Syarat Perpanjang STNK yang Harus Disiapkan

Berita

Agar proses perpanjang STNK berjalan dengan lancar, ada baiknya Anda ketahui syarat perpanjang STNK yang harus disiapkan. Berikut ini ulasannya.

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau yang lebih dikenal STNK merupakan tanda bukti bahwa kendaraan Anda sudah terdaftarkan dan disahkan berdasarkan identitas dan kepemilikan yang telah didaftarkan. Namun, perlu diingat bahwa STNK memiliki masa aktif yang sudah menjadi kewajiban untuk Anda melakukan perpanjangan STNK setiap tahunnya bila periode berlakunya sudah habis.

Perpanjang STNK dan bayar pajak kendaraan sudah menjadi peraturan negara yang berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menganggap sepele mengenai perpanjang STNK.

Dalam pengajuan perpanjang STNK, ada syarat khusus yang harus Anda persiapkan agar prosedur berjalan dengan lancar. Nah, bila STNK yang Anda miliki sekiranya sudah memasuki masa batas akhir, berikut ini beberapa syarat perpanjang STNK yang harus dipersiapkan.

Syarat Perpanjang STNK Setiap Tahun

Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebagai salah satu syarat perpanjang STNK. Berikut ini dokumennya:

  • STNK yang asli dan juga foto kopi.
  • Foto kopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
  • KTP sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK (asli dan foto kopi).

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

Syarat perpanjang STNK setiap tahun dan lima tahun sekali ini sebenarnya hampir sama hanya perbedaannya terdapat pada pengecekan fisik kendaraan. Khusus untuk syarat perpanjang STNK setiap lima tahunan, Anda diharuskan membawa kendaraan Anda untuk dilakukan pengecekan kondisi kendaraan, apakah masih laik jalan atau tidak. Bukan hanya itu saja, jika Anda melakukan perpanjang STNK lima tahunan, artinya plat nomor Anda pun harus diganti.

Proses Perpanjang STNK

Hingga saat ini Anda diminta datang ke Kantor Samsat untuk melakukan perpanjang STNK. Berikut ini proses perpanjang STNK yang dilakukan di Kantor Samsat.

  • Langkah pertama, Anda diminta untuk mengisi formulir permohonan perpanjang STNK dengan sebenar-benarnya yang berada di loket pendaftaran.
  • Jika sudah terisi, Anda bisa langsung menyerahkan formulir tersebut dan juga dokumen yang menjadi syarat perpanjang STNK ke pihak yang berjaga di loket.
  • Selanjutnya, Anda diminta untuk menunggu dan nantinya nama Anda akan dipanggil untuk melakukan proses pembayaran pajak sesuai dengan tagihan.
  • Pastikan bukti pembayaran pajak Anda tidak hilang karena Anda harus menyerahkannya kembali ke loket sebagai syarat untuk pengambilan STNK.

Kini sudah tahu kan, apa saja yang menjadi syarat perpanjang STNK dan juga proses yang harus Anda lakukan ketika di Samsat. Setelah membaca artikel ini, sudah tidak ada alasan lagi untuk Anda salah membawa dokumen kan?

Comments are closed.