5 Trik Membangun Bisnis Hingga Capai Kesuksesan

Entrepreneurship

Pebisnis tahu kalau tak pernah ada hal yang pasti dalam berbisnis. Tapi dari ketidakpastian itu, Anda akan semakin tegiur untuk mengembangkan bisnis Anda. Cek dan coba lima trik membangun bisnis dari Futuready!

 

Mengutip Scott Belsky, co-founder Behance, It’s not about ideas. It’s about making ideas happen.” Anda juga pasti setuju, daripada terus-menerus merengek bahwa Anda menginginkan itu, menginginkan ini, tapi lantas berdiam diri maka apa yang akan jadi? Tidak ada. Maka, bila sejak lama Anda menginginkan sesuatu dan mempunyai ide yang matang maka mulailah berbuat sesuatu. Anda mau mengendalikan sendiri perusahaan di bawah kendali Anda? Bisa! Anda mau sukses dengan membuka bisnis yang modalnya hanya sedikit? Bisa!

Membangun bisnis memang tidak mudah, Anda bisa cari banyak contoh yang akhirnya bangkrut. Bila Anda ingin terus memasukkan semangat positif, Anda bisa cari juga banyak contoh para pebisnis yang sukses hingga sekarang. Lalu sebenarnya, bagaimana cara membangun bisnis hingga sukses seperti yang lainnya? Cek dan coba lima trik membangun bisnis berikut!

Hindari Kejenuhan Pasar

Bisnis yang Anda jalani jangan hanya bergerak pada satu bidang atau jasa saja, namun usahakan perusahaan juga bergerak di bidang lain seperti misalnya menyediakan layanan atau produk pendukungnya. Misal Anda membuka bisnis menjual produk sepatu, jangan hanya menjual produk yang sudah jadi, tapi perluas dengan jasa costum-made, hingga jasa perbaikan bila ada yang ingin memperbaiki sepatu miliknya.

Faktanya, setiap produk dan layanan bisnis memang memiliki batas atau limitasi tertentu dalam menghadapi kejenuhan pasar. Apalagi, bila produk atau layanan yang Anda jalani bukan suatu hal yang benar-benar baru dan asing untuk lingkungan sekitar. Maka jika hal ini terjadi biasanya Anda akan susah dalam mencari konsumen. Untuk itulah, inovasi dan pembaruan harus dilakukan selalu rutin dilakukan agar pasar yang disasar tidak cepat mengalami kejenuhan.

Baca Juga: Resolusi 2017 Pebisnis Sukses Ini Bisa Jadi Inspirasi

Kompetisi

Kompetitor, pesaing, perusahaan sejenis, sebut apa saja namanya dalam bisnis pasti selalu ada. Anda tak bisa menghindari keberadaan mereka atau mengabaikannya begitu saja. Persaingan dalam dunia bisnis itu bisa dikatakan keras. Kompetitor bisa saja akan melirik potensi dan kemudian merebut pasar bisnis Anda. Terlebih bila kompetitor melihat peluang kondisi bisnis Anda yang menurun. Jangan patah semangat, Anda harus berani mengambil risiko-risiko untuk menjadikan penurunan tersebut energi baru untuk mengembangkan bisnis.

Perihal persaingan ini, untuk menghadapi para kompetitor Anda jangan fokus untuk selalu mau tahu apa yang sedang mereka kerjakan atau perkembangan produk mereka. Informasi-informasi itu memang perlu, tapi akan lebih baik lagi bila fokus pada pelanggan Anda dan menunjukkan sisi terbaik produk dan layanan bisnis Anda.

Pasang Surut Harga di Pasaran

Harga pasar, nilai produk Anda, hingga besaran daya beli konsumen bisa jadi deretan kendala dalam berbisnis. Harga di pasaran bisa saja mengalami penurunan tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Belum lagi ditambah bila pebisnis lain sedang melakukan promo besar-besaran dan menurunkan harganya. Pertama, Anda harus berurusan dengan harga pasar dan kedua Anda harus cari akal untuk mencari jalan keluar untuk tetap mempertahankan pelanggan membeli dari Anda karena di luar ada produk dengan nilai lebih rendah.

Untuk itu bisnis Anda harus selalu terus memperbarui produk atau layanannya dengan trend terkini, sehingga tidak akan mudah terjebak pada kecenderungan penurunan harga. Bila pelanggan meminta promo dan penurunan harga, Anda bisa berdalih kalau barang yang Anda miliki selalu keluaran terbaru.

Baca Juga: 3 Ide Bisnis Kuliner yang Bisa Bikin Anda Sukses

Strategi Menambah Sumber Daya

Saat awal memulai binsis Anda mungkin tak terpikir untuk berani melakukan terlalu banyak investasi. Ketika bisnis yang Anda jalani mulai berkembang, maka mulailah untuk berpikir berinvestasi. Investasi tak hanya berkutat dengan Anda menambah berbagai sumber daya teknis, namun juga termasuk dengan cara mencari atau menambah sumber daya. Perhatikan kebutuhan yang selama ini kosong dan tidak dimiliki oleh perusahaan Anda dan mulailah mencari sumber daya untuk memenuhi kekosongan tersebut. Masukan-masukan dan perencanaan yang dibuat oleh orang baru sebagai sumber daya baru akan membuat Anda mendapatkan banyak insight yang selama ini bisa jadi terlewat oleh Anda.

Pelayanan Maksimal

Setiap konsumen tentunya menginginkan pelayanan yang maksimal. Sekecil apa pun pelayanan yang Anda berikan akan memberikan dampak besar bagi setiap individu konsumen Anda. Jadi, bila Anda ingin bisnis tumbuh dengan cepat selalu tingkatkan pelayanan yang Anda berikan. Bangun sistem pembayaran dengan benar. Cipatakan customer journey yang ramah dan mudah dipahami oleh konsumen. Tanggap dan teliti dalam melayani konsumen melalui customer service bila mereka menghubungi kontak Anda mulai dari sekadar bertanya atau memang memberi keluhan.

Leave a Reply