Dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis startup memang tidak sedikit salah satu caranya adalah mencari suntikan dana melalui investor. Bagaimanakah caranya?

Mempunyai perusahaan startup yang telah Anda idamkan dan pikirkan secara matang, tentu tidak sabar untuk segera menjalankannya. Namun masalahnya terbentur dana yang tidak sedikit. Pilihan mencari dana melalui investor menjadi salah satu cara jitu untuk bisa segara menjalankan bisnis startup. Jangan sampai menyia-nyiakan waktu Anda bertemu dengan investor, untuk itu Anda harus bisa mempresentasikan proposal dengan maksimal, tentunya juga mempunyai etika dan ahli dalam bisnis startup yang akan digeluti.

SEMUA DAPAT DISKON! Berkendara ke mana pun dan di mana pun, rasakan keamanan maksimal dengan asuransi mobil terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo MOBIL010 dan langsung dapat DISKON 10%!

bisnis startup

Apa saja cara supaya startup founder bisa bertemu dengan investor? Simak beberapa tip berikut ini!

Investor Ingin “Diperkenalkan” kepada Anda

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai investor. Umunnya, investor sebagai pemegang dana tidak mau bertemu dengan Anda, tapi mereka mau “diperkenalkan” dengan Anda. Salah satu caranya adalah melalui perantara perusahaan.

Perkenalan dari perantara bisa menjadi suatu hal yang bisa membantu bisnis startup Anda untuk mendapat pendanaan dari investor. Analoginya begini Anda bisa saja dengan mudah mendapatkan pacar yang diperkenalakan oleh teman, dibanding mencarinya sendiri. Begitupun dalam mencari investor. Akan lebih mudah mendapatkan investor dari perantara dibanding mencarinya sendirinya, walaupun sebenanrya bisa-bisa saja tapi presentasenya kecil.

Hubungan Pertemanan yang Baik Antara Pihak Perantara dengan Investor

Faktor yang bisa memengaruhi untuk mendapatkan investor yang Anda incar, bisa melalui dari tingginya jabatan seorang perantara. Jadi yang dimaksud adalah hubungan pertemanan yang baik antara pihak perantara dengan investor akan sangat membantu Anda. Paling tidak investor sudah mengetahui bagaimana reputasi pihak perantara tersebut dan percaya bahwa rekomendasi dari pihak perantara tersebut memiliki potensi yang menguntungkan.

Hal yang perlu diperhatikan tentunya juga hubungan baik Anda kepada pihak perantara tersebut. Memiliki kenalan yang terpercaya juga bisa memberikan rekomendasi yang baik kepada Anda.

Jangan Pernah Mengirimkan Cold E-mail kepada Investor

Ini penting sekali karena cold e-mail adalah surel yang tidak pernah diminta sebelumnya, yang berarti tidak pernah ada informasi permintaan sebelumnya. Bayangkan saja tidak ada pemberitahuan sebelumnya tiba-tiba Anda mengirim e-mail yang berisikan permohonan dana, dengan begitu pihak investor pun akan menggangap tindakan tersebut adalah tindakan kurang sopan.

Baca Juga: Autodebet: Cara Mudah untuk Mulai Investasi Startup

Anda yang sedang mencari investor untuk perusahaan startup Anda, ketiga tips di atas bisa mejadi referensi Anda untuk bertemu dengan investor memanfaatkan jaringan pertemanan juga bisa menjadi kunci Anda untuk bertemu investor. Setelah bertemu jangan sampai Anda sia-siakan juga untuk bisa mempresentasikan dengan baik, agar investor tersebut tertarik untuk mengalokasikan dana ke perusahaan startup Anda. Dengan begitu perusahaan startup Anda akan terwujud.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *