FMCG: Pilihan Meniti Karir Kerja yang Menjanjikan!

Entrepreneurship

Perusahaan FMCG sering dijadikan tujuan utama bagi pencari kerja, namun apa sih sesungguhnya daya tarik perusahaan ini?

Mencari pekerjaan setelah lulus dari tingkatan pendidikan tertentu merupakan tujuan dari setiap individu. Tentu, bekerja pada perusahaan besar yang sudah populer merupakan hal yang membanggakan. Salah satu perusahaan yang banyak diminati yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang FMCG.

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk-produk yang sifatnya cepat habis yang biasanya terdiri dari kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat terjual dalam waktu singkat dengan harga yang relatif rendah. Produk-produk ini mudah dijumpai di supermarketseperti produk makanan dan minuman, sabun, sampo, pasta gigi, dan obat-obatan.

Baca juga: Jenis-jenis Franchise Makanan yang Menguntungkan

Karena kebutuhan pasarnya yang banyak, luas dan beragam, perusahaan FMCG ini bisa sangat cepat berkembang. Mungkin Anda salah satu orang mendambakan bekerja pada perusahaan jenis ini?

Alasan Tepat Bekerja di Perusahaan FMCG

Sejak dulu, industri FMCG telah menjadi idaman para pencari kerja, mulai dari fresh graduate hingga yang sudah berpengalaman. Apa saja sih yang menjadi alasan ketertarikan mereka? Ini dia beberapa alasannya:

FMCG Punya Nama Besar, Termasuk Merek yang Dikelolanya

mengenal perusahaan FMCG

Tentu ada kebanggaan sendiri apabila Anda bisa bekerja di tempat dengan merek-merek ternama. Industri ini bisa menjadi pilihan tepat, karena banyak perusahaan tipe ini memproduksi dan mengelola banyak merek ternama yang bisa ditemukan di mana-mana.

Selain bisa memberikan “gengsi” karena merek produknya yang terkenal, perusahaan jenis ini juga bergengsi karena memiliki pasar yang sangat besar, bukan hanya di skala lokal tetapi juga global. Melansir data dari Consultancy.uk, Nestlé menempati urutan pertama sebagai perusahaan Fast Moving Consumer Goods terbesar di dunia dengan penjualan mencapai 91,1 miliar dollar, disusul dengan P&G (64,5 miliar dollar), Pepsico (63,5 miliar dollar), dan Unilever (60,5 miliar dollar).

Tantangan dan Suasana Kerja Yang Dinamis

Industri yang penuh persaingan tentu membutuhkan banyak talenta atau tenaga yang senang dengan tantangan. Hampir seluruh lini di perusahaan ini memiliki tantangan tersendiri untuk ditaklukan.

Bila Anda adalah orang yang senang dengan kondisi kerja yang dinamis dan penuh tantangan, tentunya berkerja di perusahaan Fast Moving Consumer Goods adalah sebuah pilihan tepat. Perusahaan ini memiliki kondisi kerja yang sangat dinamis sehingga jangan harap Anda akan mendapatkan pekerjaan yang membosankan. Apalagi bila perusahaan tersebut merupakan perusahaan multinasional, sudah dipastikan Anda akan mendapatkan suasana kerja dengan standar internasional.

Oleh karena itu, biasanya perusahaam Fast Moving Consumer Goods biasanya sangat selektif dalam memilih karyawannya karena alasan ini. Suasana kerja yang sangat dinamis ini tidak cocok untuk semua orang apalagi dengan standar internasional.

Industri yang Bergerak Cepat dan Inovatif

Bukan hanya perusahaan startup teknologi saja yang seringkali dikaitkan dengan budaya serba cepat. Dengan beragam produk kebutuhan sehari-hari, industri Fast Moving Consumer Goods menuntut karyawannya untuk bisa berinovasi dan bergerak cepat untuk menciptakan campaign hingga memperbarui packaging produk. Anda yang selalu dipenuhi dengan ide-ide kreatif sepertinya akan betah deh kerja di perusahaan seperti ini.

Posisi yang Beragam

Identik dengan barang sehari-hari, perusahaan Fast Moving Consumer Goods seringkali dihubungkan dengan posisi sales. Memang penjualan merupakan aspek penting dalam memasarkan produk. Tapi jangan salah kaprah, sebab perusahaan dengan skala sebesar ini nyatanya menyediakan beragam posisi, mulai dari marketingoperationsaccounting, hingga manajemen. Karena itu, Anda bisa mencocokkan skill dengan banyak posisi yang ada.

Baca juga: Solusi Bisnis Masa Kini, Bisnis Dropship Online

Jangkauan Bisnis Luas

Perusahaan Fast Moving Consumer Good biasanya membuat produk yang banyak dikosumsi oleh masyarakat. Sehingga untuk wilayah pemasaran dan operasional sebuah perusahaan ini sangat luas.

