Ingin Mencoba Bisnis Waralaba? Perhatikan Hal Ini!

Entrepreneurship

Bisnis waralaba sekarang ini sangatlah menjamur. Selain cara memulainya yang mudah, keuntungannya pun terbilang besar. Pahami cara memulainya.

Berbisnis merupakan salah satu cara dalam menghasilkan uang yang cukup banyak digeluti orang. Sebab, dengan berbisnis, orang tersebut dapat mengatur segala sesuatunya sendiri. Tapi, berbisnis bukanlah sesuatu yang mudah.

Oleh karena itu, bagi para pemula, sangat disarankan untuk mencoba bisnis waralaba terlebih dulu sebelum akhirnya membangun dan menjalankan bisnisnya sendiri. Tapi, untuk mencoba bisnis waralaba pun bukan perkara sederhana. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat berjalan dengan baik. Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Mari kita simak di bawah ini!

Baca juga: Cara dan Risiko Membuat Bisnis Rumahan

Tip Memulai Bisnis Waralaba dengan Baik dan Benar

Memulai Bisnis Waralaba Lebih Cepat

Membuka bisnis dengan membeli franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perorangan dari nol.

Hal ini disebabkan karena franchise sudah memiliki model bisnis. Pemilik franchise juga akan memberikan panduan dan persyaratan untuk menjalankan bisnis tersebut dengan baik.

Tentukan Tujuan Berbisnis Waralaba

Dalam memulai bisnis, sangat penting untuk memiliki tujuan. Mengapa? Tujuan dari bisnislah yang akan menjadi peta Anda dalam berjalan, dan tujuan ini jugalah yang akan menjadi motivasi di kala-kala sulit.

Steven Covey dalam bukunya Seven Habits bahkan mengungkapkan bahwa menentukan tujuan merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membawa kesuksesan.

Tidak peduli Anda ingin membuka bisnis franchise sebagai pekerjaan penuh waktu, atau hanya sebagai sampingan: Tentukan tujuan Anda!

Kenali Segmen Pasar Bisnis Waralaba

Setelah mencari tahu franchise yang Anda pilih, Anda juga harus mengetahui segmen pasar bisnis franchise Anda. Jangan sampai segmen pasar Anda berbeda dengan yang menjadi targetnya selama ini.

Sesuaikan Bisnis Waralaba dengan Passion Anda

Bisnis waralaba tersedia dari berbagai bidang, mulai dari kuliner, barbershop, mini market, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan bahwa pemilihan jenis franchise yang akan Anda geluti sesuai dengan minat Anda serta kemampuan Anda. Tentunya menjalankan bisnis waralaba sesuai passion akan terasa lebih menyenangkan dan membuat Anda lebih bersemangat dalam memajukan usaha.

Baca juga: Langkah-langkah Mendaftar di Google Bisnisku

Pelajari Bisnis yang Hendak Anda Geluti

Penting bagi Anda untuk mempelajari seluk-beluk bisnis franchise yang akan Anda jalani. Untuk itu, kenali terlebih dahulu brand-nya serta ketentuan pembayaran serta sistem bisnis yang mereka jalani. Tentunya, setiap perusahaan memiliki standar operasional yang berbeda. Wajar, karena mereka ingin menjaga kualitas terbaiknya agar selalu mendapatkan pelanggan yang setia. Semakin baik dan ketat sistemnya, maka sejatinya franchise tersebut makin laik untuk Anda pilih.

Hal lainnya yang perlu jadi perhatian Anda adalah pembayaran. Setiap franchisor memiliki aturan yang berbeda dengan franchisor lainnya dalam menentukan pembagian keuntungan pada masing-masing cabangnya. Jangan sampai Anda tidak mengetahui hal ini yang bisa saja akan merugikan Anda karena tidak mempelajarinya terlebih dahulu.

