti berebutan memesan barang dan pastikan membeli barang dengan kualitas terbaik mulai dari fisik hingga pengiriman, 

Comments are closed.