Ayo, Tebak Siapa Saja Ustadz Terkenal di Indonesia!

Berita

Memiliki mayoritas masyarakat beragama islam, Indonesia termasuk negara yang memiliki sejumlah ustadz terkenal dengan berbagai bentuk penyampaiannya.

Seorang pedakwah islami atau yang sering disebut ustadz sering sekali dijadikan panutan oleh masyarakat Indonesia. Para tokoh agama ini dianggap memiliki sumber pembelajaran dan pendalaman ilmu agama yang lebih luas. Memiliki tujuan mulia tidak heran jika jumlah ustadz di Indonesia setiap tahunnya selalu bertambah. Meksipun ada beberapa ustadz yang sudah meninggal, tetapi perjuangan dakwahnya selalu diteruskan oleh para ustadz generasi terbaru.

Asal mulanya ustadz bisa jadi terkenal dan diketahui banyak orang dikarenakan seringnya membuka majelis di berbagai kota di Indonesia atupun mengisi program dakwah yang disiarkan di televisi. Bukan hanya itu, seringnya muncul di media sosial juga memberikan dampak terkenal jika memang ustadz tersebut menjadi viral.

Ada banyak sekali nama-nama ustadz terkenal di Indonesia. Mulai dari yang dijuluki sebagai ustadz muda hingga yang sudah berumur. Berikut ini beberapa nama ustadz yang namanya sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di berbagai negara lain.

Nama-nama Ustadz Terkenal di Indonesia

Ustadz Yan Gymnastiar

Memiliki nama lengkap Yan Gymnastiar, Aa Gym merupakan salah satu pendakwah yang namanya sudah tidak asing di telinga masyarkat Indonesia dan dunia. Aa Gym menjadi popular berkat cara berdakwahnya yang unik dengan gaya teatrikal dan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis sehingga mudah untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Aa Gym digemari oleh ibu-ibu rumah tangga, karena ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya. Ketika para ulama konvensional berdakwah tentang keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym memilih untuk bercerita tentang pentingnya hati yang tulus, keluarga yang sakinah dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan. Selain sebagai pendakwah, Aa Gym juga menjadi seorang penyanyi lagu religi dan juga pengusaha dengan mendirikan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung.

Alm. Ustadz Jefri Al Buchori

Berita meninggalnya ustadz muda ini sempat memberikan duka yang mendalam bagi para penggemar dan seluruh masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sapaan Uje, sosok ini menjadi ustadz muda dengan gaya dakwahnya cukup menyita perhatian banyak masyarkat.  Sebelum berhijrah dan menjadi seorang pendakwah, kehidupan ia ini terbilang cukup kelam. Masa mudanya kerap diidentikkan dengan narkoba, disko, dan bermain bola biliar.

Ustadz Abdul Somad

Pria kelahiran 18 Mei 1977 di Silo Lama, Silau Laut, Asahan, telah menamatkan pendidikannya pada 2002 di Universitas Al Azhar Kairo. Namanya mulai banyak dikenal ketika dia aktif memberikan ceramah agama melalui Youtube. Kajian-kajiannya yang tajam dan menarik membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah Ustaz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah Ustaz Abdul Somad yang mengulas berbagai macam persoalan agama. Bahkan bukan itu saja, ceramah Ustaz Abdul Somad juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah terkini, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Ustad Adi Hidayat

Memiliki kemampuan dan kelebihan di bidang menghafalkan Al-Quran dan Hadits membuat Ustadz Adi Hidayat banyak dijadikan rujukan oleh para masayrakat untuk bertanya perihal suatu hukum dalam sudut pandang Islam. Materi isi ceramah yang disampaikan oleh Ustad Adi Hidayat sangat jelas dengan menujukan berbagai madzhab perihal ilmu fiqih dan menyimpulkan dengan bijak sehingga masyarakat mampu menerima dengan baik.

Ustadz Subhan Bawazier

Membawakan isi ceramah dengan tegas memang ciri khas dari Ustad Subhan Bawazier. Tetapi banyak materi ceramah yang memang dasarnya tegas juga mampu menghibur masyarakat Indonesia. Dengan isi ceramah yang menghibur membuat materi yang terbilang tegas terasa ringan dan mudah diterima masyarakat di Indonesia.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ustadz Syafiq Riza Basalamah merupakan ustadz terkenal di Indonesia berikutnya. Isi ceramahnya sering dibawakan dengan sangat santai dan dapat diterima oleh masyarakat luas. Tidak jarang isi ceramahnya sangat menyentuh hati membuat sosok ini disukai oleh banyak masyarkat termasuk kaum hawa.

Ustadz Hanan Attaki

Gaya berdakwah Ustad Hanan Attaki berbeda dari ustadz-ustadz terkenal lainnya. Perbedaannya Ustadz Hanan Attaki menyampaikan dakwah dengan cara memberikan perumpamaan. Ceramahnya ditujukan agar para pemuda dan remaja mudah memahami maksud materi yang disampaikan. Materi-materi yang disampaikan oleh Ustadz Hanan Attaki memang ditargetkan kepada generasi muda muslim agar lebih tertarik untuk memperdalam ilmu agama dan berhijrah menjadi muslim yang lebih baik serta istiqomah dalam kebaikan.

Ustadz Felix Siauw

Berbeda dari kebanyakan ustadz yang mengisi pengajian dan berdakwah melalui media Youtube, Ustadz Felix Siauw lebih sering berdakwah melalui sosial media. Tulisannya sendiri lebih ditargetkan kepada generasi muda muslim dan muslimah. Tentunya tidak sedikit pengikut akun media sosial Ustadz Felix Siauw, karena selalu aktif dan update dalam memberikan materi dakwah yang dapat dilihat setiap harinya oleh masyarakat.

Ustad Yusuf Mansur

Jam’an Nurkhatib Mansur atau yang lebih dikenal dengan Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku, dan pengusaha dari Betawi. Ustaz Yusuf Mansur kerap memberikan ceramah tentang betapa pentingnya bersedekah dan mafaatnya. Isi dan gaya ceramah darinya cukup simpel tetapi mudah diserap dan dipraktikkan oleh para jamaahnya. Sukses menjadi ustadz terkenal  seperti Aa Gym, Ustadz Yusuf Mansur mendirikan pondok pesantren Daarul Quran di daerah Ketapang, Jakarta Barat.

Comments are closed.