Tip Membangun Brand Awareness untuk Merk Anda

Entrepreneurship

Brand awareness tidak hanya memperkuat citra produk namun juga meningkatkan loyalitas pelanggan dan bahkan menggenjot penjualan.

Pernah terpikir bagaimana brand besar seperti Coca Cola dan Unilever bisa bertahan sampai hari ini? itu karena memiliki Brand Awareness yang baik, sehingga mampu menghasilkan konsumen loyal yang tak hanya akan selalu membeli produk mereka namun juga merekomendasikannya kepada orang lain.

Untuk Anda pebisnis pemula, pemahaman mengenai brand awareness ini penting sekali untuk menumbuhkan komunitas konsumen yang loyal. Sebelum mencari tahu bagaimana cara menciptakan kesadaran konsumen mengenai produk Anda, terlebih dulu pahami definisi dan maknanya.

Baca juga: 5 Sumber Iklan Gratis di Internet

Definisi Brand Awareness

Brandy Awareness adalah istilah dalam pemasaran yang merujuk pada strategi brand dalam meningkatkan kesadaran merek. Merek dengan kesadaran merek tinggi umumnya disebut sebagai “tren,” “layak, atau sekadar” populer. Membangun kesadaran merek ini penting pada tahap awal bisnis. Yakni untuk mengenalkan kepada target pasar tetang kelebihan produk Anda dibanding produk lain.

Kesadaran merek mungkin tampak seperti konsep yang kabur sebab tidak bisa diukur dengan angka dan rumus pasti. Tetapi hanya karena itu bukan metrik yang dapat ditentukan dengan sempurna bukan berarti itu tidak membawa nilai. Kesadaran merek sangat penting untuk keberhasilan bisnis dan sasaran pemasaran keseluruhan.

Tujuan Brand Awareness

Meski tak bisa diukur dengan angka namun brand besar tak pernah absen untuk melakukan brand awareness. Lantas apa manfaat atau tujuan dibuatnya brand awareness ini?

Memupuk Kepercayaan Konsumen

meningkatkan brand awareness

Kebiasaan konsumen masa kini sebelum berbelanja produk adalah melakukan riset soal produk tersebut. Melihat kelebihan dan review pengguna lain. Karena itu kepercayaan merek adalah segalanya. Setelah konsumen terikat dengan merek Anda, mereka lebih cenderung melakukan pembelian berulang tanpa berpikir ulang alias menjadi konsumen loyal. Kesadaran merek membangun kepercayaan merek itu. Kepercayaan konsumen pada merek Anda akan memancing pembeli lain karena rekomendasi dari mulut ke mulut yang dilakukan dengan tulus.

Membangun Asosiasi Merek

Apa yang terpikir ketika Anda sedang ingin mencari tiket pesawat? Sebagian besar pasti mengingat traveloka. Atau sedang lapar tengah malam? Pasti yang terlintas adalah go-food salah satu layanan dari Gojek, atau bingung menjawab soal ujian? Pasti yang akan Anda lakukan adalah membuka Google Search. Inilah yang disebut keberhasilan asosiasi merek. Ketika audiens secara spontan mengingat brand Anda dengan sebuah kebutuhan atau aktifitas mereka.

Membangun Ekuitas Merek

Ekuitas merek menggambarkan nilai suatu merek, yang ditentukan oleh pengalaman konsumen dengan dan keseluruhan persepsi merek. Pengalaman dan persepsi positif sama dengan ekuitas merek positif, dan hal yang sama berlaku untuk gagasan negatif.

Berikut adalah beberapa hal berharga yang berasal dari ekuitas merek positif:

Harga lebih tinggi karena nilai persepsi yang lebih tinggi

Harga saham yang lebih tinggi

Kemampuan untuk memperluas bisnis melalui ekstensi lini produk atau layanan

Dampak sosial yang lebih besar karena nilai nama merek

Bagaimana cara sebuah merek membangun (dan meningkatkan) ekuitas merek? Dengan membangun brand awareness dan secara konsisten mempromosikan pengalaman positif dengan merek. Brand awareness adalah dasar dari ekuitas merek.

