5 Sumber Iklan Gratis di Internet

Entrepreneurship

Facebook dan instagram jadi salah satu sumber iklan gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk atau meningkatkan penjualan. Baca artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut.

Iklan merupakan salah satu bentuk penyajian informasi mengenai sebuah produk, tujuannya adalah untuk mendorong masyarakat tertarik dan membeli produk tersebut. Media iklan sendiri ada dua yakni konvensional dan modern. Konvensional meliputi koran, radio dan televisi sementara modern ini adalah iklan berbasis internet, dimana iklan gratis bisa Anda ciptakan.

Ya, untuk beriklah di media massa seperti tv dan radio ada harga yang harus Anda bayar untuk sepersekian waktu tayang iklan. Sementara di internet ada banyak cara untuk menyiasati agar Anda bisa mendapatkan iklan gratis. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Peran Media Sosial Bagi Bisnis

Sumber Iklan Gratis di Internet

ragam iklan gratis

Media Sosial

Iklan gratis melalui media sosial sangat mungkin dilakukan. Anda hanya perlu membuat akun bisnis, membuat konten yang menarik perhatian dan menargetkan beberapa grup yang relevan dengan produk sebagai pangsa pasar. Hal itu bisa Anda lakukan sendiri secara manual.

Namun bagi Anda yang tak ingin lelah bisa gunakan iklan berbayar yang disediakan oleh masing-masing platform.Masih bingung bagaimana caranya? Anda bisa sewa jasa profesional saja agar promosi yang dilakukan dapat lebih efektif.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapat ketika memilih media sosial sebagai media promosi, salah satunya adalah jangkauan target yang lebih luas, penyebaran informasi yang lebih cepat dan biaya promosi yang lebih murah.

Blog

Salah satu platform lain yang dianggap cukup efektif untuk iklan gratis adalah blog. Menurut Merriam Webster blog adalah website dengan konten personal yang berbentuk artikel, video dan foto. Informasi yang ada dalam sebuah blog bisa beragam maupun khusus. Nah untuk membangun blog bisnis yang berisi iklan gratis sebaiknya sejak awal pembuatannya sudah punya kekhasan sendiri.

Anda bisa merancang konten yang menyuguhkan berbagai informasi terkait produk yang dijual lengkap dengan reviewnya. Pun ternyata ada cara lain untuk menggenjot konten blog agar lebih banyak dibaca khalayak yakni dengan penggunaan tekni SEO (search engine optimization).

You Tube

ragam iklan gratis

Sebenarnya youtube juga masih termasuk dalam sosial media, namun karena punya kekhasan tersendiri maka kita butuh pembahasannya tersendiri. Mendapatkan iklan gratis melalui youtube sangat mungkin dilakukan. Anda hanya perlu membuat akun yang menarik dan menjaring sebanyak mungkin penonton. Setelah punya cukup pengikut barulah perkenalkan produk yang Anda jual sebagai konten.

Youtube memungkinkan kita menjangkau khalayak yang lebih luas, baik di lintas negara maupun benua, terpenting kita memiliki konten yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Jika ingin promosi yang lebih gerilya Anda bisa coba iklan youtuber berbayar. Setidaknya jutaan orang didunia berkesempatan mengenal produk Anda.

Email

Siapa sangka email juga bisa menjadi media iklan gratis jika Anda mengerti caranya. Kalau Anda adalah pribadi yang sering menggunakan email maka tak asing dengan “promote email” biasanya berisi produk tertentu. Nah itu hanya akan ditemui pada iklan produk berbayar. Sementara jika Anda ingin memanfaatkan email sebagai media promosi gratis, cara yang bisa dilakukan adalah dengan “email blast”.

Yakni mengirimkan konten promosi yang menarik lewat halaman subject email. Pesan ini akan otomatis masuk dalam “inbox” penerima. Namun, jangan berharap langsung terbaca oleh mereka. Karena sebagian besar mungkin akan langsung menghapus tanpa membacanya lebih dulu.

Karena itu sebelum email promosi Anda di “skip” , upayakan untuk buat judul email yang menarik atau bombastis. Misalnya soal promo atau kesempatan cashback jika membeli produk Anda.

Baca juga: Keterampilan yang Harus Anda Miliki Bila Ingin Menjadi Manajer Sosial Media

Word of Mouth

ragam iklan gratis

Salah satu cara lain untuk bisa mendapatkan promosi bebas biaya adalah melalui mulut ke mulut. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuat konten singkat mengenai produk dan sebarkan ke berbagai grup percakapan pribadi seperti whats app dan line. Pastikan Anda menyebarkan informasi tersebut pada grup dan individu yang tepat. Jangan sampai strategi yang Anda lakukan justru dianggap gangguan, dan akhirnya calon pembeli justru ogah membuka iklan Anda.

Tingkatkan Penjualan Melalui Iklan Gratis di 4 Sosial Media ini

Dibanding platform penjualan lain yang ada saat ini, bisa dibilang sosial media punya peran yang signifikan. Karenya banyak terjadi penjualan lewat konten yang disuguhkan para brand. Nah dari sekian banyak sosial media yang ada, 4 diantaranya menjadi favorit para penjual. Apa saja ke empat sosial media tersebut?

Facebook

Meski sering diidentikkan dengan kalangan menengah kebawah, nyatanya masih banyak brand menggunakan facebook sebagai media promosi. Beberapa aktifitas iklan seperti kuis sering dilakukan lewat facebook. Anda juga bisa mencoba kekuatan facebook untuk mengumpulkan calon pelanggan dengan mengaplikasikan strategi marketing konvensional seperti pengadaan kuis atau give away.

Instagram

Aplikasi bergambar yang satu ini tengah jadi primadona untuk kalangan pengusaha. Instagram dianggap mampu mewakili berbagai kampanye iklan brand yang dituangkan melalui foto dan video. Instagram juga punya kedekatan yang besar dengan penggunanya, dimana setiap calon konsumen dapat menyampaikan keluhan atau review langsung di laman instagram produk. Buatlah akun instagram dengan foto dan desain yang menarik, maka besar kemungkinan produk ada mulai dilirik dan bisa berakhir dengan penjualan.

Kaskus

Kalau sosial media yang satu ini sangat terkenal dengan tipe transaksi jual belinya yang COD (cash on delivery), yakni bayar produk ketika barang sampai ditujuan. Pertama kali dibangun dengan tujuan menjadi wadah komunitas anak muda untuk saling berbagi informasi, nyatanya kaskus berkembang jadi tempat jual beli juga terutama untuk beragam produk antimainstream.

Foursquare

Sebenarnya ini merupakan sebuah aplikasi untuk saling berbagi rekomendasi tempat seperti restoran dan tempat wisata. Tapi ini bisa menjadi bagian dari iklan gratis jika Anda pintar menyiasatinya. Salah satu caranya adalah dengan membuat review produk sendiri dan buat diskusi yang memancing perbincangan, dengan begitu akan semakin banyak orang yang penasaran dengan produk Anda

Twitter

Bisa dibilang twitter ini sebagai media branding produk Anda, jarang sekali ada proses jual beli di media sosial yang satu ini. beriklan di twitter ini bisa dilakukan dengan membuat kutipan menarik atau kontroversial yang menyiratkan produk-produk Anda.

Baca juga: Tingkatkan Karir Dengan Jejaring Sosial

Semakin menarik akan semakin jadi perbincangan semakin besar juga kesempatan produk Anda dibicarakan, baik soal keunggulan maupun manfaatnya. Nah, tertarik untuk mengiklankan produk Anda di sosial media?

 

Comments are closed.