Wisata Raja Ampat, Siap Berangkat ke Destinasi Terbaiknya?

Berita

Wisata Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki Indonesia. Saat pergi ke sana, jangan lewatkan destinasi pilihan kami ya!

Bisa dibilang, Indonesia merupakan surga dunia. Hal ini tak lepas dari banyaknya wisata alam yang membuat para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri rela merogoh kocek untuk dapat menikmati keindahan alamnya.

Mungkin tempat wisata atau daerah yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di tanah air adalah Bali. Pulau Dewata memang memiliki beragam pantai indah. Selain itu, Bali juga memiliki budaya yang kuat. Jadi, tak heran jika para wisatawan tak pernah bosan datang ke sana.

Selain Bali, nyatanya Indonesia punya satu tempat yang saat ini sedang naik daun dan rasanya Anda pun tak asing dengan namanya, yaitu Raja Ampat. Tempat tersebut merupakan rangkaian dari empat pulau alami yang dikelilingi dengan lautan yang sangat bersih dan indah.

Wisata Raja Ampat bahkan terpilih sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, karena pantai dan lautnya yang sangat bersih dan terawat. Lalu, ada destinasi apa saja yang wajib dikunjungi saat pergi ke Wisata Raja Ampat? Agar tidak tenggelam dalam rasa penasaran, mari kita lihat bersama di bawah ini!

Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Wisata Raja Ampat

Pulau Wayag

Inilah pulau spesial pertama milik Kabupaten Raja Ampat yang dianggap sebagai surganya dunia. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan warna laut yang biru bersih. Benar-benar indah. Bahkan karena keindahannya, Pulau Wayag menjadi ikon wisata Raja Ampat.

Tak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pulau Wayag juga memiliki pesona keindahan bawah laut yang indah. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. Di sini wisatawan dapat melihat gugusan karang dan ratusan jenis ikan laut. Keindahannya tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini, tak perlu khawatir di sini terdapat beberapa resort dan tempat menginap yang bisa disewa.

Untuk bisa sampai di Pulau Wayag, kita hanya tinggal naik pesawat menuju Sorong, lalu lanjutkan perjalanan dengan naik pesawat ke Waisai. Setelah sampai di Waisai kita bisa mencari kapal di pelabuhan menuju Pulau Wayag. Biaya yang dikeluarkan saat traveling ke Pulau Wayag cukup menguras kantong, jadi kita harus mempersiapkan perjalanan dengan matang sebelum ke sini.

Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat. Dengan pasir berwarna putih, pulau ini banyak diminati oleh wisatawan. Apalagi di sini adalah tempatnya ikan pelangi yang jarang ada di dunia menambah keistimewaan pulau ini.

Selain itu, masyarakatnya juga memiliki adat istiadat yang kental. Tarian Wor adalah salah satu tarian yang selalu menjadi salah satu tarian penyambut para wisatawan yang datang ke sini. Wisatawan akan betah dengan masyarakat yang ramah selama di tempat wisata Raja Ampat ini.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas lain selain bersantai dan berbaur dengan masyarakat, di Pulau Salawati juga terdapat sebuah tempat sejarah peninggalan Perang Dunia II di dasar laut yang seru untuk dijelajahi. Kapal-kapal perang yang karam bisa menjadi spot untuk menyelam yang tak terlupakan.

Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Misool sendiri terbagi menjadi empat bagian yaitu, Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat dan Misool Utara.

Wisata Raja Ampat ini juga termasuk daerah segitiga karang dunia. Jadi tak heran jika di sini banyak ditemui ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai oleh wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut. Apalagi Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus, dan pari manta.

Tempat-tempat yang tak boleh terlewat di Misool adalah Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari Puncak Harfat juga terdapat tempat yang cukup indah namanya Puncak Love di sini kita bisa melihat laguna berbentuk hari dari atas puncaknya.

Selain wisata alam, di sini wisatawan juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50.000 tahun dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara.

Menyelam di Pulau Kri

Jika ditanya tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat maka kami akan menjawab salah satunya adalah Pulau Kri. Di sini wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan dalam satu penyelaman saja. Di sini ada banyak barakuda, jacks, batfish, dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura. Arusnya tidak begitu kuat dan karangnya sangat indah.

Tempat ini berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Bagi wisatawan yang ingin menginap di pulau ini terdapat resort salah satunya adalah Kri Eco Resort Raja Ampat.

Kepulauan Pianemo

Banyak orang bilang Kepulauan Pianemo adalah miniaturnya Pulau Wayag. Hal ini tak lain tak bukan karena pemandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan Pulau Wayag. Tapi bedanya di sini wisatawan harus berjuang naik ke pulau kecil untuk bisa melihat keindahan kepulauan ini.

Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini sudah bisa diakses saat pagi tiba karena sudah ada banyak speedboat di Waisai pukul 06.00 WIT. Tidak butuh waktu lama, kita akan sampai di Pianemo. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau berwana hijau di atas birunya air laut.

Itulah destinasi yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Wisata Raja Ampat. Sudah siapkan segala sesuatunya untuk berwisata ke sana?

Comments are closed.