Mulai Model Bisnis Affiliate Marketing, Ini Tips dan Alasannya!

Entrepreneurship

Memulai bisnis tak harus yang sekaligus besar, affiliate marketing bisa jadi pilihan untuk memulai usaha yang tak kalah menguntungkan, bagaimana tipsnya?

Seiring berkembangnya ranah bisnis, kini Anda pasti kenal dengan istilah affiliate marketing. Model bisnis ini semakin berkembang berkat semakin pecahnya era digitalisasi saat ini. Ada banyak model bisnis internet marketing yang ditawarkan saat ini, satu yang paling populer yakni affiliate marketing.

Secara sederhana affiliate dapat didefinisikan sebagai penjualan berbasis komisi. Ambil satu contoh, ketika seseorang berhasil menjual produk barang atau jasa, maka secara otomatis seseorang mendapatkan prosentase penghasilan dari penjualannya tersebut. Penasaran dengan bisnis ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya.

Baca juga: UU Ketenagakerjaan: Hak Seluruh Karyawan yang Perlu Diketahui

Tentang Affiliate Marketing

mengenal affiliate marketing

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya. Posisi Anda di sini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk maupun jasa untuk dijual, maka Anda dapat membantu seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya Anda akan mendapat komisi atas penjualan yang Anda lakukan.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Seseorang yang menghendaki menjadi affiliate marketer, seseorang harus terlebih dahulu terdaftar pada perusahaan web yang ingin di-afiliasi-kan untuk kemudian mendapatkan tautan. Dengan tautan tersebut, Anda dapat mempromosikannya melalui sarana digital yang ada, seperti website, blog, social media, atau forum online. Mungkin promosi offline juga dapat dilakukan dengan menyarankan seseorang untuk melakukan pembelian dengan tautan affiliasi.

Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual. Affiliate ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki website sendiri.

Perbedaan Affiliate & Reseller

Terdapat hal yang harus diperhatikan antara pengertian affiliate dengan reseller, sebagai berikut:

  • Sistem affiliate adalah sistem bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang kan Anda tawarkan. Besaran komisi pun tidak sebesar reseller, biasanya hanya kisaran 20-40%.
  • Reseller adalah sistem yang menghendaki sesorang untuk menjualkan produk atau jasa orang lain dengan persyaratan penjual harus memiliki produk tersebut. Komisi yang diberikan juga bervariasi, namun lebih besar daripada komisi yang diterima affiliate yaitu berkisar 30-80%

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Menjadi seorang affiliate marketer tidak lah mudah, Anda harus menguasai berbagai aspek penunjang. Berikut beberapa tips menjadi seorang affiliate marketer yang sukses, sebagai berikut:

  • Sebelum memutuskan memasuki bisnis affiliate suatu produk, biasakan mempelajari informasi tentang produk atau jasa yang akan Anda promosikan.
  • Pilihlah produk yang diminati pasar atau produk yang Anda sukai, sehingga selain memasarkan Anda juga mendapat kesenangan dari kegiatan tersebut.
  • Hal utama dalam menjalankan website ini harus memiliki platform digital, seperti website atau blog. Sebaiknya Anda membuat website yang serius dengan membeli hosting dan domain dan jangan menggunakan website dan domain gratis untuk website bisnis affiliate
  • Pelanggan saat ini, cukup cerdas dalam menilai kebenaran sebuah produk. Cobalah terlebih dahulu produk yang Anda jual. Sehingga testimoni yang diberikan adalah apa yang benar-benar dirasakan manfaatnya. Pengalaman pribadi yang dibagikan lebih dipercaya oleh pelanggan.
  • Jika Anda mempromosikan produk affiliasi melalui website maupun blog, maka usahakan blog atau website tersebut juga memiliki content yang bermanfaat, tidak hanya sebagai tempat iklan produk Anda. Dengan memberi content website yang berharga, selain konsumen akan memiliki edukasi terkait produk, juga akan memiliki loyalitas untuk selalu datang ke website tersebut dan melakukan pembelian.
  • Keuangan yang tertata baik juga merupakan syarat sukses menjalankan bisnis affiliate. Pengelolaan yang baik dapat merubah status seseorang dari affiliate menjadi reseller. Sehingga setiap permintaan yang masuk dapat segera direspon tanpa harus konfirmasi dengan penyuplai barang.

