Siberia, Daratan Es dengan Jutaan Spesies

Berita

Mereka yang bepergian ke Siberia selalu terkesan dengan puluhan landmark dan wisata alamnya yang memesona.

Siberia yang punya darata lebih dari 5 juta mil persegi, adalah adalah salah satu sudut planet Bumi yang wajib dikunjunig. Mereka yang pernah kemari akan selalu rindu dengan keindahan alamnya, landmarknya juga pengalaman mendaki pengunungan yang penuh es.  Siberia adalah wilayah yang harus Anda jajal khususnya buat para pendaki.

Kami telah mengumpulkan beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang Siberia.

Baca juga: Tempat Wisata di Rusia yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Fakta-fakta Unik Siberia

Satwa Unik

wisata ke siberia

Siberia punya satwa yang sangat terkenal karena keunikannya yakni kuda-kuda Yakut, yang dapat dengan mudah menahan embun beku 50C dan mendapatkan makanan sendiri dari bawah salju. Usianya sudah ratusan ribu tahun. Daging dan lemak kuda Yakut muda memiliki sifat gizi dan obat yang tinggi. Lemak kuda Yakut mengandung asam lemak tak jenuh dalam jumlah tertinggi (59%), serta sejumlah besar  dari asam alfa-linolenat yang terkenal (omega-3).

Selain kuda negara yang selalu dingin ini juga masih menyimpan banyak peninggalan Mammoth berbulu. Mammoth berbulu, demikian para ilmuwan menyebutnya, hidup di planet kita hampir 400.000 tahun yang lalu. Banyak sisa-sisa hewan ini ditemukan di tanah ini selama beberapa abad terakhir. Kebanyakan sudah hanya berupa tulang belulang, namun masih ada bangkai yang terawat dengan baik.

Tanah Berlian

Salah satu wilayah di negara ini, Yakutia disebut-sebut sebagai tanah berlian. Kawasan ini menghasilkan sekitar seperempat dari semua berlian di dunia, dan kemurnian berlian Yakut bernilai jauh lebih tinggi daripada kebanyakan berlian lainnya.

Pada tanggal 23 Desember 1980 di bijih pipa ‘Mir’ ditemukan berlian terbesar di Rusia. Beratnya 342,5 karat (1 karat sama dengan 0,2 gram). Warna transparan, dengan semburat lemon-kuning. Bros berlian paling mahal “Bouquet” terletak di Diamond Fund di Yakutia. Dihiasi dengan 47 berlian dan mutiara, bros memiliki berat 35,32 g dan bernilai sekitar 7 juta rubel.

Rawa Vasyugan

Rawa Vasyugan adalah sistem rawa terbesar di belahan utara planet ini – ia terletak di jantung Dataran Barat dan merupakan fenomena geografis dalam arti distribusi rawa yang sangat luas. Itu membentang dari barat ke timur untuk 550 km, dan dari utara ke selatan untuk 270 km. Luas persegi rawa Great Vasyugan lebih dari 55 ribu km persegi. Rawa Vasyugan mengandung cadangan gambut terbesar didunia.

Permafrost

wisata ke siberia

Permafrost adalah daratan dengan es yang pernah mencair. Sekitar 65% wilayah Rusia ditempati oleh permafrost, dan sebagian besar terletak di wilayah ini. Permafrost terletak di bagian utara hingga bagian Barat  dan di sebagian besar wilayah Timur, Trans-Baikal. Suhu negatif menembus kerak bumi ke kedalaman hingga 1300-1500 m; nilai rata-rata minimal mereka mencapai -15  – 16 derajat Celcius.

Populasi yang Beragam

Populasi negara ini adalah sekitar 20 juta orang. Secara etnis, sebagian besar penduduk adalah Rusia, tetapi daerah ini juga merupakan rumah bagi banyak kelompok etnis dan kebangsaan lainnya, seperti Buryat, Dolgan, Nenets, Komi, Khakassia, Chukchi, Evenks, Yakuts, dan lainnya. Kota-kota terbesar di sini adalah Novosibirsk, Omsk, Krasnoyarsk. Kota terbesar: Tyumen, Barnaul, Irkutsk, Novokuznetsk, Tomsk, Kemerovo, Ulan-Ude.

Manusia Telah Tinggal di wilayah bersalju ini selama 125.000 Tahun. Pada 2010, para arkeolog menemukan tulang manusia milik hibrida Denisovan dan Neanderthal di pegunungan Altai. Lokasi ini telah lama menjadi rumah bagi kelompok-kelompok pribumi, termasuk Nivkhi, Evenki, dan Buryat.