Siapkan Modal

Bisnis waralaba membutuhkan modal yang bervariasi. Namun yang perlu Anda pahami, besar kecilnya modal tidak akan menentukan kesuksesan berbisnis franchise. Faktor penting yang bisa membuat bisnis Anda sukses adalah inovasi dan kreativitas dari franchisor. Untuk itu, persiapkan modal dengan baik dan sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan bisnis waralaba apa yang ingin Anda jalani.

Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran yang Besar

Dengan membuka bisnis franchise, maka Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana caranya memasarkan bisnis Anda, karena pemilik franchise sudah menyiapkan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda.

Hal ini juga dapat membuat Anda mendapatkan media promosi secara gratis dari pemilik franchise.

Jangan Tergoda Harga Murah

Selain jangan tergoda dengan mulut manis marketing franchise, Anda juga disarankan untuk tidak mudah tergoda membeli bisnis franchise hanya karena harganya yang murah.

Bukan berarti franchise yang baik selalu mahal, namun di sini Anda harus mengenal betul proposalnya sebelum menentukan apakah Anda akan memperoleh keuntungan atau kebuntungan.

Anda perlu mengetahui dengan jelas mengapa bisnis tersebut ditawarkan dengan harga murah, jangan sampai harga murah artinya sistem manajemen, pelatihan, dan promosi yang buruk.

Kesimpulannya, apabila Anda hendak membeli sebuah usaha waralaba maka jangan pernah sekali-kali memilih waralaba hanya karena dibanderol dengan harga sangat murah, namun harus juga memahami kualitasnya.

Mendapat Pelatihan dan Dukungan

Franchise merupakan bisnis tim, sehingga pemilik franchise akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar tertentu.

Panduan Memilih Lokasi

Menentukan lokasi bisnis yang strategis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha. Padahal lokasi yang strategis menentukan kesuksesan dari bisnis itu sendiri.

Dengan membeli franchise, maka Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari lokasi yang strategis, karena Anda akan mendapat panduan dari pemilik franchise untuk menentukan lokasi bisnis Anda.

Merek yang Terkenal

Memperkenalkan merek dagang yang Anda bangun kepada masyarakat bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan pengusaha membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi dari merek dagang mereka dan memperoleh pelanggan yang setia.

Dengan membuka usaha franchise maka Anda tidak perlu kesulitan membangun reputasi tersebut, karena merek dagang dari usaha franchise Anda sudah dikenal masyarakat, begitu pula dengan reputasinya.

Baca juga: Ingin Usaha Berjalan Sukses? Jalankan Strategi Pemasaran yang Baik

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mudah Memperoleh Keuntungan

Kebanyakan pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol akan mengalami kerugian di awal. Hal ini karena produk yang ditawarkan masih belum banyak dikenal masyarakat, sehingga konsumen yang dimiliki pun jumlahnya masih sedikit.

Dengan membuka usaha franchise, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan keuntungan, karena bisnis Anda sudah memiliki banyak konsumen.

Dukungan Sesama Rekan Bisnis Waralaba

Kesuksesan dari satu usaha franchise akan membantu kesuksesan dari usaha franchise yang lain. Sehingga para pemegang usaha franchise akan saling membantu dan mendukung kesuksesan dari merek dagang bisnis tersebut.

Biaya awal dan royalti yang Anda keluarkan akan membantu mendanai biaya kantor pusat, perekrutan, pelatihan karyawan baru, serta pemasaran dalam skala besar.

Manfaatkan Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu cara promosi yang paling mudah dan murah. Hanya bermodalkan smartphone, Anda sudah dapat mempromosikan bisnis Anda. Dapatkan foto yang bagus dengan caption yang menarik, kemudian posting di sosial media Anda. Jangan lupa pula meminta bantuan kepada teman Anda untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di sosial media.

Setelah membaca tip di atas, semakin yakin untuk memulai bisnis waralaba, bukan? Semoga apa pun bisnis yang Anda jalankan berjalan baik selalu ya!

Comments are closed.