Ketahui Fasilitas dan Proses Check-In Turkish Airlines

Berita

Sebagai salah satu maskapai terbaik, Turkish Airlines menawarkan berbagai fasilitas kelas dunia yang pastinya dapat memanjakan Anda.

Perjalanan dalam pengalaman menjelajahi tempat lain selain rumah adalah kesempatan besar yang tak bisa didapatkan oleh setiap orang, apalagi jika tempat baru yang hendak ataupun telah kita jelajahi adalah tempat yang menakjubkan. Bahkan kita menikmatinya selama dalam perjalanan melalui maskapai atau alat transportasi yang kita gunakan.

Pernah berjalan-jalan ke Turki? Tak sedikit yang mengatakan bahwa negara tersebut sangat menakjubkan, atau pernah sekedar menggunakan maskapai penerbangannya Turkish Airlines saat transit menuju negara lain? Maskapai penerbangan ini patut kita pilih, tak hanya ragam pilihan kelasnya, fasilitasnya pun digadang-gadang memuaskan bagi kita sebagai penumpang.

Fasilitas Turkish Airlines

fasilitas turkish airlines

Terdapat tiga jenis kelas penerbangan pada Turkish Airlines, yaitu Business Class, Comfort Class, dan Economy Class. Kita tentunya dapat biasa memesan kursi tertentu (seperti kursi dekat jendela atau dekat pintu keluar), kita bisa memilih pada saat pemesanan tiket.

Tak hanya itu, maskapai asal Turki ini menyediakan beragam pilihan makanan yang bisa dinikmati oleh para penumpang, tergantung dari jenis penerbangan. Semua hidangan yang disajikan di pesawat semuanya halal atau tepat dalam kategori makanan Muslim dan tidak menentang kepercayaan agama Islam. Hal ini tentunya membuat kita yang selalu was-was dengan makanan saat hendak melakukan perjalanan ke luar negeri tenang dengan makanan yang tersedia. Terlebih tak sedikit yang mengatakan bahwa makanan di maskapai perjalanan ini sangatlah lezat.

Cara Check-in

Hal yang pasti dilakukan setiap penumpang sebelum memasuki pesawat adalah proses check-in. Proses check-in ini sendiri dilakukan setiap maskapai karena bertujuan untuk memastikan data dari calon penumpang yang masuk dan menyingkronkan dengan data yang terdapat di database maskapai, sehingga proses ini meminimalisir serta mencegah terjadinya tindakan kriminal.

Cara check-in dalam sebuah maskapai tentunya memiliki kebijakan tersendiri sehingga berbeda-beda. Turkish Airines memiliki tiga cara check-in bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket pesawat, di antaranya:

1. Airport Check-in

fasilitas turkish airlines

Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh hampir seluruh calon penumpang dari berbagai maskapai adalah airport check-in. Cara ini juga biasa disebut sebagai metode check-in manual. Umumnya, para calon penumpang akani mengantre di loket-loket maskapai yang tentunya berada di bandara kota keberangkatan ataupun kota transit.

Dalam proses check-in manual di bandara ini kekurangannya membutuhkan waktu cukup lama, hal ini dikarenakan kita harus melakukan berbagai prosedur keamanan yang telah diterapkan oleh maskapai penerbangan. Maka, jika kita memilih check-in dengan cara manual ini, kita tentunya harus tiba di bandara keberangkatan paling lambat tiga jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket pesawat Turkish Airlines kita.

Tak hanya harus menjalani berbagai prosedur keamanan, datang di bandara keberangkatan lebih awal juga dikakukan untuk mencegah terjadinya antrean panjang di setiap loket. Apalagi biasanya antrean check-in di bandara ini terjadi sekitar 90 hingga 60 menit menjelang waktu keberangkatan. Selain itu, jika membawa banyak barang, kita harus melakukan pengurusan bagasi.

