Inilah Fakta Unik dan Sejarah Berdirinya Taj Mahal

Berita

Saat mendengar India, Taj Mahal mungkin salah satu hal yang terlintas di bendak Anda. Bangunan ini memang memiliki banyak keunikan. Tidak heran jika banyak orang ingin berkumjung ke tempat ini.

Taj Mahal merupakan bangunan masjid indah yang terletak di Kota Agra, India. Masjid ini masuk dalam kategori Tujuh Keajiban Dunia karena kemegahannya. Bagunan ini dibangun pada tahun 1632 hingga 1653 dengan mempekerjakan ribuan pekerja baik pekerja seni maupun pekerja bangunan. Rancang bangun masjid ini dilakukan oleh salah satu arsitek Mughal terbaik yaitu Isa Muhammed.

Masjid yang termasuk dalam warisan budaya Unesco ini sering disebut dengan Permata Seni Islam di India. Berbagai ornamen hiasan islam serta kaligrafi huruf Al quran dan Asma Allah yang Agung menghiasi keseluruhan bangunan masjid. Ternyata proses pembangunan memiliki sejarah yang menarik untuk diulas. Apa saja keunikannya tersebut?

Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal merupakan sebuah bangunan yang melambangkan cinta, kemurnian dan rasa sakit hati. Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan Kaisar Shah Jahan sebagai lambang cintanya kepada istrinya yang bernama Mumtaj Mahal. Mumtaj Mahal adalah istri ketiga dari Sang Kaisar yang meninggal dunia saat melahirkan anak ke-14 mereka.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Dunia

Ketika Mumtaz Mahal meninggal dunia, Kaisar Shah Jahan merasa sangat sedih dan terpukul. Sebagai bukti cintanya kepada sang istri, kaisar Shah Jahan memerintahkan untuk membangunkan makam yang megah bagi Mumtaj Mahal. Makam ini juga sebagai penghormatan atas kesetiaan Mumtaj Mahal kepada sang kaisar selama masih hidup.

Fakta Unik Taj Mahal

Bagunan Taj Mahal

Terdapat beberapa fakta unik tentang Taj Mahal yang mungkin belum banyak diketahui orang, antara lain :

Menggunakan Material Mewah untuk Semua bagian Bangunan

Sebagai salah satu bangunan termegah di dunia, ternyata bagunan ini dibangun menggunakan marmer putih. Marmer putih yang digunakan merupakan marmer yang memiliki kualitas terbaik yang didapat dari Tiongkok, Tibet, dan Rajashtan. Selain itu, sebagai hiasan pada marmer putih tersebut, sang kaisar menggunakan batu mulia.

Hal ini bisa dibilang, bangunan termewah yang ada saat ini, mungkin tidak akan dapat menandingi kemegahan bagunan ini. Jadi, tak heran jika dalam proses pembangunan banyak mengeluarkan dana yang luar biasa besar.

Taj Mahal Dibangun oleh Ribuan Pekerja

Untuk mendirikan bangunan semegah ini, ternyata membutuhkan sekitar 20.000 pekerja. Para pekerja tersebut antara lain seniman kaligrafi, pemotong batu, seniman bordir, pelukis, buruh bangunan, dan masih banyak lagi. Selain itu, proses pembangunan ini juga dibantu oleh 1000 ekor gajah yang mengusung material-material untuk pembangunan.

Lambang Cinta Kaisar Shah Jahan kepada sang istri, Mumtaj Mahal

Asal mula dibangunnya Taj Mahal adalah untuk mengenang istri ketiga kaisar Shah Jahan yang bernama Mumtaj Mahal. Sang kaisar sangat mencintai istrinya sehingga saat sang istri meninggal ketika melahirkan maka sang kaisar pun merasa sangat sedih. Rambut dan jenggot sang kaisar serentak memutih beberapa bulan semenjak kematian istrinya.

Membutuhkan Waktu dan Dana yang Cukup Besar

Taj mahal dibangun satu tahun setelah kematian Mumtaj Mahal yaitu tahun 1932. Bangunan ini selesai sekitar tahun 1953. Hal ini berarti dibutuhkan waktu sekitar 21 tahun untuk menghasilkan bangunan yang sangat megah dan menakjubkan ini. 21 tahun bukanlah waktu yang sebentar, jadi bisa kita bayangkan pastinya dana yang dibutuhkan pun akan sangat besar.

Biaya untuk pembangunan pada saat itu diperkirakan sekitar 32 juta rupee. Jika kita kurskan dalam rupiah saat ini, maka biaya tersebut berkisar lebih dari satu triliun rupiah. Sungguh jumlah yang fantastis maka tak heran jika bagunan ini terlihat sangat megah dan indah.

