Beragam Jenis Agrobisnis untuk Usaha Sampingan Anda

Entrepreneurship

Agrobisnis berkembang pesat di era modern. Hal ini tak lain karena potensi menghasilkan uangnya sangatlah besar dan bahkan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, mencari pemasukan dengan bekerja di kantor tak lagi menjadi pilihan semata wayang. Faktanya, banyak kegiatan yang dapat menghasilkan uang dan bisa dikerjakan hanya dari rumah tanpa mengganggu karier dan pekerjaan di kantor. Salah satu yang paling digemari saat ini adalah menjalankan agrobisnis.

Agrobisnis merupakan bisnis berbasis usaha pertanian atau perkebunan tanpa membutuhkan lahan atau tanah serta tenaga yang besar. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini terbilang kecil. Umumnya, agrobisnis bergerak pada rantai sektor pangan dan tumbuhan. Sudah banyak pebisnis yang membuktikan bahwa menjalankan agrobisnis sangatlah mudah dan menghasilkan.

Melihat banyaknya kategori yang termasuk dalam ranah agrobisnis, berikut adalah peluang usaha agrobisnis yang paling menghasilkan yang dapat Anda coba!

Agrobisnis Membuat Hidroponik

Dulu, bercocok tanam harus dilakukan di atas lahan atau tanah yang luas. Namun, hal tersebut rasanya tak dapat diaplikasikan di zaman sekarang, khususnya bagi orang-orang yang tinggal di kota besar. Harga tanah yang melambung tinggi membuat pilihan bercocok tanam tak lagi digemari.

Tapi, dengan hadirnya hidroponik, bisa dibilang, semua orang bisa jadi petani. Sebab, mayoritas tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik adalah tanaman untuk konsumsi, seperti sayur dan buah. Hal ini menjadi sangat digemari, karena tak perlu lahan untuk menanamnya, melainkan pipa paralon dan air.

Hasil panen dari tanaman hidroponik pun diklaim lebih baik daripada yang ditanam di tanah, karena tak menggunakan pestisida sama sekali. Alhasil, hasil panen jauh lebih sehat dan segar. Tak heran jika hidroponik menjadi primadona bagi orang yang ingin menjalankan agrobisnis.

Agrobisnis Budidaya Tanaman Hias

Tak sedikit orang yang suka mengoleksi tanaman hias. Nah, hal ini bisa jadi peluang bisnis agrobisnis yang bisa Anda lakukan di rumah. Seperti kita ketahui, beberapa jenis tanaman hias memiliki harga yang tinggi. Namun, hal tersebut bukanlah kendala bagi perkembangan budidaya tanaman hias. Sebab, banyak orang yang rela merogoh kocek untuk membeli tanaman hias yang mereka inginkan.

Sekadar catatan, saat memulai usaha budidaya tanaman hias, pastikan Anda berfokus pada satu jenis tanaman saja. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hasil tanaman yang tak optimal serta tingkat kerugiannya yang tinggi bila tak terjual. Pastikan pula tanaman yang Anda jual merupakan yang sedang diburu banyak orang.

Agrobisnis Membuat Terarium

Di kota-kota besar, banyak orang yang ingin memiliki tanaman tapi terkendala minimnya lahan. Jadi, langkah yang ditempuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli tanaman yang dapat diletakkan di mana saja tanpa mengotori lokasi peletakan tanaman tersebut. Maka dari itu, usaha terarium adalah salah satu peluang usaha agrobisnis yang patut Anda coba.

Terarium merupakan sistem menanam tanaman hias di dalam wadah berupa akuarium. Jadi, tanaman tetap dapat tumbuh meski dalam wadah yang kecil. Terarium seringkali diburu oleh orang untuk menghias ruang keluarga atau meja kerjanya. Jadi, hal ini memiliki potensi yang besar tentunya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Bisa Anda lihat sendiri bahwa peluang usaha agrobisnis sangatlah besar dan akan terus berkembang dari masa ke masa. Jadi, usaha agrobisnis mana yang ingin Anda jalankan sebagai usaha sampingan?

Comments are closed.