Ingin Cepat Kaya? Ini Caranya Versi Bob Sadino

Entrepreneurship

Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha yang sangat sukses. Berkat kesuksesannya ini, banyak sekali orang yang mengidolakan bahkan menanyakan resep agar bisa kaya seperti dirinya.

Siapa yang tak kenal dengan Bob Sadino. Hampir setiap pengusaha tahu sosok nyentrik ini. Namanya melegenda dengan tampilan dan kata-kata motivasinya bagi pengusaha. Tidak heran jika banyak calon pengusaha yang mengidolakannya.

Dia merupakan sosok pengusaha yang sukses dari tanah air. Cara berpikirnya yang sangat sederhana, tentu bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Hasilnya? Anda bisa melihat sendiri bagaimana Bambang Mustari Sadino  mengepakkan sayap usahanya di tanah air.

Dalam menjalankan bisnisnya, pengusaha sukses ini punya senjata rahasia yang membawanya lebih sukses di dunia tersebut. Di sini, kami akan tunjukkan bagaimana cara Bob Sadino membangun usahanya. Kemudian, kami juga akan tunjukkan kata-kata motivasi yang biasa dikatakan olehnya pada calon pebisnis.

Baca juga: Mau Jadi Pengusaha Sukses Di Indonesia? Begini Caranya!

Cara Bob Sadino Membangun Bisnisnya

Perlu diingat bahwa tidak ada proses yang berjalan mulus. Apalagi jika berkaitan dengan usaha. Hambatan hampir selalu dijumpai. Tapi, rintangan inilah yang nantinya akan menguatkan tekad untuk membangun usaha menjadi semakin besar.

Bagi legenda ini, ada beberapa tahapan dalam membangun usahanya dan Anda bisa menirunya. Berikut ini beberapa cara untuk bisa cepat kaya versi Bob Sadino.

Merencanakan Modal dan Jenis Usaha

Tidak dipungkiri bahwa modal memegang peranan penting dalam dunia usaha. Ketersediaan modal bisa membuat langkah bisnis terus berjalan. Sebaliknya bila tidak memilikinya, sudah pasti bisnis akan tersendat-sendat.

Selain permodalan, Bob Sadino menyarankan agar calon pebisnis hanya membuka usaha yang sesuai kemampuannya. Anda yang paham urusan teknologi, sudah semestinya membuka usaha seputar teknologi. Begitupun dengan pertanian, perikanan, dan lain sebagainya.

Anda harus teliti dalam menentukan jenis usaha. Hal yang paling penting, Anda memahami seluk beluk usaha yang akan dibangun. Setelah itu, barulah Anda mempersiapkan modal yang sesuai agar bisnis bisa berjalan sesuai rencana.

Membangun Jaringan

Ketika bisnis telah dijalankan, langkah selanjutnya adalah membangun jaringan. Kenalkan bisnis pada khalayak ramai. Kemudian jalin kerja sama dengan orang-orang yang membutuhkannya.

Sulit? Zaman sekarang, semuanya telah dimudahkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan internet. Melalui media ini, Anda akan lebih mudah menjumpai orang-orang yang membutuhkan bisnis.

Cukup jalin kerja sama dan perluas jaringan ke seluruh pelosok negeri, kemudian jangan berhenti ketika menemui kesulitan. Maka hasilnya, bisnis akan semakin dikenal luas. 

Terapkan Aturan Hemat

Sebuah pribahasa mengatakan kalau hemat pangkal kaya. Jadikan pribahasa ini sebagai bagian dari ilmu terapan dan sebaliknya jangan jadikan ini sebagai ilmu saja.

Praktik hemat di sini bukan merujuk pada penghematan saat pembelian bahan pokok, misalnya membeli beras dengan kualitas buruk. Ini tidaklah sesuai dengan kata hemat.

Maksud dari poin ini adalah meminimalisir hal-hal yang tidak diperlukan saja. Anda tentunya tahu apa saja yang dinilai tidak penting di rumah. Artinya, sebisa mungkin untuk menggunakan uang untuk kebutuhan yang sangat penting saja.

