4 Cara Cepat Biar Anda Punya Rumah Sendiri

Entrepreneurship

Cara cepat biar Anda punya rumah sendiri itu bukan mustahil. Coba saja empat cara ini, Anda akan cepat memiliki rumah impian sendiri. Tak percaya?

<h2style=”font-size: 14px;”>Merencanakan Keuangan untuk Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri pastinya jadi impian setiap orang. Ya tapi tahu sendiri kan, uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah tidak sedikit. Apalagi bila kondisi sekarang ini Anda baru saja diterima kerja dan belum memiliki persiapan apa pun.

Ada cara yang bisa Anda lakukan dengan melakukan cicilan rumah kepada bank. Prita Ghozie, perencana keuangan, mengatakan bahwa bank akan meminta uang muka sebesar 30% dari harga jual rumah, dengan angsuran 30-50% dari pendapatan Anda. Triknya, akan lebih baik jika Anda membayar uang muka yang lebih besar lagi, agar jumlah pinjaman, bunga, dan cicilannya jadi lebih kecil.

Meski berat jangan putus asa, Anda bisa mengikuti 4 langkah berikut untuk membeli rumah impian Anda:

  1. Menabung

Perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid mengatakan, Anda perlu menabung minimal 15% dari penghasilan. Anda dapat memilih jenis tabungan yang bisa secara otomatis memotong gaji Anda masuk ke rekening tabungan Anda (autodebit).

BACA JUGA: Selepas Menikah Ini 3 Asuransi yang Anda dan Keluarga Perlukan

  1. Meminjam Uang dari Keluarga Dekat

Dilihat dari sisi finansial, sebenarnya meminjam uang dari keluarga dekat punya keuntungan tersendiri. Sebab pembayarannya bisa lebih fleksibel dan tanpa bunga. Tetapi Anda harus benar-benar memperhitungkannya agar dapat selalu membayar tepat waktu. Hal ini untuk menjaga hubungan baik serta nama baik Anda di keluarga.

Meskipun meminjam dari keluarga dekat, sebaiknya disertakan saksi dan surat perjanjian legal. Ini untuk menghindari hal-hal lain yang tidak  diinginkan di kemudian hari.

BACA JUGA: 5 Penyakit Terkait Alat Reproduksi Pria

  1. Investasi

Pilih jenis investasi yang aman dan dapat memberikan keuntungan maksimal. Pastikan investasi Anda dikelola oleh pengelola keuangan yang teruji dan terpercaya. Hindari investasi pada satu produk yang sama, tetapi sebarlah ke beberapa jenis investasi berbeda. Hal tersebut untuk membagi rata kemungkinan risiko rugi yang bisa terjadi di masa depan.

  1. Menjual Kendaraan

Anda bisa menjual kendaraan untuk uang muka rumah. Jika masih sisa uangnya, bisa Anda belikan kendaraan lain yang sesuai.

BACA JUGA: Belanja Asuransi Online: Cepat Gak Pakai Ribet

Tip: Tanyakan keringanan cara pembayaran pada sales atau pengembang rumah yang Anda inginkan. Biasanya mereka dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran uang muka. Contohnya dengan uang muka yang dapat dicicil 10 -20 kali cicilan.

Padukan beberapa cara di atas, bila Anda ingin memiliki rumah idaman. Lakukan segera dan sambut rumah impian Anda!

 

Leave a Reply