5 Kiat Sukses Menjalani Bisnis Sambil Kerja

Entrepreneurship

Bisnis sambil kerja, memang tidak mudah untuk memulainya. Apalagi posisi Anda masih bekerja di perusahaan lain. Namun, semua itu bisa berjalan dengan lancar asalkan Anda mengikuti tip berikut ini.

Dunia bisnis memang tidak ada matinya. Semakin hari dunia bisnis ini memberikan kemajuan serta peluang yang baik dan sangat menjanjikan. Setiap orang tentunya memiliki impian untuk membuka bisnis sendiri. Namun, tidak semua impian itu tercapai dikarenakan faktor tertentu. Tidak dipungkiri memang untuk memulai bisnis itu dibutuhkan penguasaan dalam berbisnis atau setidaknya paham dalam dunia bisnis.

Jika berbicara soal bisnis, siapa pun bisa melakukannya, contohnya ibu rumah tangga, pelajar, hingga karyawan sekalipun. Banyak pengusaha yang bisnisnya sukses meskipun dia masih menjadi salah satu karyawan di perusahaan lain. Terkadang, tidak sedikit yang membangun bisnis dan akhirnya mendapatkan keuntungan melebihi pendapatan yang ia dapatkan dari perusahaan tempatnya bekerja. Sungguh luar biasa bukan?

Satu hal yang harus ditanamkan dalam diri jika ingin mulai berbisnis, yaitu fokus dan tekun meskipun Anda menjalankan bisnis sambil bekerja. Selain fokus dan tekun, ada juga beberapa kita sukses bisnis sambil kerja yang bisa Anda tiru berikut ini.

Baca juga: Ingin Punya Usaha Sampingan Selain Pekerjaan Tetap?

Tip Menjalankan Bisnis Sambil Kerja

tip bekerja sambil bisnis

Pilih Peluang Bisnis yang Anda Kuasai

Meskipun banyak sekali macam bisnis yang bisa Anda pilih, tetapi Anda harus pastikan terlebih dahulu dari semua itu mana bisnis yang memang paling Anda ketahui dan kuasai. Misalnya, Anda lebih menguasai bisnis di bidang kuliner karena salah satu hobi Anda adalah berkuliner dan menjelajahi jajanan baru yang sedang tren. Mengapa demikian? Sebab jika Anda sudah mengusai bidang tersebut, tentunya Anda sudah mengetahui seluk beluk atau gambaran secara luas dari bisnis tersebut. Sehingga dengan mudah Anda bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Selain itu, tidak terlalu memakan banyak waktu dan tidak mengganggu pekerjaan Anda di perusahaan lain. Jangan sampai Anda salah memilih peluang bisnis. Jika hal itu terjadi, tidak menutup kemungkinan bisnis yang Anda jalankan tidak berjalan dengan lancar.

Sesuaikan Bisnis dengan Modal

Kiat sukses bisnis sambil bekerja yang selanjutnya, yaitu Anda harus sesuaikan bisnis yang ingin dijalankan dengan modal yang dimiliki. Anda belum bisa melepas pekerjaan di perusahaan lain dikarenakan modal yang Anda punya belum terlalu banyak untuk membuat bisnis yang besar sehingga butuh asupan dana dari luar. Namun, jika Anda tetap ingin berbisnis, mulailah dari bisnis kecil-kecilan yang tidak terlalu memakan banyak modal dan waktu Anda. Selain itu, karena masih sambil bekerja, Anda pun harus pintar mengatur keuangan. Mana dana untuk bisnis dan kebutuhan sehari-hari untuk Anda bekerja.

Baca juga: Beragam Jenis Agrobisnis untuk Usaha Sampingan Anda

Pintar Bagi Waktu

Besar kemungkinan poin inilah yang paling penting supaya Anda bisa sukses berbisnis sambil tetap bekerja. Waktu merupakan hal utama yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu. Apakah waktu yang Anda punya saat ini, memungkinkan untuk memiliki bisnis. Seperti yang kita ketahui, mayoritas karyawan yang bekerja di perusahaan harus mengikuti aturan yang berlaku di perusahaan itu sendiri. Misalnya bekerja dari Senin hingga Jumat mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Jika dilihat kondisi seperti ini, apakah mungkin Anda bisa membuka bisnis? Kemungkinan itu masih terbuka, kok. Asalkan Anda benar-benar pintar bagi waktu dan mencari bisnis yang fleksibel. Anda bisa memulai bisnis secara online terlebih dahulu sebelum nantinya membuka toko. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk mengurus bisnis Anda.

Pindah Sistem Bekerja Menjadi Freelance

Bisnis Anda sudah mulai berkembang dan Anda sudah tidak bisa membagi waktu antara bisnis dan bekerja, poin ini bisa menjadi salah satu alternatif agar Anda tetap bisa membangun bisnis sambil bekerja. Coba koordinasikan kepada atasan Anda di perusahaan untuk mengubah sistem kerja menjadi freelance supaya bisnis yang sedang Anda jalankan ini tidak terbengkalai.

tip bekerja sambil bisnis

Bila memang tidak memungkinkan, Anda bisa memutuskan untuk benar-benar memulai sebagai pekerja lepas saja. Dengan begitu Anda masih bisa mendapatkan kesempatan bekerja di dua atau bahkan beberapa tempat sekaligus.

Contoh Peluang Bisnis untuk Karyawan

Anda yang sedang merencanakan bisnis sambil bekerja tetapi belum tahu ingin membuka bisnis apa, berikut ini beberapa contoh peluang yang bisa Anda pilih.

Laundry

Mengapa jasa laundry terbilang cukup menguntungkan? Bisa dibilang mencuci dan menyetrika pakaian adalah pekerjaan rumah yang cukup melelahkan. Apalagi untuk mereka yang berstatus mahasiswa dan karyawan. Tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi pekerjaan rumah pun menjadi faktor utama. Oleh karena itu, jasa laundry kiloan menjadi alternatif yang mereka pilih dan tentu ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Baca juga: 4 Kerja Part Time yang Menghasilkan Banyak Uang

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Bisnis Online

Sudah tidak perlu diragukan lagi dari keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjajal bisnis ini. Hingga saat ini, bisnis online masih merajai para karyawan ataupun mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Sudah banyak juga wadah yang menampung mereka untuk memasarkan barang-barangnya. Bukan hanya itu, sosial media pun menjadi sasaran para online shop untuk berjualan. Jadi, bisa manfaatkan sosial media yang Anda punya bukan? Selain menguntungkan, bisnis online juga sangat praktis karena Anda bisa berjualannya hanya melalui smartphone.

membuka bisnis sambil kerja

Pertimbangkan segala hal di atas bila Anda terpikir untuk membuka bisnis. Rencana yang matang akan memuluskan jalan Anda untuk membuka bisnis dan mengembangkannya untuk jangka panjang. Semoga sukses dan mencapai segala impian Anda!

Comments are closed.