Pahami Trik Begal Motor Agar Anda Bisa Mengantisipasinya!

Berita

Tindak kejahatan di jalanan yang semakin tinggi menambah resiko berkendara menjadi dan juga pengguna, tak terkecuali begal motor yang marak akhir-akhir ini diberitakan. Untuk bisa mengantisipasinya, berikut modus dan trik yang biasa dilakukan.

Kasus begal motor semakin meraja lela. Padahal, dari segi keamanan, bisa dikatakan sudah sangat baik. Namun, ternyata itu tidak membuat pembegal menyurutkan niat mereka untuk merampas kendaraan bermotor.

Itulah mengapa Anda harus waspada. Apalagi jika Anda setiap hari melakukan aktivitas di jalan raya. Risiko terkena pembegalan itu pasti ada. Anda harus tahu bagaimana modus yang digunakan saat ini serta bagaimana cara mengantisipasinya.

Maka dari itu, sangat disarankan agar Anda mengambil polis asuransi motor dari Futuready. Dengan membayar premi asuransi yang rendah, Anda mendapatkan proteksi dari aksi pembegalan. Jika terjadi hal buruk seperti ini, Anda bisa menyelamatkan nyawa. Biarkan pembegal mengambil motor Anda. Yang terpenting nyawa Anda selamat.

Karena Anda sudah mengasuransikan motor, Anda tinggal ajukan klaim. Anda bisa mengajukan klaim di Futuready secara online.

Baca juga: Ini Cara Klaim Asuransi Motor yang Benar

Trik Begal Motor yang Sering Digunakan

Ada saja cara yang dilakukan oleh pembegal untuk menggasak motor. 3 trik begal berikut ini yang paling sering dilancarkan:

1. Menendang Motor

Bisa dikatakan ini trik yang paling kuno. Hanya saja, ini paling mudah dilakukan. Apalagi jika pengendara adalah perempuan. Ini yang paling sering diterapkan oleh begal motor.

Mula-mula, pembegal membuntuti target. Ada dua pembegal dengan menggunakan satu motor. Setelah sampai di tempat yang sepi, pembegal akan menendang motor target. Target akan jatuh. Salah satu pembegal siap melarikan motor target. Target dibiarkan kesakitan jatuh di tengah jalan.

2. Mengaku Menjadi Korban Tabrakan

Trik yang sebelumnya itu yang paling kuno. Yang cukup baru adalah trik dengan mengaku menjadi korban tabrakan. Ini dilakukan agar bisa mengelabui korban dan juga mengelabui orang-orang yang melintas di jalan agar tidak terlihat seperti sedang melakukan begal motor.

pencurian begal motor

Jadi, caranya adalah dengan menghentikan target. Pembegal mengatakan bahwa target memiliki saudara yang pernah menabrak pembegal. Dengan alasan tersebut, target diminta untuk memberikan ganti rugi.

Tentu saja ganti rugi yang diminta tidak sedikit. Karena banyak, maka target pembegalan akan diajak untuk berunding di suatu tempat. Di tempat itulah motor akan dibawa lari oleh pembegal.

3. Menggunakan Benang

Ini cara begal motor yang paling sadis. Pasalnya, target bisa terluka parah dan bahkan meninggal. Pembegal memasang benang sehingga mengenai leher pengguna motor yang melentasi sebuah jalan. Dengan cara ini, target akan jatuh kemudian pembegal bisa dengan sangat mudah melarikan motor korban.

Korban pembegal bisa saja terluka. Atau bahkan bisa meninggal karena terkena jeratan benang.

Itulah beberapa trik begal kendaraan roda dua yang paling sering dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mewaspadai agar terhindar dari hal buruk semacam itu.

begal motor di jalan

Baca juga: Ingin Terhindar dari Pencurian Motor? Ini Caranya!

Lokasi dan Waktu Pembegalan Motor

Ada yang bilang lokasi pembegalan itu di jalan yang sepi. Selain itu, pembegalan juga dilakukan di malam hari. Benarkah demikian?

Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya banyak juga aksi begal motor yang dilakukan di tempat parkir umum. Dan itu tidak dilakukan di malam hari, melainkan di siang bolong.

