VW Beetle: Si Kodok Canggih dan Elegan

BeritaMobil

VW Beetle si mobil kodok yang sangat khas dan mampu memikat hati masyarakat Indonesia. Apa keistimewaan dari mobil ini?

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan merek mobil Volkswagen. Salah satu mobil produksi dari Jerman ini termasuk yang cukup ekslusif di Indonesia. VW Beetle termasuk salah satu mobil yang mampu menggemparkan masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka pecinta mobil.

Pada tahun 2016 silam, VW meluncurkan series Beetle Denim yang Terinspirasi Fashion Jeans 70’an. Mobil ini menjadi salah satu cara VW bangkit dari keterpurukan akibat kasus pemalsuan uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen. Lantas apa yang membuat mobil ini begitu istimewa?

Konon kehadiran series Beetle Denim 2016 berhasil menghidupkan kembali era keemasan pada tahun 70an dan menawarkan beragam keistimewaan bagi pecinta mobil VW lewat desain eksklusif yang diusungnya.  Sisi eksklusif Beetle Denim 2016 bisa dilihat dari jumlah total produksinya yang hanya berada di angka 2.000 unit saja. Secara umum, Volkswagen Beetle Denim 2016 terinspirasi dari Jeans Bug 1970 yang kala itu populer dengan nuansa klasiknya dan juga corak warna eksteriornya yang melegenda lewat warna Pure White dan Stonewashed Blue.

Untuk pilihan varian warna tersebut dibagi rata untuk masing-masing tipe, dimana untuk tiap-tiap tipe hanya akan diproduksi 1.000 unit saja. Selain itu Beetle Denim 2016 juga menganut desain atap buka tutup, atau yang biasa dikenal dengan nama convertible berbahan kain bertekstur bahan denim dengan corak warna Dark Blue.

Baca juga: 7 Fakta Mobil Tercepat Di Dunia Bugatti Chiron

Spesifikasi Lengkap VW Beetle Denim

ragam varian VW Beetle

Interior VW Beetle Benim

Sama hal dengan namanya, sisi interior dari mobil ini juga masih beraura denim dengan bahan pelapis jok berkomposisi material jeans. Uniknya pada jok juga dipermanis dengan kantong jeans di belakang kursi depan. Tidak sampai disitu, sisi casual juga terasa pada bagian dashboard yang menyatu dengan konsep awal. Selain terkesan mewah, Anda juga akan terlihat sporty dan sangat stylish ketika mengendarai mobil ini.

Fitur-Fitur Utama

Untuk bagian fitur, Beetle Denim 2016 sudah disempurnakan dengan sistem infotainment terbarukan MIB II yang tidak hanya menawarkan resolusi tinggi, tapi juga kecepatan operasional dan kebutuhan grafis yang lebih baik.

Tidak sampai disitu, produk satu ini juga sudah disempurnakan dengan sektor multimedia mumpuni dengan layar 5 inchi dan dilengkapi dengan sejumlah fitur standar seperti AUX-in, slot kartu SD, Bluetooth, dan USB interface multimedia yang bisa dikoneksikan dengan perangkat iPhone dan iPod.

Mesin Berteknologi Turbocharged TSI

Pada bagian jantung dapur pacu, untuk pasar AS mobil ini dijejali dengan mesin berteknologi turbocharged TSI dan direct injection 1.8-liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 170 hp dan torsi 240 Nm. Untuk model transmisinya, VW Beetle Denim 2016 menganut transmisi otomatis 6-percepatan.

Varian VW Beetle

VW memamerkan empat spesies kodok baru, yakni Pink Color Edition, Convertible Denim Concept, Convertible Wave, dan  R-Line Study. Walaupun menggunakan bodi khas Volkswagen Beetle, namun ternyata, keempatnya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Pink Color Edition

Sesuai dengan namanya Beetle Pink Color Edition, mobil tersebut mendapat guyuran cat merah muda keunguan. Sementara itu, interiornya begitu manis dengan warna titanium black dan pink metalic. Jenis warna metalic yang hadir pun, membuat Beetle Pink Color Edition tampil begitu atraktif, namun tetap manis.

Convertible Denim

Beda dengan varian sebelumnya, Beetle Convertible Denim punya warna baru, yakni Stonewashed Blue Metallic. Selain itu, hadir juga aksen abu-abu pada tipe ini. Warna denim atau warna seperti celana jeans dihadirkan di bagian atapnya.  Pelek aluminium 18 inci pun melengkapi model yang satu ini. Di dalam, terdapat trim dengan sapuan matte aluminium, dipadu jok model sport. Tampilannya menjadi begitu ekspresif.

Baca juga: Spesifikasi Renault Kwid yang Murah tapi Super Mewah

Beetle Convertible Wave

ragam varian VW Beetle

Varian ketiga adalah Beetle Convertible Wave. Model ini diberi warna eksterior yang cerah, yakni oranye metallic. Sementara itu, penutup kaca spionnya berwarna krom.  Pelek disebut bergaya ”tornado” 19 inci. Jok dibuat dengan motif spesial dan trim kayu.

R-Line Concept

Pada varian  keempat, terdapat Beetle R-Line Concept. Eksteriornya berbalur warna putih mutiara dipadu aksen hitam. Bemper dibuat lebih sporty, ditambah diffuser di bagian belakang. Penampilannya semakin sporty dengan pelek alloy 20 inci.

Harga

ragam varian VW Beetle

Mengenai harga yang akan dibanderolkan pada mobil Volkswagen Beetle Denim ini cukup fantastik. Mobil ini dilabeli dengan harga USD 26.815 atau setara dengan Rp 352,5 juta. Tetapi jika mobil tersebut masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya akan naik dua kali lipat bahkan bisa tiga kali lipat dari harga aslinya. Kenaikan ini disebabkan adanya PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah). Karena di Indonesia sendiri, sudah berlaku undang-undang tentang PPnBM yang mana memberikan pajak terhadap barang yang tergolong mewah yang dilakukan oleh produsen atau pengusaha untuk menghasilkan atau mengimpor barang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya.

Meksipun tipe mobil ini sudah cukup lama, tetapi bagi pecinta mobil, Volkswagen Beetle masih djadikan salah satu mobil yang unik yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini disebabkan ekterior dan juga onsepnya yang sangat berbeda dari jenis mobil lainnya. Tidak sampai disitu, jenis mobil inilah yang menjadi ciri khas dari Volkswagen.

Baca juga: Mobil Italia Paling Dikenal di Indonesia, Mana Favorit Anda?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.