Tipe Kepemimpinan Mana yang Paling Pas dengan Anda?

Entrepreneurship

Memiliki jiwa kepemimpinan adalah satu hal yang sangat baik. Namun, jiwa kepemimpinan yang baik pun tak dapat diraih dengan cara yang mudah. Kategori mana tipe kepemimpinan Anda?

Banyak hal yang bernilai sangat tinggi jika dimiliki oleh manusia. Tak melulu soal harta dan kekayaan, nyatanya nilai tertinggi yang ada pada seseorang adalah sifatnya. Banyak sekali sifat baik yang menuntun orang tersebut untuk jadi orang yang lebih baik setiap waktunya.

Salah satu sifat yang bernilai tinggi yang ada pada diri seseorang tak lain adalah jiwa kepemimpinan. Ya, orang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik tentu akan disukai, dihargai, dan disegani oleh banyak orang. Sebab, tak banyak orang yang memiliki sifat ini. Alhasil, sangatlah sedikit orang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Kepemimpinan terbagi menjadi beberapa jenis. Tak semua nilai kepemimpinan ini pun bisa dibilang baik. Faktanya, ada beberapa nilai kepemimpinan masuk dalam kategori yang buruk. Namun, tipe kepemimpinan yang baik pun banyak jumlahnya.

Baca juga: Tip untuk Ayah Menjaga Stamina Pasca Istri Melahirkan

Mari kita lihat beberapa sifat-sifat kepemimpinan yang ada di dunia, di bawah ini!

Otokratis

Kepemimpinan otokratis adalah kepemimpinan yang berpusat pada satu orang. Sederhananya, orang dengan kepemimpinan seperti ini bersikap seperti orang yang paling benar dan berkuasa. Kepemimpinan otokratis membuat seseorang memegang semua kewenangan dan tanggung jawab atas segala hal.

Orang yang memiliki jenis kepemimpinan seperti ini tidak mau mendengar kata orang lain, terlebih yang memiliki kelas yang jauh di bawahnya. Alhasil, suara dari orang-orang di sekitarnya tak akan pernah didengar.

Baca juga: Nama Jalan dengan Nama Pahlawan di Luar Negeri

Demokratis

Jauh berbeda dengan kepemimpinan otokratis, kepemimpinan demokratis lebih melibatkan kontribusi banyak orang dalam proses pengambilan keputusan. Bahkan, orang dengan jenis kepemimpinan ini tak menutup diri untuk bergaul dengan kelas yang jauh di bawahnya.

Meski melibatkan banyak orang, soal tanggung jawab, orang dengan kepemimpinan demokratis tak perlu lagi diragukan. Ia sangat bertanggung jawab atas apa yang sudah ia pilih dan jalankan. Hal inilah yang membuat banyak orang mengidam-idamkan pempimpin yang berjiwa demokratis.

Namun, untuk menjadi pemimpin demokratis, banyak sekali hal yang dibutuhkan. Hal-hal tersebut pun bisa dibilang krusial, sebut saja kejujuran, keadilan, dan komunikasi yang aktif.

Strategis

Kepemimpinan strategis biasa ditemukan di sebuah organisasi. Pemimpin dengan tipe ini sangatlah mengedepankan kemajuan dari hal yang digerakkannya. Hal ini pun pada akhirnya merujuk pada kinerja yang lebih baik dari segala peranti organisasi.

Hal yang sangat dihindari oleh orang dengan kepemimpinan strategis adalah terjadinya kesenjangan antara satu hal dengan hal lainnya di dalam suatu organisasi.

Transformasional

Bisa dibilang, orang yang memiliki kepemimpinan transformasional adalah orang yang amat menyukai perubahan. Namun, penerapan yang dilakukan untuk mencapai tujuannya sangatlah apik, yakni memulai perubahan dari diri sendiri yang kemudian harapannya dapat dicontoh oleh orang-orang lain di sekitarnya.

Orang yang berjiwa kepempinan satu ini sangatlah suka memotivasi orang lain untuk jadi lebih baik. Sebab, tidak ada hal baik yang akan datang jika orang tersebut tidak mampu meningkatkan hal baik yang ada dalam dirinya.

Menjadi pemimpin yang baik nyatanya dapat membuat diri dan sekitar juga ikut berubah ke arah yang lebih baik. Jadi, dari berbagai jenis kepemimpinan di atas, mana yang paling tepat dengan Anda saat ini?

Comments are closed.