Bisnis Laundry yang Gampang dan Menjanjikan

Entrepreneurship

Selain bisnis kuliner yang terbilang cukup menjanjikan kesuksesannya, nyatanya ada usaha lain yang tidak kalah suksesnya, yaitu bisnis laundry. Meskipun bisnis ini memang terbilang cukup mudah, tetapi harus ada beberapa hal yang Anda perhatikan sebelumnya.

Perkembangan zaman yang kian melesat membuat ide-ide membuka usaha semakin berkembang. Salah satunya bisnis laundry yang semakin banyak diminati. Saat ini masyarakat ingin segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan praktis karena kesibukan dan aktivitas yang padat. Bermula dari masalah itulah, banyak orang yang membuka bisnis laundry dan tentu hasilnya pun sangat menjanjikan.

Hingga saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang membuka bisnis dan tentunya sangat berkembanag pesat. Coba saja Anda lihat, hampir di setiap perumahan atau jalan raya ada kios yang membuka jasa laundry.

Meskipun bisnis ini terbilang cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan pelatihan terlebih dahulu, tetapi Anda tetap harus memiliki strategi dan trik jitu supaya bisnis laundry yang ingin Anda lakukan bisa berjalan lancar dan sukses. Untuk itu, sebelum membuka bisnis tersebut, baca terlebih dahulu tip-tip berikut ini.

Baca Juga: 3 Kiat Sukses Bisnis Sambil Bekerja

Pilih Lokasi Strategis

Bukan hanya bisnis laundry saja, tetapi hampir semua bisnis juga harus pintar-pintar dalam memilih lokasi jika ingin bisnisnya berjalan sukses. Lokasi strategis ini maksudnya Anda harus tahu pasar yang dituju. Dikarenakan mayoritas masyarakat yang menggunakan jasa laundry ini dari kalangan mahasiswa dan karyawan yang notabennya malas mencuci, usahakan untuk membuka bisnis berdekatan dengan tempat tinggal sewaan seperti apartemen atau indekos.

Perhatikan Harga

Bisnis laundry memang sangat menjanjikan kesuksesannya, oleh karena itu tidak sedikit yang membuka usaha ini. Coba Anda lihat, di daerah tempat tinggal Anda sudah ada berapa orang yang membuka bisnis ini. Pasti harga yang ditawarkan pun bersaing atau setara. Supaya usaha yang lakukan saat ini tidak bangkrut, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Bukan hanya riset harga dari para pesaing Anda saja, tetapi Anda juga harus mencari tahu harga-harga dari bahan baku usaha ini. Misalnya sabun, pewangi, dan lain sebagainya. Pilih barang yang termurah tetapi kualitas tidak mengecewakan. Biasanya jika Anda membeli dalam jumlah yang banyak, tentu harga bisa menjadi jauh lebih murah.

Pelayanan Prima

Salah satu hal bisa menarik pelanggan, yaitu pelayanan yang prima. Contohnya, Anda siap menyelesaikan cucian dalam satu hari. Mungkin laundry biasa hanya sanggup menyelesaikan cucian 2-3 hari, tetapi Anda siap dalam satu hari. Hal itu bisa menjadi nilai bagus untuk bisnis Anda karena mayoritas orang menginginkan yang cepat dan kilat.

Selain itu, misalnya Anda baju yang terkena luntur akibat kecerobohan Anda, tidak ragu untuk megganti dan bertanggung jawab atas kecerobohan tersebut. Dengan begini, para pelanggan juga akan puas dan tidak akan berpindah ke toko lain.

Pemasaran Kreatif

Untuk menaikan pasar bisnis yang dilakukan, Anda harus membuat gebrakan baru yang unik dan kreatif sehingga para pelanggan tidak untuk mencuci pakaian di tempat Anda. Misalnya, Anda mencuri perhatian masyarakat dengan obral diskon. Bisa juga dengan menggunakan pewangi yang tahan lama dan awet sepanjang hari. Namun ingat, pemasaran ini tentunya harus dipikirkan sebelumnya. Jangan sampai Anda memberikan diskon tetapi tidak menguntungkan.

Baca Juga: Resolusi 2017 Pebisnis Sukses Ini Bisa Menjadi Inspirasi

Leave a Reply