Tips Mencari Tiket Mudik Murah Libur Lebaran

Biaya transportasi umum menjelang lebaran biasanya meningkat. Berikut ini tips berhemat untuk mencari tiket mudik.

Berita

Saat Lebaran datang, pengeluaran umumnya bertambah. Baik pengeluaran untuk membeli makanan, pakaian, maupun pengeluaran untuk mudik. Salah satu pengeluaran yang lumayan besar dan harus diperhitungkan adalah biaya transportasi untuk pulang kampung atau mudik, karena biasanya harga tiket menjelang Lebaran mengalami kenaikan.

Agar uang Anda tidak habis saat lebaran, berikut tips berhemat untuk mencari tiket mudik dari yang murah sampai yang gratis:

1. Pesan tiket promo jauh-jauh hari

Promo tiket murah umumnya dibuka jauh-jauh hari dengan jumlah terbatas. Tiket kereta api misalnya. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyediakan tiket murah untuk masyarakat dengan harga tiket lebih terjangkau. Menurut Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 7 Madiun, Eko Budiyanto pemesanan tiket sudah dapat dilakukan setidaknya 90 hari sebelum hari keberangkatan (tempo.co, 25 Mei 2015). Hal yang sama berlaku juga untuk tiket pesawat. Biasanya ada tiket promo yang dijual jauh-jauh hari sebelumnya. Anita misalnya mengaku beberapa kali mudik lebaran dengan harga promo pesawat yang bahkan lebih murah dari harga tiket bus karena pesan 10 bulan sebelum hari Lebaran tiba.

2. Mengikuti program mudik pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan biasanya menggelar mudik gratis. Jika Anda tertarik mengikuti program ini Anda bisa mendaftar secaraÊonlineÊmelalui situs Kementerian Perhubungan.ÊMenteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pada musim mudik tahun 2015, ia menargetkan sebanyak 6.440 penumpang diangkut melalui bus dan 2.880 sepeda motor melalui truk (tempo.co, 27 Mei 2015).

3. Manfaatkan program mudik gratis dari beberapa perusahaan

Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan-perusahaan, baik retail (hypermarket, supermarket, dan minimarket), bank, hingga perusahaan jamu yang menawarkan program mudik gratis. Tahun lalu ada 17 perusahaan yang menyelenggarakan program mudik gratis. Menurut Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso, masing-masing perusahaan punya mekanisme pendaftaran dan waktu keberangkatan Êyang berbeda-beda (beritatrans.com, 26 Mei 2014).

Hypermarket, supermarket, dan minimarket biasanya memberikan tiket gratis dengan cara mengumpulkan poin yang ada di struk belanja. Jika Anda telah mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu, Anda dapat menukarkannya dengan tiket gratis. Sedangkan bank biasanya menggelar program mudik gratis untuk para nasabahnya. Jadi Anda perlu mencari informasi mengenai syarat dan ketentuan dari program yang mereka tawarkan.

Bagikan artikel ini melalui fitur jejaring sosial dan berikan komentar serta tips berhemat saat mudik menjelang lebaran Anda selama ini.

Leave a Reply