Perusahaan-perusahaan ini cenderung  memiliki jaringan bisnis yang cukup luas di sebuah negara. Bahkan tidak sedikit perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang melakukan ekspansi bisnis hingga ke berbagai negara dan menjadi Multi National Company.

Benefit Yang Menarik

Berbicara mengenai benefit, perusahaan ini biasanya memiliki berbagai benefit yang cukup menarik dan berada diatas rata-rata industri lainnya. Hal ini biasanya yang menjadi alasan utama mengapa banyak pencari kerja yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan ini.

Perusahaan jenis ini tidak hanya memberikan gaji kepada karyawannya, tetapi juga menawarkan benefit lain seperti bonus, asuransi kesehatan, Car Ownership Program dan sebagainya. Tentunya hal ini bukan masalah bagi perusahaan-perusahaan ini mengingat perusahaan-perusahaan ini memiliki lini bisnis yang cukup besar dan menguntungkan.

Pengalaman Kerja yang Berharga

Bekerja di perusahaan Fast Moving Consumer Goods terbilang cukup menantang. Dinamika dan pertumbuhannya yang pesat akan bisa memberikan tantangan yang berbeda. Hasilnya, Anda akan bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih singkat. Menembus proses rekrutmen di perusahaan seperti ini juga menantang, lho! Umumnya, proses rekrutmen dalam industri Fast Moving Consumer Good cukup memakan waktu dan lebih sulit.

Kesempatan untuk Bekerja di Berbagai Negara

Perusahaan Fast Moving Consumer Goods bersifat multinasional, bisa ditemukan di berbagai negara dengan produk yang kurang lebih sama. Anda yang ingin mencoba kesempatan untuk dimutasi ke negara lain, bisa coba bekerja di industri satu ini.

Skill > Kualifikasi

Mike James dalam artikelnya di Undercover Recruiter menyatakan bahwa kunci sukses di perusahaan berjenis ini bukanlah sederet gelar akademis atau pun kualifikasi lainnya. Sebaliknya, yang lebih penting untuk sukses berkarier di industri ini yaitu kerja keras dan hasil. Anda pun jadi punya kesempatan untuk membuktikan bahwa skill-nmu lebih penting daripada sekadar kualifikasi hitam di atas putih. Tipsnya, berpikir secara cepat, kerja keras, dan lakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Beberapa Perusahaan Fast Moving Consumer Good Terkenal di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat perusahaan tipe ini yang sudah tak diragukan lagi sepak terjang dan kepopulerannya. Beberapa perusahaan ini terkenal karena proses rekrutmen yang sulit, berikut daftar perusahaannya:

Indofood

Siapa tak kenal perusahaan ini? Mulai dari produk mi instan, susu, makanan ringan, hingga bumbu dapur diproduksi oleh Indofood. Seluruhnya dijalankan oleh lini bisnis Consumer Branded Products-nya, yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Sebagai perusahaan ternama, Indofood selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk para karyawannya.

Mayora

Didirikan pada tahun 1977, nama Mayora sudah akrab di telinga masyarakat. Produk-produk andalannya, seperti kopi, permen, dan makanan ringan juga populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, Mayora pun menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods yang diincar pencari kerja. Tak mudah untuk bergabung di perusahaan ini.

Unilever

Unilever dikenal luas sebagai produsen produk perawatan pribadi dan rumah tangga. Sebagai perusahaan multinasional, nama Unilever cukup bergengsi dengan gaji yang juga sangat bersaing, bahkan untuk level staf.

Nestle

apa itu perusahaan FMCG

Kebanyakan produk yang dihasilkan perusahaan Fast Moving Consumer Goods asal Swiss ini antara lain susu, sereal, dan kopi. Selain itu, masih banyak produk makanan dan minuman lain yang dikeluarkan oleh Nestle. Melalui produk-produknya, Nestle tampak ingin mengedepankan gaya hidup sehat. Perusahaan ini juga memiliki suatu kebijakan menarik yang diakui langsung oleh salah seorang karyawan sales-nya. Wah, rupanya Nestle juga sangat ‘ramah’ perempuan, ya.

Baca juga: 9 Jenis Usaha yang Menjanjikan Sebagai Ide Memulai Bisnis

Dari sekian banyak ranah pekerjaan yang ada, perusahaan tipe ini bisa dijadikan salah satu tujuan Anda meniti karir. Sebab, melihat dari segi tantangan dan kedinamisan suasana kerjanya. Namun, apabila hal tersebut belum bisa Anda capai jangan berputus asa. Karena, dimana pun Anda bekerja yang terpenting adalah kerja keras dalam meraihnya!

Comments are closed.