3 Aksi Antisipasi Kejadian Tak Terduga Terkait Pekerjaan

Entrepreneurship

Selalu ada risiko dalam pekerjaan, apa pun itu jenisnya. Lindungi risiko yang berhubungan dengan pekerjaan dengan cara di bawah ini.  

Kejadian tak terduga seperti kecelakaan yang berakibat fatal bisa menimpa siapa saja dan di mana saja, termasuk pada Anda saat berada di tempat kerja. Begitu juga “ancaman” PHK massal yang terjadi tiba-tiba sehingga membuat Anda menganggur. Anda harus berhati-hati dan waspada untuk melindungi diri dari risiko tersebut

Selain dana, persiapan apalagi yang Anda harus lakukan? Tiga aksi ini bisa jadi  antisipasi yang harus dipersiapkan sejak dini.

Tabungan Terpisah

Selain tabungan inti yang biasa Anda gunakan, harus ada dana tabungan yang dimiliki. Buatlah rekening baru yang khusus digunakan sebagai dana tabungan. Bila perlu jangan membuat kartu ATM untuk tabungan ini agar Anda tidak “gatal” ingin menarik uang di dalamnya. Tabungan cadangan ini sangat bermanfaat seandainya ada kejadian tak terduga seperti kecelakaan di tempat kerja dan Anda perlu uang berobat atau biaya hidup.

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri adalah jenis perlindungan diri yang baik bagi Anda. Bila Anda memiliki asuransi kecelakaan diri, seandainya terjadi hal-hal tak diinginkan di tempat kerja, maka ada perlindungan yang akan meringankan biaya yang harus Anda keluarkan. Plusnya, saat Anda dalam masa pemulihan dan tidak bekerja dalam jangka waktu tertentu, ada uang pertanggungan yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti penghasilan bulanan.

Investasi Sebagai Simpanan

PHK berarti Anda tak lagi memiliki pekerjaan, yang berarti juga tidak ada penghasilan yang masuk. Nah, coba kini mulailah sisihkan juga dana investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih. Ingat, untuk memulai investasi Anda tidak harus menyisihkan dana besar. Bermodal uang mulai Rp100 ribu, Anda sudah bisa mulai berinvestasi. Salah satu pilihan investasi dengan dana ratusan ribu adalah reksadana atau emas. Jika tiba-tiba kena PHK dan tak ada pemasukan, Anda bisa menggunakan dana investasi ini untuk kebutuhan sehari-hari, sampai akhirnya bisa dapat pekerjaan kembali.

Semoga, dengan melakukan sejumlah antisipasi di atas, berbagai risiko terkait pekerjaan Anda bisa dihindari. Ajak orang-orang terdekat Anda untuk ikut mempersiapkan antisipasi ini, sharing and carrying.

Leave a Reply