Selain itu, pastikan untuk membedakan uang pribadi dengan uang usaha. Pemisahan uang ini sebagai bagian dari manajemen keuangan. Jika Anda mampu melakukannya, bisnis Anda tidak akan kekurangan modal ke depannya.

Kerja Keras dan Berdoa

Dalam berbisnis, Bob Sadino juga menekankan agar setiap pebisnis harus tahan banting. Jangan sampai malas-malasan, karena malas bukanlah karakter dari pengusaha.

Kerja keras setiap waktu harus dilakukan, tapi yang harus diingat adalah Anda juga perlu berhenti sejenak untuk memikirkan rencana bisnis secara utuh. Renungan ini dibutuhkan untuk membuat pikiran lebih cair.

Kemudian yang tidak kalah penting, Anda wajib berdoa. Panjatkan doa pada Tuhan Yang Mahakuasa. Yakni doa untuk kebaikan bisnis, serta dimudahkan langkah menuju sukses.

Baca juga: 5 Rahasia Sukses Ala Robert Kiyosaki

Kata-kata Motivasi Bob Sadino untuk Pebisnis yang Sukses

Bob Sadino pernah mengatakan jika dirinya tidak ingin ilmu bisnisnya terkubur dengan jasadnya. Dirinya menginginkan banyak generasi lain yang sukses sepertinya. Tak mengherankan jika dirinya juga banyak memberikan suntikan motivasi pada pengusaha maupun calon pengusaha baru.

Ada beberapa kata-kata motivasi yang kami sederhanakan dari pengusaha sukses tanah air tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Lakukan Apa Saja Tanpa Harus Memikirkan Tujuan

Dalam berbisnis, Anda disarankan untuk berani melangkah. Keputusan untuk membangun bisnis sangat diapresiasi. Paling penting, jangan fokus pada tujuan utama.

Kenapa? Bob Sadino mengatakan saat seseorang memiliki tujuan, maka langkahnya hanya tertuju pada satu titik saja. Padahal potensi seseorang itu berbeda-beda. Makanya, sangat disayangkan jika potensi sukses ini dikalahkan oleh tujuan yang sudah dipatok sebelumnya.

Tekankan Prinsip Mengalir Saja

Perlu diingat bahwa rencana itu penting, tapi tidak begitu penting. Bob Sadino malah menyarankan agar Anda tidak membuat rencana secara pasti. Cukup lakukan apa pun yang dikehendaki dalam bisnis.

Pengusaha sukses tersebut mengemukakan jika rencana adalah racun dan bencana. Betapa tidak, rencana itu dibuat secara runtut dari A-Z. Padahal dalam dunia bisnis, prosesnya pasti tidak sesuai dengan rencana yang dibuat secara runtut.

Ini juga dipraktikkan oleh pengusaha sukses tersebut. Tepatnya ketika beliau berhenti dari karyawan pelayaran. Beliau membuat peternakan ayam yang tidak direncanakan sebelumnya. Hasilnya juga sangat baik.

Baca juga: Fakta Menarik dan Tip Sukses dari Ahmad Sahroni

Jangan Perhitungan dalam Berbisnis

Bagi sebagian besar orang, menghitung untung rugi itu menjadi patokan. Seorang pebisnis pastinya tahu betul urusan tersebut. Namun, hal ini dimentahkan oleh Bob Sadino.

Pengusaha nyentrik Indonesia ini menjelaskan bahwa perhitungan adalah sebuah kelemahan. Betapa tidak, orang yang selalu perhitungan akan ciut nyalinya untuk mengambil langkah. Akibatnya, bisnisnya hanya berjalan di tempat.

Padahal yang dibutuhkan pebisnis adalah tindakan. Tindakan nyatalah yang akan berbuah hasil. Makanya, pengusaha tersebut berpesan supaya jangan takut rugi dengan menghitung keuntungan terlebih dahulu. Namun, melangkahlah walaupun dalam perhitungannya akan merugi.

Kesimpulannya, gunakan modal untuk membangun bisnis yang Anda kuasai. Kemudian, melangkahlah dan ambil seluruh peluang yang ada. Maka Anda bisa meniru kesuksesan dari Bob Sadino.

(Sumber Foto: Wikipedia. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/9/9e/Bob_sadino.jpg)

Comments are closed.