Daftar 10 Klasterisasi Universitas Terbaik di Indonesia

BeritaLifestyle & Leisure

Sebagai apresiasi dan informasi, Kemeristekdikti merilis daftar universitas terbaik di Indonesia, ingin tahu universitas mana saja yang masuk di dalamnya?

Sebagai hasil kerja keras universitas-universitas di Indonesia dalam melakukan kegiatan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, Kemeristekdikti membuat daftar klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan beberapa faktor pendukungnya. Klasterisasi ini berlaku untuk perguruan tinggi swasta dan non-swasta di kategori vokasi dan non-vokasi.

Parameter penilaiannya cukup kompleks meliputi kinerja input, proses belajar mengajar, hingga outcome yang dihasilkan. Hal tersebut yang menentukan bahwa universitas di bawah ini layak disebut universitas terbaik di Indonesia.

Baca juga: Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia

Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia

Penilaian terhadap sebuah universitas dilakukan dengan berbagai faktor, sehingga diharapkan hasilnya akan akurat dan sesuai. Menurut hasil penilaian Kemeristekdikti, berikut peringkat universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2019:

Institut Teknologi Bandung

daftar universitas terbaik di Indonesia

Perguruan tinggi negeri tertua ketiga di Indonesia ini sukses menempati peringkat pertama. Institut Teknologi Bandung mengantongi skor 3.671 dari penilaian tim Kemenristekdikti. Persaingan masuk ke kampus ini selalu ketat dari tahun ke tahun. Hampir semua fakultas dibanjiri peminat, terutama Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM).

Kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 1959. Menurut data dari Kemenristek Dikti, saat ini ada sekitar 15.000 mahasiswa yang menuntut ilmu di ITB. Di level Asia, kampus Ganesha ini berada di posisi 86. Sedangkan di level global, ITB berada di peringkat 410 Universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017.

Khusus untuk kampus di bidang teknik, ITB termasuk dalam 300 kampus terbaik di seluruh dunia. Dan ITB seringkali ‘menelurkan’ insinyur dan para pakar di bidang arsitektur dan perminyakan.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) mengekor di posisi kedua dengan skor 3.594. Pendidikan Dokter dan Ilmu Hukum UGM masih langganan menjadi program studi favorit di tiap penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru.

Kampus yang beridiri pada tahun 1949 ini memiliki mahasiswa yang jumlahnya mencapai 50.000 mahasiswa di 18 fakultas. Dulu UGM dikenal sebagai Kampus Ndeso, namun sekarang telah menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Di level Asia, UGM berada di peringkat 105. Sedangkan di level global, UGM berada di peringkat 550 Universitas terbaik di dunia.

Program pendidikan di Universitas Gadjah Mada mulai dari Sarjana hingga gelar Master. Tidak semua orang bisa masuk ke UGM karena harus melalui proses seleksi ujian.

Institut Pertanian Bogor

Peringkat ketiga diisi oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Selisih skornya dengan UGM terbilang tipis, IPB meraih nilai 3.577. Meski bernama institut pertanian, Fakultas Ekonomi dan Manajemen serta Kedokteran Hewan di sini masuk jajaran program studi favorit calon mahasiswa.

Institut Pertanian Bogor berdiri sejak tahun 1963. Walaupun jumlah mahasiswanya tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 15.000 mahasiswa, namun IPB adalah kampus yang menghasilkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.

Dulunya Institut Pertanian Bogor adalah bagian dari Universitas Indonesia, yaitu fakultas pertanian. Setelah resmi berdiri sendiri sebagai universitas mandiri, IPB menawarkan 9 jurusan studi, 1 pasca sarjana, sekolah bisnis dan diploma.

Saat ini IPB berada di peringkat 191 Universitas terbaik di Asia, dan masuk dalam 100 besar jajaran perguruan tinggi terbaik di bidang pertanian dan kehutanan.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) berada di posisi keempat dengan skor 3.462. Bagi para calon mahasiswa yang mengicar bidang teknik, kampus ini menjadi incaran kedua setelah Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: 11 Daftar Universitas Tertua di Dunia

Universitas Indonesia

Secara mengejutkan, Universitas Indonesia (UI) turun peringkat ke posisi lima dengan skor 3.401. Perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia ini biasanya langganan bertengger di peringkat tiga besar. Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat, dan juga Salemba, Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1849.

nama universitas terbaik di Indonesia

Kampus yang identik dengan jas kuning ini berada di peringkat 67 Universitas terbaik di Asia, dan berada di peringkat 325 Universitas terbaik di dunia. UI memiliki perpustakaan terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan jumlah buku mencapai 1,5 juta lebih.

