Yuk, Intip Cara Mengelola Hutang Agar Keuangan Tetap Terjaga!

Ketahuilah cara mengelola hutang agar membantu Anda dalam membuat keuangan tetap terjaga. Simak penjelasan berikut!

Berita

Mungkin sangat berat bebannya jika Anda menyadari berapa jumlah hutang Anda dan bahwa Anda tidak bisa melunasi. Buatlah rencana bagaimana Anda akan mengelola hutang dan akhirnya melunasi hutang-hutang Anda. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih tenang dan membantu Anda berada di jalur yang tepat untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat dan masa depan yang cerah.
Ê

Kenali Definisi Hutang

Sebelum mengetahui cara mengelola hutang, ada baiknya ketahui terlebih dahulu definisi hutang. Hutang adalah kewajiban seseorang atau perusahaan yang timbul karena tindakan atau transaksiÐtransaksi di masa lampau untuk memperoleh aktiva atau jasa, yang pelunasannya baru akan dilakukan di masa yang akan datang, baik dengan penyerahan uang tunai, aktiva-aktiva tertentu lainnya, jasa, maupun dengan menciptakan hutang baru.
Ê
Hutang dapat menimbulkan kewajiban keuangan ataupun kewajiban pelaksanaan. Sebagai contoh, kewajiban keuangan misalnya hutang usaha, hutang pajak, hutang deviden, hutang bunga, dan sebagainya. Sedangkan kewajiban pelaksanaan, misalnya sewa yang diterima di muka, beban yang diterima di muka, dan uang garansi pembelian dari para pembeli. Bagaimana pun kondisi Anda, wajib mengembalikan hutang tersebut.Ê
Ê
Di sisi lain, akses dalam berhutang semakin mudah kita temui. Setiap hari bahkan mungkin setiap jam, telemarketing bank tertentu menawari kita dana pinjaman. Belum lagi toko-toko yang memermudah kita membawa pulang barang tanpa harus keluar uang cash.
Ê
Biasanya kesalahan yang terjadi pada orang yang agresif berhutang adalah mereka kurang menimbang risiko-risikonya. Baik dari risiko bunga maupun risiko kesinambungan sumber penghasilan yang digunakan untuk membayar hutang. Untuk itu, selain Anda harus menyiapkan dana untuk mengembalikan atau mencicil hutang, sebaiknya analisa juga sumber penghasilan Anda sekarang dan di masa yang akan datang. Inilah mengapa Anda penting ketahui cara mengelola hutang dengan baik.
Ê
Ê

Cara Mengelola Hutang Agar Keuangan Tetap Terjaga

Mengelola hutang dengan baik bisa membantu keuangan tetap terjaga. Anda tentu tidak mau jika masalah keuangan membuat Anda pusing, kan? Berikut ini merupakan cara mengelola hutang agar keuangan tetap terjaga dan Anda tidak khawatir dengan masalah finansial.
Ê

1. Teliti Jenis-Jenis Hutang

Menurut penggunaannya, hutang bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif. Hutang produktif adalah hutang yang kita gunakan untuk membeli aset produktif. Aset produktif, yakni aset yang nilainya terus meningkat atau menghasilkan nilai yang lebih besar dari cicilan hutang.
Ê
Termasuk di sini adalah kredit pemilikan rumah (KPR), kredit investasi, atau kredit modal kerja. Sebaliknya, segala jenis hutang yang kita manfaatkan untuk membeli aset konsumtif dinamakan hutang konsumtif. Misal, kartu kredit untuk belanja barang di mal atau makan di restoran. Ini termasuk ke dalam cara mengelola hutang. Jadi, sebisa mungkin jika Anda harus berhutang, pilihlah jenis hutang produktif.
Ê

2. Mengatur waktu pembayaran hutang

Cara mengelola hutang selanjutnya adalah Êmengatur waktu pembayaran hutang. Untung membayar hutang tepat waktu, sesuaikan dengan jadwal Anda menerima gaji atau income. Jika Anda menerima gaji setiap tanggal 25, lebih baik jadwalkan setiap tanggal 26 untuk membayar hutang. Memakai sistem kalender atau aplikasi sistem pengingat di smartphone Anda juga dapat membantu mengatur waktu pembayaran hutang.Ê
Ê
Untuk hutang kartu kredit, salah satu tips untuk melunasi hutang adalah selalu membayar pembayaran minimum atau minimum payment setiap tanggal jatuh tempo agar tidak terkena denda. Jika memungkinkan, lunasi hutang kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo.
Ê

3. Manfaatkan Hutang Sebaik-Baiknya

Usahakan saat berhutang jangan sampai manfaat dari hutang lebih kecil dari biaya hutang. Sebagai contoh, jika Anda membeli mobil dengan sistem kredit. Agar memberikan manfaat, Anda bisa menyewakan mobil tersebut. Hasilnya bisa digunakan untuk membayar cicilan beserta biaya hutang yang jadi kewajiban Anda.
Ê

4. Jaga Rasio Hutang Anda

Rasio mencicil hutang sebaiknya di bawah 30% dari penghasilan bulanan. Jumlah ideal tersebut diperlukan agar penghasilan bulanan tidak habis hanya untuk membayar hutang. Ini merupakan salah satu cara mengelola hutang karena dengan menjaga rasio tersebut tentu akan membuat keuangan Anda juga tetap terjaga.
Ê
Hitung biaya hutang mulai dari bunga, denda keterlambatan, biaya administrasi kredit, juga skema hitungan bunganya. Dari sana Anda bisa membandingkan mana hutang yang paling murah dan mana yang paling mahal. Selanjutnya, usahakan untuk membayar hutang Anda di atas cicilan minimum. Tujuannya, supaya pelunasan bisa lebih cepat. Jika memang mendesak, jual saja sebagian aset Anda untuk melunasi hutang-hutang. Setelah mengetahui definisi hutang dan cara mengelola hutang, maka Anda bisa lebih mengantisipasi masalah finansial yang bisa terjadi.
Ê

Leave a Reply