Bangunan paling Simetris di Dunia

Traveling to Taj Mahal

Taj Mahal merupakan bangunan yang sempurna yang dapat dilihat dari strukturnya yang sangat simetris. Hingga banyak yang mengatakan jika bagunan ini merupakan bangunan yang tersimetris di dunia. Terdapat 4 sisi yang identik sempurna pada struktur bangunannya. Hal ini kemungkinan sang arsitek menerapkan prinsip simetri dan replikasi dalam arsitektur dan geometri.

Jika kita lihat dengan seksama, tampak jika setengah dari bangunan merupakan cerminan dari setengah bangunan yang lain. Terdapat dua makam yang berbeda ukuran dalam bangunan tersebut yang berfungsi sebagai pembeda antara makam laki-laki dan makam perempuan. Terdapat empat menara yang dibangun condak keluar dengan tujuan jika nantinya runtuh, tidak akan menimpa bangunan utama.

Terdapat Banyak Prasasti

Sebagai bangunan yang digunakan untuk penghormatan bagi Mumtaj Mahal, ternyata bagunan ini dipenuhi dengan prasasti dalam bentuk ukiran kaligrafi yang menghiasi bagian eksterior maupun interiornya. Pada makam Mumtaj Mahal juga berhiaskan kaligrafi yang berisi pujian atas diri sang permaisuri. Bahkan makam tersebut juga berhiaskan Asmaul Husna yaitu 99 nama Allah yang Agung.

Warna Taj Mahal dapat Berganti Sesuai Mood

Liburan ke Taj Mahal

Salah satu keistimewaan yang dimiliki bagunan ini adalah warnanya dapat berubah-ubah di waktu-waktu tertentu. Mengapa warna Taj Mahal dapat berubah sesuai mood? Jawabannya adalah karena keramik dan marmer putih dalam bangunan tersebut dapat memantulkan cahaya. Saat pagi hari, Anda akan melihat bagunan ini berwarna pink yang merona.

Baca Juga: 7 Keajaiban Dunia dan di Indonesia

Namun, ketika hari telah siang, maka bagunan ini akan berwarna putih. Sedangkan pada malam hari pun berbeda dan akan berubah menjadi keemasan yang mengkilap terkena sinar rembulan. Warna yang berubah-ubah ini menggambarkan suasana hati seorang perempuan khususnya Mumtaz Mahal.

Bangunan Pernah Rusak

Bangunan megah Taj Mahal ternyata pernah rusak akibat pemberontakan yang terjadi pada tahun 1857. Untungnya, kerusakan yang diakibatkan tidak terlalu parah. Bagian yang rusak akibat pemberontakan adalah beberapa bagian gedung dan bagian taman. Akhirnya atas perintah Raja Lord Curzon pada abad ke-19, bangunan ini mengalami renovasi dan selesai pada tahun 1908.

Mitos Menakutkan

Dibalik keindahan Taj Mahal ternyata menyimpan mitos yang menakutkan. Apakah itu? Untuk mencegah para pekerja membangun replika karyanya, kaisar Shah Jahan memotong semua jempol para pekerja. Namun untungnya, mitos yang beredar tersebut tidaklah benar karena jika mitos tersebut benar, tentu akan merusak nama baik kaisar yang terkenal bersifat penyayang.

Baca Juga: Daftar Lukisan Termahal di Dunia, Mana Favorit Anda?

Mitos lain yang beredar seputar Taj Mahal adalah dahulu sang kaisar berkeinginan untuk membangun Taj Mahal dengan warna hitam secara keseluruhan. Tetapi sebelum keinginan beliau terwujud, ternyata beliau telah digulingkan tahtanya.

Kuil Hindu

Bangunan Taj Mahal didirikan dengan menggunakan perpaduan antara budaya Persia, Hindu, dan Islam. Bangunan ini merupakan maha karya pada era Mughal. Mungkin selama ini kita mengenal Taj Mahal sebagai masjid, tetapi PN Oak, seorang penulis India mengklaim jika Taj Mahal merupakan sebuah kuli Hindu (Kuil Shiv) dan merupakan istana Rajput yang didirikan oleh Parmar Dev, seorang raja Hindu.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

PN Oak menuliskan jika kaisar Shah Jahan telah mengambil alih bangunan tersebut dari Raja Parmar Dev. PN Oak mengajukan permohonan untuk menggali lebih dalam mengenai Tj Mahal kepada pihak terkait namun permohonannya ditolak. Saat ini, Taj Mahal difungsikan sebagai masjid untuk beribadah umat Islam dan sebagai tempat wisata.

Itulah sedikit ulasan mengenai Taj Mahal yang mungkin akan menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.