Simak 4 Cara Cerdas Manfaatkan Angpao Lebaran!

Angpao sering menjadi hal yang wajib ada di hari raya. Ketahui 4 cara cerdas manfaatkan angpao lebaran.

Berita

Saat lebaran, mayoritas masyarakat membudayakan silaturahmi antar tetangga maupun keluarga. Angpao sering menjadi hal yang wajib ada di hari raya. Sebagian masyarakat menyisihkan uang untuk memberi angpao lebaran pada sanak keluarga ataupun tetangganya.

Manfaatkan Angpao Lebaran

Angpao merupakan bingkisan dalam amplop yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut perayaan. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya agar bisa memanfaatkan angpao dengan baik?
Untuk kegunaan apa saja angpao lebaran ini? Berikut 4 cara cerdas manfaatkan angpao lebaran yang perlu Anda ketahui!

1. Manfaatkan untuk Keperluan Penting

Prioritas penggunaan angpao lebaran yang utama adalah untuk keperluan penting. Jika dalam waktu dekat ini Anda belum akan membutuhkan sejumlah dana untuk suatu keperluan, maka simpanlah angpao lebaran di rekening Anda agar tidak terpakai begitu saja dan dapat dimanfaatkan di kemudian hari.Ê

2. Belikan Untuk Kebutuhan Dapur

Kebutuhan dapur merupakan kebutuhan pokok yang wajib diutamakan. Dengan membelanjakan uang angpao lebaran untuk berbagai jenis pangan di rumah, pengeluaran Anda untuk urusan dapur niscaya akan terpenuhi untuk waktu yang lumayan lama.
Ê
Ê

3. Simpanan Dana Darurat

Dana darurat merupakan suatu kebutuhan yang harus dipersiapkan. Dana darurat merupakan sejumlah uang yang dicadangkan dan dialokasikan terpisah untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat.
Angpao lebaran ini bisa menjadi titik awal untuk memulai simpanan dana darurat. Tentu saja, manfaatnya nanti bisa dipetik ketika Anda membutuhkan dana tak terduga di saat keuangan menipis setelah libur Lebaran berakhir.

4. Berbagi Dengan Sesama

Cara cerdas manfaatkan angpao lebaran lainnya adalah dengan menggunakannya untuk berbagi dengan sesama. Sisihkan sedikit untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan.
Selain bertujuan mulia, kegiatan berbagi dengan sesama ini dapat memberikan rasa tenang dan bahagia dalam diri. Angpao lebaran yang digunakan untuk berbagi dengan sesama tentu lebih berkah.
Ê
Angpao lebaran bermakna sebagai hadiah. Saling memberi hadiah di kalangan Muslimin memiliki pengaruh besar dalam menumbuhkan rasa cinta dan menguatkan tali persaudaraan. Bagi orangtua, pembagian angpao adalah momen untuk mengajarkan anak mengenai literasi keuangan (financial literacy), yaitu kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan dalam hal keuangan pribadinya.
Ê
Semoga 4 cara cerdas manfaatkan angpao lebaran di atas dapat memberikan Anda dan keluarga gambaran tentang cara-cara menghemat dan mengatur angpao lebaran dengan baik.
Ê

Leave a Reply