Contohnya saja jika pembegal melakukan modus menghentikan target dengan alasan saudaranya pernah menabrak dirinya. Modus seperti ini tidak hanya bisa dilakukan pembegal di jalan yang sepi dan di waktu malam hari, bukan?

Memang Anda harus lebih berhati-hati jika berkendara di tempat yang sepi. Apalagi itu Anda lakukan di malam hari. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu waspada ketika Anda berkendara di tempat yang ramai di siang hari. Anda harus waspada kapan saja dan di mana saja.

Trik Agar Bisa Lolos dari Upaya Pembegalan Motor

Ada banyak sekali cara agar bisa lolos dari pembegalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Melaju dengan Cepat dan Stabil

Jika Anda berkendara di jalan raya yang ramai, Anda bisa lebih santai. Namun, jika Anda melewati jalan yang sepi, sebaiknya kendarai motor Anda lebih cepat. Bukan berarti Anda harus ngebut. Anda hanya perlu melaju dengan kecepatan yang tinggi tapi stabil. Ini akan membuat Anda terlihat confident sehingga pembegal juga akan berpikir dua kali ketika ingin melancarkan aksinya.

Dalam hal ini, Anda harus tahu bahwa begal motor itu tahu mana pengendara yang tepat untuk dijadikan target. Pengendara yang cara berkendaranya kurang stabil dan terlihat baru belajar naik motor akan dijadikan target empuk. Jadi, usahakan kecepatan motor Anda stabil. Melajulah lebih cepat jika Anda melewati jalan yang sepi.

2. Ikut Gerombolan Pengendara Lainnya

Jika Anda harus lewat jalan yang cukup sepi, usahakan Anda bersama gerombolan pengendara lainnya. Jika belum menemukan gerombolan pengendara, berhenti di tempat yang ramai. Tunggu hingga ada beberapa pengendara. Lalu, ikuti mereka hingga Anda berhasil melewati jalan yang sepi.

Secara psikologis, begal motor tidak berani untuk melakukan aksinya ketika ada beberapa pengendara. Apalagi banyak pengendara cowok. Ketika ada aksi pembegalan, pengendara cowok lainnya akan melakukan perlawanan atau setidaknya mengejar pembegal dan berteriak mencari bantuan.

3. Berhenti Jika Ada yang Mencurigakan

Bagaimana jika Anda sendirian? Tidak ada pengendara motor lain yang bersama dengan Anda? Anda bisa lakukan tips yang pertama, yaitu melaju dengan kecepatan cukup tinggi dan stabil.

Namun, jika Anda merasa ada yang mencurigakan, maka Anda harus hati-hati. Misalnya saja Anda merasa ada motor yang membuntuti dari belakang. Ketika Anda semakin cepat, maka motor di belakang Anda juga melaju semakin cepat.

Ketika itu yang terjadi, segera cari tempat yang ada perkumpulan orang. Misalnya saja warung, toko, atau pom bensin. Segera berhenti di tempat tersebut untuk beberapa saat. Biarkan orang yang Anda curigai tersebut melintas lebih dulu.

4. Jangan Mudah Percaya

Modus yang sering dilakukan sekarang ini adalah mengaku menjadi korban tabrakan. Jadi, mereka mendekati Anda lalu memberhentikan Anda. Mereka mengatakan bahwa saudara Anda pernah menabrak salah satu pembegal yang menghentikan Anda.

Mereka akan mengajak Anda ke suatu tempat untuk berunding dan meminta ganti rugi. Biasanya, mereka akan mengatakan bahwa Anda akan diajak untuk ke rumah mereka.

Jangan percaya. Jika mereka tetap memaksa, mintalah untuk mendiskusikan di tempat yang netral. Misalnya saja di pos polisi terdekat. Lihat respon wajah mereka. Jika mereka menolak, jelas ini modus pembegalan motor.

Anda juga bisa pura-pura percaya. Anda mengiyakan untuk mau berunding ke rumah mereka. Namun, di perjalanan ketika mereka lengah, segera pacu motor Anda dan lari ke arah yang berbeda di mana Anda bisa menemukan banyak orang atau bahkan polisi

Itulah beberapa cara agar lolos dari begal kendaran bermotor. Semoga saja Anda terhindar dari kejahatan di jalan ini.

Comments are closed.