Baca juga: Dari Rusia ke Alaska inilah 10 Tempat Terdingin Di Dunia

Jalur Kereta Api Terpanjang di Dunia

Jaringan Kereta Api Trans-Siberia, yang menghubungkan Moskow dan Vladivostok, memiliki panjang 5.771 mil (9.288,2 kilometer). Perjalanan berlangsung selama 6 malam dan 7 hari, dengan pemberhentian 10-20 menit di setiap stasiun. Kereta api ini terkenal dengan pemandangan menakjubkan di sepanjang rute, yang melintasi delapan zona waktu dan termasuk Danau Baikal, hutan birch dan pinus, dan pegunungan Ural.

Titik tengah dari jalur kereta api adalah sebuah stasiun bernama Tayshet (Тайшет), sebuah kota berpenduduk 33.000 orang. Tayshet secara historis penting untuk menjadi pusat administrasi untuk dua kamp kerja paksa Gulag (Ozerlag dan Angarstroy), serta titik awal untuk Arus Utama Baikal-Amur, sebuah kereta api yang berjalan paralel.

Seberapa Luas?

wisata ke siberia

Masih masuk dalam kekuasaan Rusia dan sebagian milik Asia. Untuk menerka bagaimana besarnya kawasan ini, bayangkanlah ukuran seluruh Brasil dan Meksiko. Ya, seluas itulah negara ini.. Wilayah tersebut merupakan bagian Asia dari Rusia dan menempati lebih dari ¾ tanahnya. Yang menarik, sekitar 36 juta orang tinggal di wilayah Rusia ini, menghasilkan kepadatan penduduk hanya 7 orang per mil persegi (untuk membandingkan, di AS sekitar 92 orang).

Seperti Rusia dan negara kutub pada umumnya, cuac rata-rata disini sangat dingin dengan musim panas yang pendek, terutama di kota-kota bagian utara. Sebanyak 130 kota adalah bagian dari Distrik Federal, dihiasi dari Pegunungan Ural di barat dan Samudra Arktik di utara ke Cina, Mongolia dan Kazakhstan di selatan dan Samudra Pasifik di timur.

Menurut para wisatawan kota-kota di dataran sebelah utara Kazakhstan ini sangat indah, yang paling terkenal diantaranya adalah Vladivostok yang secara harfiah lebih dekat ke perbatasan Amerika Serikat daripada ke ibukota Rusia, Moskow. Kemudan ada juga kota Irkutsk adalah kota terkenal yang dikenal karena kedekatannya dengan Danau Baikal.

Dan yang tak kalah pentingnya, Ekaterinburg juga layak disebutkan karena kota ini terhubung erat dengan hari-hari terakhir keluarga kekaisaran Rusia serta menandai lokasi di mana Asia dan Eropa bertemu.

Dataran putih ini memiliki 13 sungai besar, sejumlah besar danau, dan salah satu wilayah hutan terluas di dunia.

Danau Baikal yang Mendunia

Danau Baikal ini sudah menjadi seperti ikon bagi wilayah yang membentang di seluruh wilayah Asia Utara.  Ini adalah danau air tawar terdalam di dunia. Danau ini mamasok hampir setengah dari cadangan air bersih Bumi. Dibentuk hampir 25 juta tahun yang lalu, menjadikannya sebagai danau tertua di dunia. Selain itu, Baikal adalah rumah bagi lebih dari 3 ribu spesies unik tanaman, ikan, dan hewan seperti anjing laut air tawar dan ikan omul. Spesies ini sulit ditemukan ditempat lain.

Karena daerah itu adalah cagar alam yang dilindungi, jangan heran jika insfrastruktur disini tidak begitu lengkap.  Disekitar Baikal hanya ada beberapa resort sehingga Anda harus berebut dengan pengunjung lain jika ingin menginap disekitar sini. Namun ini juga yang dianggap sebagai salah satu pesonanya, karena kesunyiannya pengunjung dapat lebih menyatu dengan alam.

ketika danau membeku di musim dingin, ada lapisan es yang terbentuk sekitar 5 kaki. Warnanya biru dan sebening kristal, Andapun akan disuguhi pemandangan kehidupan bawah air.

Baca juga: Fakta Unik Mongolia, Country of Blue Sky

 

Comments are closed.