Penting untuk diingat dan dilakukan, sebelum kita melakukan antrean atau memasuki loket check-in, pastikan kita sudah mempersiapkan berbagai kelengkapan dokumen, kartu identitas, dan tentunya tiket elektronik yang kita miliki. Bagi calon penumpang yang sedang dalam kondisi hamil atau memiliki penyakit khusus pastikan dokumen kesehatan sudah kita siapkan.

2. Online Check-in di Website Turkish Airlines

Era digital memang semakin mempermudah kita dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam proses online check-in. Hal ini pula lah yang menjadi pilihan kedua dalam proses check-in. Tak hanya praktis yang bisa kita lakukan dengan satu sentuhan smartohone, keuntungan utama dalam melakukan check-in secara online adalah kita bisa langsung mengurus bagasi tanpa harus mengantre di loket. Dalam proses online check-in ini kita bisa menggunakan smartphone, gadget, ataupun laptop.

Agar tak kebingungan, berikut langkah-langkah dalam melakukan online check-in Turkish Airlines:

  • Akses situs resmi maskapai di www.turkishairlines.com kemudian klik “Check-in/Manage Booking” yang terletak di bagian depan halaman website.
  • Masukkan nama belakang dan nomor reservasi tiket pesawat pada kolom yang tersedia.
  • Pada laman selanjutnya lengkapi detail informasi, apabila ada permintaan khusus  atau ingin memilih kursi maka cantumkan dalam detail informasi tersebut.
  • Pastikan kembali data yang telah kita isikan sudah lengkap dan benar sebelum menekan tombol konfirmasi. Jika sudah, maka boarding pass akan segera dikirimkan melalui e-mail kita yang terdaftar.

Untuk mempermudah proses online check-in, kita bisa mengunduh aplikasi Turkish Airlines di gadget atau smartphone kita sehingga prosesnya lebih cepat dan praktis.

Meskipun sudah melakukan check-in secara online, kita tetap diharuskan datang lebih awal atau tidak mendesak pada jam keberangkatan, usahakan paling lambat dua jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional.

3. Self-service Check-in Turkish Airlines

fasilitas turkish airlines

Check-in mandiri atau self-service check-in ini bisa kita lakukan melalui kios maskapai yang tersedia di bandara. Check-in di kios ini sangat memungkikan kita melakukan check-in lebih cepat di bandara tanpa harus menuju loket dan memasuki antrean yang padat.

Proses kerja mesin check-in mandiri pada maskapai ini adalah sebagai berikut. Penumpang yang telah memiliki tiket pesawat melakukan check-in dengan mesin kios melalui berbagai pilihan kartu, mulai dari kartu Miles & Smiles atau bank card yang tersedia. Kemudian mesin akan membaca informasi kartu yang kita gunakan tersebut. Jika kita tidak memiliki kartu-kartu yang disebutkan tadi, maka kita bisa memasukkan nomor reservasi, lalu pilihlah tempat duduk sesuai keinginan, setelah itu boarding pass kita akan tercetak

Mesin check-in mandiri di kios tersebut buka 12 jam sebelum jadwal keberangkatan dan akan ditutup 45 menit menjelang keberangkatan pesawat untuk penerbangan domestik dan 60 menit untuk penerbangan internasional. Perlu kita ketahui, mesin check-in mandiri ini bisa digunakan hingga delapan orang dengan nomor reservasi yang sama. Kita tidak bisa sembarangan langsung menuju boarding gate, jika membawa barang atau bagasi lakukan penyimpanan barang terlebih dahulu di baggage counter maskapai. Kecuali, jika kita tidak membawa barang bawaan kita tentunya bisa langsung menuju boarding gate.

Penting bagi kita mengetahui proses check-in maskapai penerbangan yang kita pilih dalam melakukan perjalanan. Jangan sampai kita keliru dan kebingungan saat hendak check-in yang menyebabkan terhambatnya perjalanan kita.

Comments are closed.