Baca juga: Hal-Hal Ini Bisa Membuat Proposal Bisnis Anda Ditolak Investor

Alasan Memulai Bisnis Affiliate

menjadi affiliate marketer

Jika Anda ingin memulai bisnis, tapi masih bingung memilih bisnis apa yang akan dijalankan dan tidak punya modal yang memadai maka bisnis affiliate bisa menjadi pilihan bisnis online yang tepat. Cukup dengan laptop dan jaringan internet, potensi keuntungan dari bisnis ini dapat dikatakan tidak terbatas. Bahkan bisa melebihi ekspektasi Anda, tapi tidak selalu seperti itu ya. Berikut ini alasan kenapa Anda harus memulai affiliate marketer:

Bisnis Affiliate Modal Awalnya Kecil

Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya butuh modal yang kecil. Bahkan tanpa modal sama sekali. Yang dibutuhkan adalah sebuah laptop dan jaringan internet yang stabil. Langkah selanjutnya adalah dengan menciptakan website/blog yang menarik dan mendaftarkan diri di e-commerce yang tersedia program affiliate.

Umumnya, program affiliate tidak membutuhkan biaya pendaftaran sama sekali. Anda hanya butuh mempersiapkan uang untuk membuat website, tentu modalnya sangat kecil. Akan lebih bagus lagi jika website Anda sudah dibuat sejak lama. Sehingga memiliki pengunjung yang sudah cukup banyak. Ini akan membantu proses pemasaran lebih mudah.

Potensi Keuntungan Tidak Terbatas

Membangun bisnis affiliate ini potensi keuntungannya tidak terbatas. Ini tidak seperti pekerjaan kantoran yang gajinya sudah tetap setiap bulannya. Dalam bisnis ini Anda bisa mendapatkan untung besar jika berhasil menjual banyak produk dari vendor/ merchant.

Setiap e-commerce memiliki besar komisi yang berbeda-beda. Jadi semakin besar komisi yang diberikan, akan semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan keuntungan sebanyak apapun yang Anda mau. Tidak ada batasan setiap bulannya.

Semakin banyak produk yang terjual, semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda buat. Keuntungan dalam bisinis ini adalah ketiadaan pembatasan jam kerja, Anda dapat mempromosikan produk affiliate kapan dan dimana saja.

Bisa Menjadi Bisnis yang Besar

Dengan menjalankan bisnis ini, Anda bisa membuatnya menjadi bisnis yang besar. Ketika produk yang Anda pasarkan terjual secara kontinu Anda akan mendapatkan komisi tanpa harus bekerja lebih keras lagi.

Jika  dilakukan dengan serius, Anda bisa mengelola bisnis ini menjadi lebih profesional. Bahkan Anda tak hanya bisa memasarkan saja, tetapi bisa menjadi penjual produk di e-commerce tersebut.

Bisnis Buat Orang yang Suka Kompetisi

Jika Anda tipe orang yang suka kompetisi, bisnis affiliate ini bisa menjadi bisnis yang cocok buat Anda. Di sini Anda harus bisa menganalisi produk mana yang paling laku. Lalu bersaing dengan pebisnis affiliate lainnya. Jadi, satu produk bisa ada puluhan hingga ribuan makelar online lain yang menjadi pesaing.

Anda harus cerdas sekaligus cerdik dalam memasarkan tautan, sehingga akan ada banyak kunjungan calon konsumen melalui link Anda. harus bisa memasarkan link affiliate Anda dengan baik, sehingga link tersebut banyak dikunjungi oleh calon konsumen. Anda bisa mengukur setiap strategi yang digunakan, sampai menemukan strategi yang paling tepat untuk memasarkan sebuah produk.

Bisa Memilih Produk Apapun

bisnis affiliate marketing

Pada model bisnis ini Anda bisa memilih produk apapun yang akan Anda jual. Jadi tidak seperti sistem reseller atau bisnis MLM. Anda harus menjual produk yang produsen miliki. Tapi  di bisnis ini, Anda bisa memilih produk mana yang akan dijual dan mana yang tidak.

Di sebuah e-commerce, pasti menyediakan banyak sekali produk. Bahkan ada e-commerce yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Anda tinggal memilih produk yang banyak peminat dan kemungkinan besar mendapat banyak keuntungan.

Baca juga: Pilihan Investasi Terbaik Untuk Jaminan Hari Tua

Mengetahui hal di atas, kini Anda semakin terbuka mengenai model bisnis berbasis afiliasi ini. Tentu saja butuh tekad dan komitmen yang kuat dalam memulai sebuah bisnis. Jika Anda tertarik dalam ranah bisnis ini, jangan lupa perhatikan tips-tips di atas tadi ya!

Comments are closed.