Bisnis Reseller Cocok untuk Pemula? Ini Alasannya!

Entrepreneurship

Modal kecil dan jaminan kualitas produk adalah salah satu keunggulan bisnis reseller yang membuatnya cocok dijadikan usaha untuk para pebisnis pemula. Anda bahkan bisa membuka bisnis ini hanya dengan modal ratusan ribu rupiah.

Ketika berpikir untuk memulai bisnis biasanya ada 3 faktor yang dipikirkan para pengusaha yakni modal, produk dan pasar. Produk menentukan berapa modal yang diperlukan dan seberapa besar pasar yang bisa dijangkau. Sayangnya karena terlalu sibuk memikirkan ketiga hal ini membuat para pengusaha pemula justu tak pernah memulai langkahnya.

Karena itu para wirausaha muda yang sudah sukses sering menyarankan pada para juniornya untuk memulai bisnis secepat mungkin. Lakukan riset ketika bisnis berjalan. Namun jika masih bingung menentukan produk apa yang akan dijual apakah bisnis tetap bisa berjalan?

Nah salah satu jalan keluarnya adalah dengan menjadi reseller. Produk sudah tersedia dengan jaminan kualitas pasti. Anda hanya perlu modal untuk pembelian dan pengiriman produk kepada pelanggan. Plus strategi pemasaran yang jitu agar pasar tetap ramai.

Baca juga: Tips dan Peluang Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi Corona

Selain memastikan modal cukup, jangan lupa untuk selalu memproteksi diri dengan asuransi jiwa yang dapat melindungi Anda dari kerugian finansial ketika sesuatu yang buruk menimpa Anda selama menjalankan bisnis.

Definisi Reseller

Bisnis reseller bisa menjadi pilihan bagus bagi pengusaha pemula. Bisnis reseller memungkinkan Anda menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke pelanggan. Model bisnis dropship reseller terjangkau, menjadikannya pilihan yang bagus untuk pengusaha baru.

Ketika memutuskan untuk menjadi reseller Anda berperan sebagai perantara antara pabrikan dan pelanggan. Anda tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi Anda masih memiliki banyak pilihan produk untuk dijual. Seringkali orang menyamakan reseller dengan distributor padahal keduanya adalah hal berbeda.

Definisi Reseller

Distributor membeli produk reseller dari produsen, dan menjualnya ke konsumen akhir, atau mengelola beberapa reseller secara bersamaan. Umumnya, distributor membeli persediaan barang dagangan, dan cenderung mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan produsen.

Distributor juga dapat memberikan bantuan kepada produsen dengan kegiatan seperti pemasaran, pelabelan, dan branding. Karena distributor secara fisik memiliki stok, mereka mungkin merasa lebih bertanggung jawab dan terdorong untuk menjual produk dari produsen.

Sementara bisnis reseller tidak menyimpan inventaris barang dagangan untuk dijual kembali. Mereka hanya bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Reseller biasanya tidak memiliki hubungan dekat dengan produsen.

Alasan Mengapa Bisnis Reseller Paling Tepat untuk Pemula

Bagi pebisnis pemula bisnis reseller adalah usaha yang paling menjanjikan. Selain tidak perlu banyak modal Anda juga dapat bereksperimen untuk soal strategi pemasaran sebelum akhirnya menciptakan produk sendiri. Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa bisnis reseller ini sangat pas untuk pebisnis pemula:

Tidak Perlu Memiliki Produk Sendiri

Karena reseller hanya penghubung antara produsen dan pembeli, kita diuntungkan karena tidak perlu pusing memikirkan produk yang akan dijual. Misalnya bagaimana modelnya seharusya dibuat atau penetapan harga jual yang paling pas.

Modal Minim

Inilah alasan utama mengapa bisnis ini paling tepat untuk pemula, karena modalnya sangat minim. Banyak brand clothing yang membuka peluang reseller dengan minimum order sangat rendah bisa hanya 3-6 piece saja. Nah Anda bisa memulai dengan beli skala kecil dengan harga jual bisa dinaikkan sampai 10%. Setelah berhasil barulah mencoba penjualan skala besar. Anda  bahkan bisa memulai bisnis ini dengan bermodal ratusan ribu rupiah saja.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Menjalani Bisnis Sambil Kerja

bisnis reseller yang menjanjikan

Tidak Harus Memiliki Gudang

Anda bisa menjadikan rumah sendiri sebagai tempat penyimpanan, karena biasanya reseller hanya mendapatkan barang dari supplier sejumlah barang yang dipesan pembeli. Sehingga cost untuk sewa gudang pun bisa ditiadakan dan dialihkan untuk memperbesar modal pembelian produk atau memperluas area pasar.

Mendapat Pengalaman Bisnis

Biasanya para produsen tidak begitu saja melepaskan sebuah produk kepada reseller. Sebab mereka juga berkenan membimbing para penjual soal strategi pemasaran, mulai dari offline hingga online. Anda bisa belajar banyak dari mereka sampai memiliki produk buatan sendiri. Bahkan tidak sedikit produsen yang bersedia membagi rahasia keunggulan produknya dibanding produsen lain yang dapat menjadi inspirasi buat Anda.

Jaminan Kualitas Produk

Ketika menentukan sebuah produsen yang akan Anda ajak kerjasama, pastinya Anda sudah tahu kualitas produknya bukan? Jadi tidak perlu repot-repot meyakinkan pelanggan soal kualitas ini, yang perlu Anda lakukan mencari jaringan pasar yang lebih luas. Hal ini tentu berbeda ketika Anda menciptakan produk sendiri. Uji joba berkali kali harus dilakukan sampai menemukan kualitas yang tepat untuk sebuah produk.

Ide Bisnis Reseller

Ide Bisnis Reseller

Dalam bisnis reseller, Anda bisa menjual apa saja. Namun pastikan produk memiliki demografi yang luas dan tengah menjadi tren. Berikut adalah beberapa ide bisnis reseller modal kecil yang bisa Anda coba

Pakaian

Saat memilih menjual produk pakaian Anda dapat lebih dulu melakukan uji pasat, dengan menawarkan beberapa pakian berbeda sekaligus ke pangsa pasar. Atau gunakan sistem pre order agar Anda tidak perlu melakukan stok barang. Tidak perlu terpatok pada satu jenis pakaian, cobalah untuk menjual segala jenis pakaian. Mulai dari pakaian bayi, pakaian muslim hingga underwear patut dicoba.

Kosmetik

Kosmetik adalah produk bagus untuk dijual. Dari kuas makeup hingga efek khusus, makeup sudah menjadi kebutuhan primer para wanita. Salah satu keuntungan dari menjual kosmetik adalah biata pengiriman relatif rendah dan volume pesanan biasanya lebih besar. Kosmetik bukan hanya mencakup alat make-up namun juka produk skin care dan perawat tubuh. Pilihlah brand yang sudah kredibel mereknya sehinnga sudah memilih pasar dan pelanggan tetap.

Alat Rumah Tangga

Ide bisnis reseller lain yang menjanjikan adalah peralatan rumah tangga seperti piring, gelas atau penggorengan. Seperti kita tahu para ibu rumah tangga sangat senang mengoleksi peralatan rumah tangga moderen kendati tidak fungsional. Celah ini bisa kita manfaatkan untuk menjual semakin banyak produk peralatan rumah tangga yang biasanya permintaannya datang dalam volume tinggi.

Baca juga: Manfaat Harga Pokok Penjualan Bagi Bisnis

Itulah beberapa ide bisnis reseller bermodal kecil yang bisa dipraktikan oleh pengusaha pemula. Selamat mencoba!

Comments are closed.