Universitas Diponegoro

Di posisi keenam ada Universitas Diponegoro Semarang (Undip) yang berhasil meraih skor sebesar 3.207 dengan jumlah mahasiswa lebih dari 45.000 orang. Pencapaian ini membuat Universitas Diponegoro berhasil mempertahankan posisinya pada tahun lalu. Kampus ini berlokasi di Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

UNDIP berdiri pada tahun 1957 yang pada waktu itu merupakan perguruan tinggi swasta bernama Universitas Semarang. Pada tahun 1961, oleh Presiden Soekarno, kampus ini kemudian berubah nama menjadi Universitas Diponegoro dan sekaligus menjadi Universitas negeri.

Di level Asia, UNDIP berada diperingkat 240. Sedangkan di level global UNDIP berada di peringkat 1270 Universitas terbaik di dunia.

Universitas Airlangga

Selain ITS, Universitas Airlangga juga termasuk perguruan tinggi unggulan di Jawa Timur. Kampus yang belokasi di wilayah Gubeng, Surabaya ini meraih skor 3.056 dan berada di posisi ketujuh. UNAIR berlokasi di Surabaya, tepatnya di Jl. Airlangga No. 4 – 6, Airlangga, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur.

Kampus yang berdiri pada tahun 1954 ini menawarkan jenjang pendidikan mulai dari Sarjana, Master, hingga Doktor. Saat ini UNAIR berada di posisi 190 Universitas terbaik di Asia, dan peringkat 1578 di dunia.

Universitas Hasanuddin

Peringkat sepuluh besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2019 didominasi oleh kampus-kampus di Pulau Jawa. Universitas Hasanuddin menjadi satu-satunya kampus dari luar Jawa yang berhasil masuk ke peringkat sepuluh besar.

Perguruan tinggi negeri unggulan di Sulawesi ini berhasil meraih skor sebesar 3.036 dan menduduki peringkat kedelapan.

Universitas Brawijaya

Satu lagi kampus di Jawa Timur yang masuk ke jajaran sepuluh besar perguruan tinggi non-vokasi terbaik tahun 2019 yaitu Universitas Brawijaya Malang. Kampus ini meraih skor 2.948 dan menduduki posisi kesembilan. Kampus UNIBRAW berada di Jalan Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

UNIBRAW berdiri pada tahun 1963 dan memiliki 11 fakultas di dalamnya. Menurut QS University Rankings Asia, UNIBRAW masuk di dalam kelompok peringkat 301 – 350 jajaran Universitas terbaik di Asia, dan berada di peringkat 1354 di dunia.

Universitas Padjajaran

Sepuluh besar perguruan tinggi non-vokasi terbaik tahun 2019 versi Kemenristekdikti ditutup oleh Universitas Padjajaran (Unpad). Kampus yang gedung pusatnya terletak di Jatinangor ini meraih skor sebesar 2.906

10 universitas terbaik di Indonesia

UNPAD berdiri sejak tahun 1957, dan saat ini telah memiliki mahasiswa sebanyak 30.000 orang lebih. Universitas Padjadjaran menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, diploma, associate atau foundation degree), gelar sarjana, magister, dan gelar doktor di beberapa bidang studi.

UNPAD menerima mahasiswa dari negara lain. Dengan menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik dan non-akademik untuk mahasiswa termasuk perpustakaan, fasilitas olah raga atau kegiatan, program beasiswa, program pergantian pelajar, serta layanan administrasi.

Baca juga: Mengenal RWTH Aachen, Gudang Para Peneliti Dunia

Informasi di atas semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda yang kini tengah mencari universitas untuk melanjutkan pendidikan. Tapi, bagi Anda yang sudah kuliah, apakah universitas Anda termasuk dalam daftar universitas terbaik di tanah air?

Comments are closed.