Setelah konsumen menyadari suatu merek, mereka mulai mengenalinya tanpa bantuan, mencarinya untuk melakukan pembelian, mulai lebih menyukainya daripada merek lain yang sejenis, dan membangun loyalitas yang tidak hanya memacu pembelian lain tetapi juga merekomendasikannya ke orang lain.

Tip Meningkatkan Brand Awareness

Karena Brand Awareness penting sekali untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan produk Anda, maka diperlukan strategi khusus.

Pertama, posisikan diri sebagai pribadi bukan sebuah perusahaan dengan jualan produknya. Sehingga Anda menempatkan konsumen sebagai teman, yang ingin Anda beri segala yang terbaik dan enggan mengecewakannya.

Kedua bangunlah narasi positif, bisa dengan gaya story telling yang menggunakan sisi kemanusiaan. Ceritakan bagaimana produk Anda memudahan kehidupan manusia dan memberikan kebahagian bagi individu tertentu.

Ketiga, bagikan diberbagai media baik konvensional maupun digital. Konvensional Anda bisa pilih majalah atau koran, sementara untuk digital bisa media sosial, blog atau website. Ciptakan word of mouth marketing dengan konten-konten viral yang dekat dengan manusia.

Di era digital ini hampir semua brand meninggalak cara-cara konservatif dan mulai melirik branding secara digital. Berikut adalah beberapa strateginya.

Optimalisasi platform digital:

Menggaet Influencer Untuk Tingkatkan Brand Awareness

Influencer selalu punya daya tarik tersendiri, karena itu sangat cocok membantu bisnis Anda meningkatkan kesadaran merek bagi target pasar dan berpotensi sekaligus mendorong penjualan. Ketika influencer yang diajak kerjasama memiliki pengikut loyal, begitu mereka menyebutkan produk Anda dalam setiap kontennya, itulah saat orang-orang akan mulai mencari tahu tentang produk Anda.

Jadi jangan sampai salah memilih influencer, tunjuklah yang secara simbolik sesuai dengan visi misi perusahaan bukan asal terkenal dan punya jutaan pengikut. Ingat para pengikut influencer itu akan membantuk bagaimana merek produk Anda akan tumbuh. Influencer itu bisa selebriti, aktivis lingkungan, bahkan birokrat.

Riset SEO (Search Engine Optimization)

meningkatkan brand awareness

Mayoritas orang yang berselancar di internet, tidak pernah membaca selain page 1  hasil pencarian. SEO membantu brand Anda bertengger di laman 1 hasil pencarian, dengan begitu kesempatan menggaet konsumen jadi lebih besar. Meneliti strategi SEO yang terkait dengan niche Anda, produk atau layanan dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran merek. Gunakan Jaaxy.com ketika Anda melalukan riset SEO.

Gerilya dengan Media Sosial

meningkatkan brand awareness

Instagram adalah platform media sosial yang punya kekuatan besar dalam memengaruhi orang. Dikatakan bahwa gambar bernilai ribuan kata, dan Instagram memungkinkan Anda mempromosikan cerita itu melalui gambar yang Anda poskan dan teks yang Anda narasikan. Lalu ada Facebook, Seperti Instagram, Facebook memiliki kekuatan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan komunitas.

Facebook membantun Anda berbicara langsung dengan komunitas dan mengenalkan produk-produk baru tanpa biaya iklan tambahan. Manfaatkan komunitas sosial untuk ciptakan kesadaran merek dengan terus memberikan informasi mengenai keunggulan produk Anda.

Google AdSense

Akhirnya, iklan berbayar adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nama dan situs web Anda di depan audiens yang lebih tertarget . Tapi ada resiko yang mesti dihadapi, kalau pilih yang berbayar maka jangkauan target pasar menjadi lebih sempit. Google baru-baru ini mengumumkan iklan AdSense Auto barunya, yang menunjukkan tempat terbaik untuk membuat dan mengoptimalkan iklan.

Baca juga: Tingkatkan Karir Dengan Jejaring Sosial

Comments are closed.