Mobil Terendam Banjir, Hati Tetap Tenang

BeritaFeatured

Lagi asyik liburan, lalu dapat kabar kalau mobil Anda di rumah terendam banjir. Apa reaksi Anda: Kesal, marah, atau bisa tenang? Kalau Teddy Sutanto, salah satu nasabah Futuready, tentu saja bisa tenang. Mau tahu cerita selengkapnya?

Sejak awal tahun 2020 ini, hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dan petir memang mengguyur seluruh wilayah Jakarta. Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini cuaca untuk seluruh wilayah Indonesia. Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diperkirakan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Potensi cuaca serupa juga diprediksi terjadi di sejumlah wilayah antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua

Antisipasi apa yang akan Anda lakukan untuk menghadapi cuaca ekstrem ini? Pertama tentu saja Anda harus menjaga kesehatan diri dan keluarga. Kedua, bila terjadi hal-hal risiko buruk Anda harus mengutamakan keselamatan jiwa Anda dan keluarga.

Lalu, bagaimana dengan perlindungan aset pribadi Anda? Di era modern sekarang ini, asuransi memiliki peran penting dalam kehidupan. Selain melindungi diri sendiri, asuransi juga dapat digunakan untuk melindungi aset pribadi Anda, seperti properti, kendaraan, atau aset lainnya.

Risiko-risiko buruk bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bila Anda tidak melindungi aset pribadi yang Anda miliki segala bentuk kerugian akan Anda tanggung sendiri.

Nah, langkah preventif apa sih yang bisa Anda lakukan untuk mencegah risiko buruk ini menimbulkan banyak kerugian untuk Anda dan keluarga? Kami akan berbagi cerita dari Teddy Sutanto, salah satu nasabah Futuready.

Liburan Tetap Tenang Berkat Asuransi

Lagi asyik liburan, lalu dapat kabar kalau mobil Anda di rumah terendam banjir. Apa reaksi Anda saat itu: Kesal, marah, atau bisa tenang? Kalau Teddy Sutanto, salah satu nasabah Futuready, tentu saja bisa tenang.

Salah satu nasabah Futuready, atas nama Teddy Sutanto membeli polis untuk mobil seri Audi S3 dengan TSI (Total Sum Insert) harga mobil saat buka polis di angka Rp765 juta. Periode polis berlaku dari 3 April 2019 sampai dengan 3 April 2020.

Pada Kamis, 2 Januari 2020, Teddy menghubungi Fitriah (Head of Operations Futuready) via WhatsApp memberitahukan bahwa mobilnya tenggelam karena banjir di rumahnya yang terletak di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Teddy lalu mengirimkan foto yang memperlihatkan mobilnya tenggelam sampai ke kap mobil. Pada saat kejadian, Teddy sedang liburan tahun baru. Sehingga ia belum bisa melihat kondisi langsung dan memindahkan mobilnya, hal tersebut diinfokan oleh ART (Asisten Rumah Tangga) yang ada di rumahnya.

Teddy lalu mengajukan klaim dan tim Customer Service Futuready membantu mencarikan dokumen klaim yang dibutuhkan oleh Teddy. Di hari yang sama saat Teddy telah sampai di rumahnya, ia langsung mengirimkan foto kondisi terkini dari keadaan mobil yang terendam. Saat itu, mobil belum bisa diderek karena kondisi lingkungan di sekitar rumahnya masih tergenang banjir. Tim Customer Service Futuready menenangkan Teddy bahwa tidak perlu khawatir kalau mobilnya belum bisa langsung diderek, yang terpenting laporan klaim telah dikirim ke pihak Asuransi ABDA atau PT Asuransi Bina Dana Artha.

Banjir

“Saya sangat puas dengan pelayanan dari Futuready dalam membantu proses klaim yang saya ajukan. Tanggapannya yang cepat serta informasi yang transparan di setiap prosesnya membuat saya merasa tenang, aman dan nyaman dalam membeli asuransi mobil saya melalui Futuready.”

Respons yang baik dari pihak Asuransi ABDA pun cepat sehingga membuat Teddy merasa senang. Setelah melihat kondisi lingkungan di sekitar rumah Teddy membaik, pihak Asuransi ABDA menginformasikan bahwa mobil akan ditarik dan dibawa ke bengkel untuk dilakukan observasi. Pada tahap awal observasi, pihak Asuransi memutuskan bahwa klaim akan dibayarkan secara TLO (Total Loss Only), karena mobil benar-benar sudah tidak bisa diperbaiki, banyak mesin mobil yang rusak.

Menimbang, mobil yang dimiliki oleh Teddy ini terbilang limited edition, pihak asuransi harus melakukan proses estimasi harga pergantian TLO yang akan diberikan berdasarkan estimasi harga saat terjadi risiko dari bengkel.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Selama proses ini berlangsung, tim Futuready dan Asuransi ABDA terus memberikan update kepada nasabah, di mana komunikasi yang kooperatif ini juga menghasilkan kesesuaian serta ketepatan informasi yang diberikan. Tidak ada informasi yang rancu atau berubah-ubah.

Hasilnya, pihak ABDA menginformasikan finalisasi jumlah kerugian yang akan dibayarkan senilai Rp650 juta belum termasuk besaran deductable (biaya atas risiko). Biaya deductable pada Asuransi ABDA dikenakan 10 persen dari nilai mobil yang akan dibayarkan.

Pada tanggal 4 Februari 2020 pihak asuransi melakukan pencairan klaim sejumlah Rp585 juta ke rekening nasabah, dan keesokan harinya di tanggal 5 Februari 2020, Teddy menginformasikan bahwa uang telah diterima.

Seminggu kemudian setelah kejadian banjir tersebut, Teddy membeli dua mobil baru dan langsung mengasuransikannya melalui Futuready serta memilih ABDA sebagai partner asuransi yang dipercaya.

Terendam Banjir? Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil Melalui Futuready

Kini Anda tahu jika polis asuransi mobil melindungi kendaraan dari ancaman banjir. Coba bayangkan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan Anda yang terkena banjir, bila Anda tidak memiliki pertanggungan banjir di dalam polis asuransi kendaraan yang Anda miliki. Hal ini tentu saja akan sangat menguras isi kantong.

Futuready sebagai pionir pialang asuransi online yang memiliki lisensi resmi OJK, menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil dari berbagai penyedia asuransi mobil terbaik dan terpercaya di Indonesia. Customer Service Futuready akan siap membantu mulai dari mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, membantu Anda dalam melakukan transaksi pembelian asuransi sampai dengan proses klaim. Percayakan polis asuransi mobil Anda di Futuready, dan Anda pun tak perlu khawatir lagi saat melakukan klaim asuransi mobil. Customer Service Futuready akan siap membantu setiap nasabah yang ingin mengajukan klaim, dari proses identifikasi, pengumpulan dokumen, hingga pencairan biaya klaim yang disetujui.

Comments are closed.