Ini Tip dan Trik Selama Work From Home Ala Karyawan Futuready

Asuransi KesehatanBeritaHealth

Meskipun work from home, seluruh karyawan Futuready tetap happy dan produktif, lho dalam bekerja. Apa saja sih rahasia? Yuk, simak artikel berikut ini ya!

Pandemi COVID-19 di Indonesia setiap hari semakin mengkhawatirkan. Hal ini tentu berdampak secara signifikan pada aktivitas masyarakat. Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menangani khasus ini. Mulai dari melakukan rapid test hingga menerapkan social distancing untuk memtus rantai penyebaran virus corona.

Salah satu anjuran yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menyukseskan program social distancing, yaitu mengharuskan semuanya untuk bekerja di rumah. Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan hal ini secara langsung dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020) lalu. Tidak hanya presiden, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menghimbau untuk pemberhentian sementara kegiatan perkantoran dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Baca juga: Daftar Rumah Sakit Rujukan Penanganan Virus Corona di Indonesia

Bekerja di rumah dengan kantor tentu memiliki banyak perbedaan. Bosan menjadi musuh besar selama menjalankan kegiatan ini. Nah, pada artikel ini Futuready ingin berbagi pengalaman dari beberapa karyawan Futuready mengenai tip dan trik yang sudah dilakukan selama satu minggu work from home dalam mengatasi bosan dan tentunya untuk tetap sehat.

Tip Mengatasi Bosan Selama Work From Home

Mendengarkan Lagu

Mendengarkan lagu menjadi salah satu cara yang bisa mengatasi bosan dikala suntuk dengan pekerjaan yang tidak kunjung selesai selama work from home. Berhenti sejenak dari pekerjaan Anda, dengarkan lagu favorit atau lagu yang bisa memberikan energi semangat positif sehingga Anda bisa kembali bekerja dengan pikiran yang lebih fresh.

Bermain Games

Tip yang dapat Anda lakukan selanjutnya saat bosan Work From Home atau WFH adalah bermain games. Namun, pastikan pekerjaan Anda telah selesai dulu ya. Jangan sampai Anda keasikan main games, tapi pekerjaan terbengkalai.

Saling Memberi Semangat Sesama Rekan Kerja

video call selama wok from home

Video call menjadi media yang paling banyak dipilih supaya tetap bisa menjalin komunikasi dengan baik antar rekan kerja. Tipnya agar tidak bosan selama work from home, Anda bisa memberikan semangat kepada rekan kerja untuk tetap menjaga produktivitas waktu yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa bercanda untuk mencairkan suasana agar tetap relaks. Jadi, mulai besok jangan hanya membicarakan pekerjaan saja ya, tetap saling memberikan motivasi agar pikiran dan tubuh tetap positif.

Menonton Film

Nah, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat bosan WFH, yakni menonton film. Anda bisa menonton film kesukaan dari youtube, netflix, atau lainnya. Jika pekerjaan sedikit lebih longgar, bisa Anda selipkan untuk menonton film sebagai cara refreshing sebelum kembali bekerja.

Membuat Space Khusus Ruang Kerja

Salah satu penyebab kerja di rumah cepat bosan dikarenakan tempat yang kurang nyaman. Biasanya mereka lebih memilih bekerja di atas kasur dengan posisi tengkurap atau sambil tiduran. Tentu kondisi ini memberikan pengaruh buruk untuk Anda sulit fokus mengerjakan pekerjaan sehingga timbul rasa bosan.

Nah, jika di antara kalian ada yang merasakan hal ini, Tim Operations Futuready memberikan solusi agar Anda membuat space khusus sebagai pengganti ruang kerja di kantor. Tidak perlu berlebihan asalkan bisa memberikan suasana nyaman dan fokus bekerja.

Baca juga: Dampak Virus Corona Terhadap Pariwisata Indonesia

Melakukan Banyak Kegiatan

Bagi Anda yang sudah menikah, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar work from home tetap semangat dan anti bosan. Margaretha Rhea Damara selaku Head of Legal & Corporate Secretary Futuready ingin memberikan pengalamannya. Selama WFH ini banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selain mengerjakan pekerjaan kantor, seperti memasak untuk keluarga, membantu anak untuk mengerjakan tugas sekolah, dan memberikan waktu untuk tubuh beristirahat sejenak sambil mengumpulkan energi positif untuk kembali mengerjakan pekerjaan kantor. Jadi, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sehingga menghilangkan rasa bosan selama WFH.

Tip Agar Tetap Sehat Selama Work From Home

Selama pandemi COVID-19 di Indonesia belum membaik, tentu work from home akan tetap diberlakukan untuk seluruh karyawan. Selain membuat bosan, konsetrasi juga mulai terdistraksi sehingga membuat Anda mudah pusing dan ingin mengunyah makanan terus. Padahal, tubuh juga perlu asupan nutrisi yang layak supaya tetap berenergi dan terus produktif.  Nah, supaya Anda tetap sehat selama WFH, yuk ikuti tip-tip di bawah ini.

Tetap Menjalankan Pola Hidup Sehat

menjalankan pola hidup sehat selama work from home

Gretel Griselda selaku Head of Corporate Business Development Futuready mengaku bahwa dengan ada kegiatan work from home ini, bisa lebih menjalankan pola hidup sehat, mulai minum air lemon setelah bangun tidur, rutin berolahraga, berjemur setiap pagi, hingga 7 menit workout, dan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, gizi, dan vitamin. “Jadi, saya bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk lebih hidup sehat sebelum mulai bekerja,” ujarnya.

Selain itu, Gretel juga memberikan tip agar tetap bisa bekerja dengan produktif selama work from home, yaitu dengan menggunakan pakaian rapi layaknya pergi ke kantor agar tetap semangat mengerjakan pekerjaan.

Jangan Mudah Stres

jangan stres

Sulit memang untuk tidak memikirkan perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia ini. Namun, tanpa disadari hal ini bisa membuat Anda menjadi stres sehingga berdampak pada penurunan imun di dalam tubuh. Jika imun Anda menurun, tentu segala macam bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh.

Jadi, solusinya untuk Anda yang mudah stres, Anditry Carmina selaku Director of Human Resource Management Futuready memberikan tip supaya Anda lebih membatasi informasi yang masuk dan memilih sumber-sumber berita terpercaya saja untuk dipantau. Hal ini dilakukan untuk menjaga pikiran Anda agar tetap pisitif.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Menanggung Biaya Pengobatan Pasien Virus Corona

Selain itu, Anditry Carmina juga menyarankan untuk melakukan apapun yang bisa membuat Anda senang. Misalnya, bermain bersama anak, videocall bersama teman-teman, dan lain sebagainya.

Indonesia memang sedang di tahap darurat bencana nasonal dengan adanya pandemi COVID-19 ini. Namun, kita pasti bisa melewati ini asalkan seluruh masyarakat Indonesia tetap disiplin dan mengikuti semua anjuran dari pemerintah. Yuk, bantu pemerintah melawan virus corona dengan #dirumahaja!

Comments are closed.